Home > Artikel > Macam Macam Artikel dan Cara Penulisan Artikel

Macam Macam Artikel dan Cara Penulisan Artikel

Macam Macam Artikel dan Cara Penulisan Artikel. Setiap penulis pastinya memiliki berbagai macam artikel dimana diantaranya adalah; Artikel Deskripsi, Artikel Narasi, Artikel Eksposisi, Artikel Argumentasi, Artikel Persuasi dan lain sebagainya.

 

Oleh karena itu dengan kekayaan macam macam artikel dan cara penulisan artikel, semakin membuat para penulis menjadi lebih universal dalam membuat sebuah artikel.

 

Walaupun sebenarnya jika ingin menjadi penulis artikel yang baik, haruslah memilih salah satu dari macam macam artikel dan cara penulisan artikel.

 

Hal demikian tentunya sangat penting untuk dimiliki oleh para penulis artikel, sehingga tujuannya sebagai penulis menjadi lebih fokus dan menjadi lebih mendetail dalam cara penulisan artikelnya. Ini juga akan menentukan dan mencerminkan tentang seorang penulis artikel.

 

Lalu artikel seperti apakah yang sering Anda tulis? Silahkan simak lebih mendalam artikel tentang : macam macam artikel dan cara penulisan artikel.

 

Macam Macam Artikel dan Cara Penulisan Artikel - Dedy Akas Website
Macam Macam Artikel dan Cara Penulisan Artikel – Dedy Akas Website

 

BERIKUT ADALAH MACAM MACAM ARTIKEL :

  1. Artikel Deskripsi
  2. Artikel Narasi
  3. Artikel Eksposisi
  4. Artikel Argumentasi
  5. Artikel Persuasi

 

ARTIKEL DESKRIPSI :

Artikel deskripsi merupakan artikel penjelasan dengan beberapa tambahan gambar sebagai pendukungnya, entah itu sebuah fakta atau karangan, namun dipastikan si pembaca akan dapat membayangkan hasil dari tulisan artikel tersebut.

 

ARTIKEL NARASI :

Artikel narasi merupakan suatu artikel cerita pada keadaan atau situasi, dengan menggunakan urutan waktu atau urutan kejadian, layaknya seperti artikel alur cerita. Artikel narasi sangat sering dipakai untuk penulisan pada (cerpen, buku cerita, novel, komik, dongeng dan lain sebagainya).

 

ARTIKEL EKSPOSISI :

Artikel eksposisi merupakan sebuah karangan cerita dengan tujuan penguraian pada sebuah topik. Seperti definisi, fungsi, bagian dan kegunaan. Untuk di dunia blogger artikel ini paling mirip dengan artikel review.

 

ARTIKEL ARGUMENTASI :

Artikel argument merupakan sebuah tulisan tentang opini pribadi maupun organisasi atau lembaga. Lebih sering dipakai oleh para jurnalis, dengan mengedepankan kritik atau pendapat, dengan dukungan fakta dan data.

 

ARTIKEL PERSUASI :

Artikel persuasi merupakan penjabaran tentang beberapa inspirasi, inovasi serta movitasi. Agar si pembaca menjadi tertarik untuk mengikuti jejak langkah dari isi artikel tersebut. Seringkali dipakai oleh para pebisnis, psikolog, terapis, agamawan dan lain sebagainya.

 

Sedangkan Cara Penulisan Artikel Pada Umumnya Adalah Sebagai Berikut :

  1. Menentukan konsep, objek, tema atau judul.
  2. Menentukan tujuan penulisan (tersirat atau tersurat)
  3. Menentukan rumusan ide pokok (tersirat atau tersurat)
  4. Mengembangkan tulisan (dengan penyajian data, fakta, tujuan, membuat alur cerita).
  5. Membuat kesimpulan.

 

Bagaimana? Apakah setelah membaca tentang Macam Macam Artikel dan Cara Penulisan Artikel, kini Anda telah mengerti, artikel seperti apa yang sering Anda tulis…

 

Baca Juga : Panduan Agar Mudah Menulis Artikel

 

Demikianlah artikel dari Dedy Akas Website tentang : Macam Macam Artikel dan Cara Penulisan Artikel

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Add My G+ on Dedy Akas Website. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Daftar Harga Mobil Toyota Terbaru 2018

Toyota merupakan salah satu pabrikan mobil terkemuka di Indonesia. Pabrikan mobil asal Jepang ini pertama …

6 comments

  1. Kalau saya paling suka nulis jenis narasi mas, enak soalnya seakan akan kita bercerita

    • Iya betul sekali Mas… lebih mudah… karena biasanya artikel tersebut merupakan pengalaman pribadi yang kemudian dituangkan ke dalam tulisan/artikel… 😀

    • lalu saya ngapain lagi kalau udah jelas banget soal jenis dan macam ditambah cara penulisannya, coba?

  2. Nailul Huda

    Assalamualaikum mas dedy, gmana kabar nih?. Masih aktif rupanya hehe

    • Wa’alaikum sallam… Mas @Nailul Huda… kabar baik Mas… hehe…
      Iya lanjut aktif dong Mas… Penghasilan juga semakin bertambah… hehe 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *