Home > Bisnis > Manfaat Memiliki Skor Kredit yang Baik untuk Keuangan dan Cara Ceknya

Manfaat Memiliki Skor Kredit yang Baik untuk Keuangan dan Cara Ceknya

Maraknya layanan pinjaman online, membuat masyarakat semakin peduli dengan literasi finansial. Karena tidak sedikit yang mengalami kesulitan ketika mengalami gagal bayar. Salah satu indikasinya adalah angka kredit skor yang dinilai tak wajar.

Skor kredit merupakan angka atau perhitungan yang menentukan kamu layak mendapatkan pinjaman atau tidak. Setiap bank atau penyedia layanan finansial memiliki perhitungan yang berbeda. Umumnya skor kredit berkisar antara 000 – 999. Semakin besar skor, semakin baik.

Lalu, seberapa penting memiliki kredit skor yang baik? Berikut penjelasan singkatnya.

Kenapa Score Credit Penting?

Sebagian besar layanan yang berkaitan dengan finansial, seperti pinjaman dana, asuransi, jaminan kerja dan lain-lain, menerapkan sistem credit score. Ini akan membantu perusahaan menentukan pinjaman yang sesuai denganmu, juga memastikan kamu layak mendapatkan pinjaman atau tidak.

Memiliki skor kredit yang tinggi, dapat memberikan banyak kemudahan. Salah satunya dalam mendapatkan pinjaman atau perhitungan suku bunga lebih rendah. Namun jika skor kamu rendah, maka kamu harus memperbaikinya. Ada banyak kerugian jika memiliki skor kredit rendah.

Beberapa diantaranya seperti sulit mengajukan pinjaman, tidak bisa mengambil cicilan rumah atau kendaraan, beban suku bunga yang tinggi, hingga berujung pada penurunan skor jika kita tidak menyelesaikan beberapa transaksi kredit dengan baik.

Manfaat Memiliki Credit Score yang Baik

Jika kamu menjadikan pinjaman dana sebagai salah satu strategi finansial, maka penting untuk menjaga skor kredit tetap baik. Berikut beberapa manfaat memiliki skor kredit yang baik, antara lain:

1. Akses Kredit Lebih Mudah

Dengan credit score yang baik, kamu memiliki kesempatan besar mendapatkan persetujuan saat mengajukan pinjaman atau kredit. Layanan keuangan lebih memprioritaskan untuk memberikan pinjaman kepada orang dengan track record pembayaran yang baik.

2. Limit Kredit Lebih Besar

Jika kamu memiliki kartu kredit, dan memiliki credit score tinggi, maka kamu akan mendapatkan limit kredit yang lebih besar. Tentunya ini akan sangat menguntungkan kamu, terutama saat memerlukan uang saat sedang mendesak.

3. Peluang Kerja Lebih Baik

Beberapa perusahaan menggunakan credit score sebagai indikator dalam proses perekrutan. Credit score yang tinggi dapat memberikan keuntungan, terutama dalam pekerjaan yang melibatkan keuangan atau posisi dengan tingkat kepercayaan tinggi.

4. Premi Asuransi Rendah

Beberapa layanan penyedia asuransi dapat menawarkan premi yang lebih rendah, apabila kamu memiliki skor kredit yang tinggi. Karena itu dianggap sebagai indikator kestabilan keuangan dan kredibilitas yang kamu miliki.

5. Membuka Peluang Jangka Panjang

Credit score yang baik dapat memberikan banyak peluang dan kesempatan di bidang finansial. Ini dapat membantumu mencapai tujuan keuangan jangka panjang, seperti pembelian rumah, mobil, atau investasi.

Cara Cek Credit Score dengan Mudah

Setiap lembaga atau layanan keuangan memiliki cara tersendiri dalam memberikan credit score. Namun jika ingin mengetahui skor kredit yang kamu miliki, kamu bisa melakukan pengecekan melalui layanan SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan). Sebuah layanan yang disediakan langsung oleh OJK.

Untuk menggunakan layanan ini, kamu perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Isikan semua informasi yang diminta dengan benar, kemudian kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi. Setelah proses pengajuan berhasil, kamu akan mendapatkan nomor pendaftaran.

Proses ini biasanya memerlukan waktu sekitar 1 hari, di hari kerja. Nantinya kamu akan dikirimkan dokumen mengenai informasi skor kredit yang kamu miliki. Agar proses pengecekan credit score lebih mudah dan cepat, kamu bisa menggunakan Ascore.ai.

Ascore.ai merupakan salah satu produk dari Amartha dan merupakan platform yang menyediakan solusi pengukuran profil risiko atau credit scoring. Dengan teknologi kecerdasan buatan yang canggih, risiko kredit bisa dinilai secara tepat dan akurat.

Teknologi Ascore.ai meliputi Liveness Detection, Credit Scoring, KTP-Selfie Match dan OCR KTP. Fitur Credit Scoring memungkinkan kamu menganalisa data, guna memastikan kelayakan pinjaman yang diajukan.

Sementara Liveness Detection membantu kamu meningkatkan keamanan, contohnya memastikan kehadiran pelanggan secara real-time, dan melakukan verifikasi melalui foto. sehingga dapat mencegah tindakan penipuan.

Bila ingin sistem keamanan yang lebih canggih, kamu dapat menggunakan KTP-Selfie Match. Fitur ini memungkinkan kamu melakukan verifikasi data pelanggan dengan mudah. karena terintegrasi langsung dengan informasi yang terdapat pada tanda pengenal atau KTP pelanggan.

Dengan berbagai teknologi tersebut, lembaga keuangan bisa melakukan kredit underwriting dan juga melakukan keputusan pembiayaan (credit decisioning) dengan lebih tepat sasaran. Hubungi pihak Ascore sekarang juga untuk informasi lebih lengkap.

Agar kondisi finansial mu semakin mudah, pastikan kamu menyelesaikan semua kredit dengan baik. Sehingga skor kredit yang kamu miliki juga tinggi. Dengan begitu, kamu tidak akan mengalami kesulitan dengan hal-hal yang berkaitan dengan keuangan di masa mendatang.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Tips Jual Mobil Bekas dengan Harga Terbaik

Tips Jual Mobil Bekas dengan Harga Terbaik

Mempersiapkan diri untuk menjual mobil bekas adalah langkah yang cerdas untuk memaksimalkan profit dari aset …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *