Home / Artikel / Panduan Agar Mudah Menulis Artikel

Panduan Agar Mudah Menulis Artikel

Panduan Agar Mudah Menulis Artikel. Di dunia blogger menulis artikel merupakan hal yang wajib untuk terus dilakukan. Oleh karena itu saya rasa panduan agar mudah menulis artikel ini sangat penting untuk disimak.

 

Artikel merupakan sebuah karangan pendek, bahkan mirip seperti sebuah cerpen (cerita pendek), dengan jumlah kata tertentu, mulai dari 300 sampai 1.000 atau lebih. Pada sebuah judul yang telah dibuat kemudian akan dijadikan tema tertentu yang akan akan dibahas, dengan berisikan sebuah pemikiran, baik itu realita (hasil pengalaman pribadi) maupun karangan semata.

 

Bagi Anda yang baru terjun sebagai penulis pastinya ingin mengetahui panduan agar mudah menulis artikel, seperti untuk di blog atau di Koran bahkan majalah dan lain sebagainya.

 

Panduan Agar Mudah Menulis Artikel - Dedy Akas Website
Panduan Agar Mudah Menulis Artikel – Dedy Akas Website

 

Namun pembahasan kali ini lebih kepada panduan agar mudah menulis artikel pada blog atau website.

 

Berikut Adalah Panduan Agar Mudah Menulis Artikel :

 

  1. Menentukan Tema atau Judul : Ini merupakan hal penting, agar dibuat menarik, sehingga menjadi penasaran untuk dibaca.
  2. Menetapkan Tujuan Penulisan : Rata-rata artikel ditulis, agar memiliki tujuan seperti; untuk memotivasi, untuk memberikan penjelasan hingga mendetail dan beberapa juga hanya memberikan deskripsinya saja.
  3. Merumuskan Ide Pokok atau Masalah : Memberikan beberapa bentuk tanya jawab di dalam artikel, sehingga akan lebih membuat para pembaca memahaminya, dengan langsung memberikan pertanyaan dan penjelasan hingga selesai.
  4. Mengembangkan Tema dan Pembahasan : Agar lebih menarik, tema atau judul harus dikembangkan, hingga menuju pembahasan yang lebih mengandung arti.
  5. Membuat Kesimpulan : Biasakan untuk membuat kesimpulan di akhir tulisan artikel, hal juga sangat penting, sehingga pembaca juga akhirnya mengetahui kesimpulan dari isi keseluruhan penulisan artikel.

 

Panduan di atas merupakan, panduan agar mudah menulis artikel yang dibuat secara umum, namun beberapa artikel juga memiliki jenis-nya masing-masing, sehingga akan menghasilkan penulisan yang berbeda. Sehingga panduan agar mudah menulis artikel dapat pula dijadikan patokan untuk menulis artikel agar semakin mudah.

 

Kesimpulannya adalah untuk penulisan artikel pada blog atau website merupakan penggabungan dari beberapa jenis artikel, dimana beberapa diantaranya adalah artikel deskripsi (artikel tentang penggambaran suatu fakta), artikel narasi (artikel tentang cerita), artikel eksposisi (artikel tentang pameran/review), artikel argument (artikel tentang karangan opini), artikel persuasi (artikel tentang motivasi) dan lain sebagainya.

 

Baca Juga : Manfaat Menulis Artikel Dengan Jumlah Kata Yang Sedikit

 

Demikian artikel dari Dedy Akas Website tentang : Panduan Agar Mudah Menulis Artikel

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Add My G+ on Dedy Akas Website. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Daftar Harga Mobil Toyota Terbaru 2018

Toyota merupakan salah satu pabrikan mobil terkemuka di Indonesia. Pabrikan mobil asal Jepang ini pertama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *