Home > Saham > Yuk Belajar Saham

Yuk Belajar Saham

Saham adalah surat berharga yang didagangkan oleh perusahaan dan dapat dibeli oleh para investor pada pasar bursa saham. Dengan membeli saham perusahaan maka investor akan mendapatkan sebagian kepemilikan dari perusahaan tersebut.

Yuk Belajar Saham
Yuk Belajar Saham

Oleh karena itu jika perusahaan mendapatkan keuntungan maka, akan ada pembagian keuntungan/laba dari perusahaan kepada para investor dengan berdasarkan jumlah lembar saham yang dimiliki, hal ini dalam dunia saham disebut sebagai Deviden.

Investor dalam dunia saham adalah pembeli saham atau pemegang saham. Seorang investor akan menginvestasikan uangnya dengan membeli saham-saham dalam berbagai jumlah, dari yang kecil hingga yang besar, dengan kurun waktu tertentu, ada jangka pendek dan ada juga jangka panjang. Biasanya para investor akan menanamkan modalnya pada perusahaan yang ber-emitmen bagus atau juga sering disebut dalam dunia saham sebagai perusahaan “blue chip”.

Perusahaan blue chip adalah perusahaan yang sudah lebih dari lima tahun berada di pasar saham yang telah berkembang secara signifikan, dimana grafiknya yang terus meningkat, memiliki profit yang stabil, aset dan modal yang besar juga kuat. Hal ini menandakan bahwa perusahaan tersebut bukan baru tumbuh namun perusahaan yang sudah mapan.

Harga Saham

Harga saham setiap detik, menit, jam, hari, bulan dan tahun akan terus mengalami perubahan. Dari waktu ke waktu perubahan yang bagus dan terus meningkat dapat dilihat para perusahaan blue chip, sebagai salah satu contohnya adalah BBRI (Saham Bank Rakyat Indonesia).

Pergerakan harga saham

Pergerakan haga saham yang terus berubah, maka banyak para investor yang tetap menanamkan modalnya hingga bertahun-tahun sebagai salah satu contoh dengan membeli saham Bank Central Asia (BBCA) dan ditanam selama 10 tahun, beli saham di tahun 2005 dari harga 1.475 rupiah per lembar saham maka akan berubah menjadi 13.125 rupiah per lembar saham pada akhir tahun 2014.

Note:

Pada artikel yuk belajar saham ini, dapat disimpulkan bahwa pentingnya belajar saham semenjak dini dan kepada para penanam saham yang sudah lebih dulu malang melintang di dunia saham ada baiknya berbagi ilmu disini, karena artikel ini memang untuk belajar saham sangat disarankan untuk masukannya.

Dirangkum dari berbagai sumber.

Disclaimer On.

Next: Artikel berikutnya akan dibahas tentang : cara membuka akun untuk membeli saham dengan sangat mudah dan murah

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Add My G+ on Dedy Akas Website. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

8 comments

  1. Saya tergiur dengan bagi hasilnya itu, deviden. Dulu saya sempat belajar tentang saham. Tapi belumbpernahbterjun langsung.

  2. penting banget mas. hayu mas. ini saya juga lagi coba coba nyaham

  3. Nanam saham resikonya minim dibandingkan main forex atau bitcoin

  4. Saya belajar saham waktu kuliah dulu, cuma belum pernah coba langsung.

    • Sangat di sayangkan Mas Defi, karena jika diwaktu itu sudah menanam saham, maka sekarang sudah bisa menikmati hasilnya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *