Home > Saham > Arti IPO dan Pengertiannya

Arti IPO dan Pengertiannya

DedyAkas.com – Arti IPO dan Pengertiannya. Kata-kata IPO sering kali muncul pada saham-saham yang baru muncul atau baru buka di penjualan saham. Banyak para pembeli saham yang menanti saat-saat IPO dibuka, tujuannya adalah untuk berinvestasi dan meraup keuntungan.

Arti IPO dan Pengertiannya - image by pixabay
Arti IPO dan Pengertiannya – image by pixabay

Arti IPO

IPO adalah Initial Public Offering. Dengan pengertian saat dimana sebuah perusahaan akan menjual saham kepada masyarakat luas untuk pertama kalinya. Dengan terjadi pembelian saham oleh masyarakat maka, perusahaan yang baru IPO tersebut akan mendapatkan dana tambahan.

IPO adalah yang sering muncul, ketika ke dunia pasar modal atau dunia saham.

Istilah IPO mengarah kepada perusahaan, dimana perusahaan tersebut untuk pertama kalinya melantai ke dunia bursa saham Indonesia atau BEI.

IPO sering terdengar pada saham yang baru dibuka dan dapat dibeli oleh masyarakat luas.

Ada hal menarik untuk saham IPO, yaitu mayarakat yang telah membeli saham IPO ini biasanya di awal-awal akan mendapatkan keuntungan yang besar, karena biasanya saham IPO grafiknya akan naik secara signifikan.

Ada hal yang perlu dihindari pada saham IPO, yaitu saham yang baru melonjak nilai sahamnya, biasanya ada dalam beberapa minggu ke depan akan turun drastis atau anjlok bahkan harga sahamnya bisa turun dari harga IPO.

Waspada Saham IPO :

  1. Hal yang perlu diwaspadai untuk saham IPO adalah perkembangan perusahaan dari saham tersebut, hingga para investor yang membeli saham tersebut. Harga saham sangatlah berpengaruh pada perkembangan perusahaan tersebut. Biasanya perusahan yang baru merintis saham-nya di awal-awal akan cukup sulit untuk bisa survive, bahkan untuk menahan laju anjloknya harga saham-pun pasti akan kesulitan.
  2. Saham IPO diawal buka akan naik, namun itu biasanya hanya beberapa saat saja. Biasanya pada hari-hari kedepan akan turun secara perlahan, hingga terjadi hal yang diinginkan yaitu, harga saham yang terjun bebas melewati harga IPO.
  3. Para pembeli saham yang cerdik biasanya akan membeli di awal, kemudian ketika naik dengan perlahan akan menjualnya. Sedangkan untuk para investor biasanya akan wait and see,seberapa kuatkah saham baru tersebut bertahan atau minimal naik harga sahamnya.

Alasan Membeli Saham IPO :

Alasan kuat untuk membeli saham IPO adalah : Pada saat penawaran harga perdana, biasanya dijual dengan harga yang rendah, hal inilah yang membuat otomatis kepada para investor mendapatkan keuntungan dari saham IPO. Hal ini dikarenakan diawal-awal saham IPO akan terus naik, karena banyak para investor yang membeli saham tersebut.

Fakta Tentang Saham IPO :

Fakta tentang perusahaan yang membuka IPO adalah : untuk menarik para investor agar menanam saham di perusahaannya, sehingga perusahaan tersebut akan mendapatkan pendanaan dari hasil jual saham kepada masyarakat luas. Biasanya dana yang terkumpul akan digunakan untuk berbagai hal keperluan perusahaan, salah satunya seperti ekspansi bisnis.

Oleh karena itu sangat-sangat penting untuk para pembeli saham IPO untuk terus memantau perkembangan perusahaan tersebut. Karena bukan tidak mungkin saham IPO tersebut tidak mampu naik atau bahkan cenderung turun, maka disinilah para investor di uji, apakah akan jual saham tersebut atau tetap bertahan walau terus turun.

Baca Juga :

Cara Mencari Saham Murah untuk Investasi dalam Jangka 1 Tahun, Apakah bisa Cuan?

Saham Buka Jam 09 dan Tutup Jam 16?

Pengertian TA dan FA dalam Dunia Saham

Arti: Ask, BU, SD, TS, Auto Rejection, AR Kiri dan AR Kanan di Dalam Istilah Saham

Arti: LOT, TP, SL, CL, TS, Running Trade dan Bid di Dalam Istilah Saham

Ini Dia Aplikasi Untuk Bermain Saham di Windows Komputer dan di Android Hape

Cara Membuka Akun Untuk Membeli Saham Dengan Sangat Mudah dan Murah

Yuk Belajar Saham

Kesimpulan Saham IPO :

Saham IPO sangat menarik untuk dibeli karena biasanya, diawal-diawal masih bisa naik bahkan cenderung melambung tinggi. Namun disini para investor dituntut bijak dalam memanage saham yang telah dibelinya. Jika pergerakan saham yang berubah menjadi turun, segeralah ambil keputusan dengan cepat dan tepat.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Suka Tantangan? Coba Produk Investasi Satu Ini!

Suka Tantangan? Coba Produk Investasi Satu Ini!

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih, masyarakat semakin dipermudah dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Beragam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.