Home > Saham > Saham Buka Jam 09 dan Tutup Jam 16?

Saham Buka Jam 09 dan Tutup Jam 16?

DedyAkas.com – Saham Buka Jam 09 dan Tutup Jam 16?. Pembukaan jual beli dibuka dengan dua sesi, yaitu sesi pertama dan sesi kedua. Pada umumnya para pemain saham menyebutnya dengan jam Bursa Saham. Bursa saham buka pada jam 09 dan tutup jam 16? Tahukah Anda bahwa tutupnya jika bursa saham itu buka jam 09.00 namun untuk tutupnya bukanlah jam 16.00 melainkan jam 15.49.59. Silahkan simak lebih lanjut untuh jam buka saham!

Saham Buka Jam 09 dan Tutup Jam 16 - Pixabay
Saham Buka Jam 09 dan Tutup Jam 16 – Pixabay

Saham tidaklah buka setiap hari dan setiap jam, melainkan hanya buka pada hari Senin sampai Jumat. Sedangkan untuk lengkapnya untuk hari dan jam buka adalah sebagai berikut :

Hari dan Jam Buka Saham atau Bursa Saham

Senin sampai Kamis :

Sesi Pertama : Pukul 09.00 s/d 12.00

Sesi Kedua : Pukul 13.30 s/d 15.49.59

Jumat:

Sesi Pertama : Pukul 09.00 s/d 11.30 (sesi pertama)

Sesi Kedua : Pukul 14.00 s/d 15.49.59 (sesi kedua)

Hari Sabtu dan Minggu : Tutup

Untuk hari Senin sampai Kamis jam buka saham dibagi menjadi dua sesi, yaitu :  sesi pertama buka pada pukul 09.00 sampai dengan 12.00 (artinya jual beli saham pada sesi pertama, dimulai pada jam 09.00 pagi dan berhenti di jam 12.00 siang, diluar jam tersebut jual beli saham tidak bisa secara langsung atau live).

Kemudian di jam 13.30 perdagangan saham dimulai kembali hingga pukul 15.49.59 atau jam 15.50. Sedangkan untuk hari Jumat perbedaan hanya pada jam penutupan sesi pertama yang lebih awal yaitu 11.30 kemudian sesi kedua akan dibuka lagi pada jam 14.00 dengan jam tutup yang sama.

Pada jam-jam awal atau sesi pertama buka saham biasanya akan banyak terjadi beli saham dan kemudian pada di jam siang akan terjadi pemantauan saham yang sudah dibeli lalu kemudian di sore hari sebelum saham tutup, akan banyak terjadi jual saham. Hal ini banyak sekali dilakukan oleh para Trader Saham.

Banyak sekali para pemain saham, yang hanya bermain secara jam-jam-an, artinya dikala sesi saham sedang berlangsung akan terjadi beli dan kemudian dijual jika sudah terlihat cuan atau menguntungkan. Setiap trader memili trik dan filling-nya masing-masing dalam jual beli saham. Ada juga yang bermain harian, mingguan, bulanan, bahkan hingga tahunan atau jangka panjang yang kemudian disebut dengan investasi.

Pergerakan Saham Palm Rentang Waktu 6 Bulan
Pergerakan Saham Palm Rentang Waktu 6 Bulan

Investasi saham banyak sekali dilakukan oleh pemain saham yang berkantong tebal, dan meng-investasi-kan uangnya tidak hanya pada satu saham, melainkan ke beberapa saham, dengan  tujuan, jika saham yang satu sedang jatuh akan tertutup oleh saham yang satunya lagi yang sedang cuan atau sedang naik.

Perkembangan Saham BBCA dalam Kurun Waktu 5 Tahun

Arti Bursa

Bursa adalah pasar tempat jual beli saham. Seperti bursa saham dan bursa efek.

Arti Saham

Saham adalah bukti kepemilikan dari nilai sebuah perusahaan atau bukti penyertaan modal.

Jam Bursa Saham Pasar Reguler, Tunai dan Negosiasi dari Senin-Jumat

Untuk bermain saham,  para pemain saham biasanya akan mempelajari saham yang akan dibeli. Biasanya yang dicari paling utama adalah perkembangan. Bisanya yang sering dibaca adalah pergerakan grafik saham. Lalu menelaah perkembangan saham untuk melalui berita-berita saham yang terkait.

Di Indonesia sendiri sudah sangat banyak sekali yang berinvestasi saham untuk jangka panjang dan ada juga yang bermain dalam jangka waktu pendek. Untuk para pemain saham jangka waktu pendek, sangat penting sekali untuk memperhatikan jam bursa saham, agar tidak kelewatan jika ingin menjual saham.

Tips untuk para trader dalam bermain saham :

  • Carilah saham-saham dengan harga yang terjangkau namun terlihat bisa cuan. Saham-saham dengan harga murah dalam dunia saham disebut sebagai saham gorengan.
  • Membeli saham sebelum jam buka saham lalu menjual saham ketika sudah cuan, biasanya dilakukan pada hitungan menit atau jam. Hal ini perlu ketepatan, kapan harus beli dan kapan harus jual.
  • Membeli pada saham di posisi yang murah atau atau sedang turun. Kemudian menjualnya ketika saham sudah pada posisi puncak dengan perkiraan next grafiknya akan terjadi penururan harga saham. Diperlukan tindakan pembelajaran yang lebih mendalam tentang trend saham tersebut.
  • Ketika sedang trading saham, para trader haruslah tertib, artinya harus bisa memutuskan kapan beli dan kapan jual. Hal ini sangat penting untuk diterapkan. Karena jika tidak yang dikhawatirkan adalah ketika sudah beli saham kemudian grafik pergerakan saham malah menurun, maka pada saat itulah ketertiban harus dilakukan yaitu jual saham dengan segera, sebelum saham yang anda beli, jatuh lebih dalam lagi.
  • Memahami saham yang akan dibeli, apakah saham tersebut layak untuk dibeli dan bisa cuan, atau belum saatnya untuk dibeli. Janganlah terburu-buru membeli saham, pilihlah waktu yang tepat untuk membeli saham. Karena pastinya Anda ingin cuan bukan ingin loss.
  • Ingatlah bahwa uang yang dipakai untuk membeli saham, bukanlah uang yang dipakai untuk harian atau bulanan Anda, melainkan uang yang sedang tidak terpakai. Kenapa demikian? Karena menggunakan uang yang tidak terpakai untuk bermain saham akan lebih aman dan lebih mudah untuk di manage dalam bermain saham.

Bermain saham bisa menggunakan komputer, laptop, tablet dan handphone

Sekarang ini sudah banyak sekali fasilitas yang untuk bermain saham, para trader bisa menggunakan komputer, laptop, tablet bahkan hingga cuma pakai handphone-pun sudah bisa bermain saham.

Handphone dapat digunakan untuk bermain saham dengan mengunggah beberapa aplikasi sehingga bisa memantau pergerakan saham hingga jual dan beli saham sesuai dengan jam buka saham. Pemantauan dan perdangan jual beli saham terjadi secara online. Ini berarti pemain saham butuh koneksi internet yang bagus atau stabil agar bisa bermain saham dengan baik.

Apakah bisa membeli saham di luar jam bursa saham?

Perlu diketahui, bahwa saham bisa dijual dan dibeli, kapan-pun anda mau, namun bursa saham atau pasar jual beli akan terjadi secara real ketika sudah masuk ke jam buka saham atau jam bursa saham.

Pedoman Jam Bursa Saham di Indonesia

Tahukah, bahwa jam bursa saham di Indonesia telah ditentukan dengan menggunakan pedoman Jakarta Automated Trading System atau disingkat dengan JATS. Pedoman tersebut telah membagi bursa saham menjadi tiga jenis yaitu; Pasar Reguler, tunai di Bursa Saham dan Pasar Negosisasi.

Hari dan Tanggal Bursa Saham

Bursa saham hanya ada di hari Senin sampai Jumat dan jika hari libur atau tanggal merah maka bursa saham akan tutup. Hal ini sangat mirip dengan jadwal operasional bank.

Bank Sekuritas

Untuk mulai bermain saham, anda harus mempunyai akun pada Bank Sekuritas. Bank-bank sekuritas diantaranya adalah; BCA, BNI, Permata dan lain sebagainya. Carilah referensi untuk memilih bank sekuritas, jika sudah ketemu dan cocok, segera daftar untuk mendapatkan akun dan mulailah bermain saham.

Tips membuka akun sekuritas

Setiap bank sekuritas dalam pendaftaran akun baru, biasanya memiliki proses yang berlapis, oleh karena itu sebelum mendaftar siapkan persyaratannya lalu ikuti cara dan prosesnya agar pendaftaran bisa cepat berhasil.

Perkembangan Saham BBRI dalam Kurun Waktu 5 Tahun

Baca Juga :

Perkembangan Saham IRRA

Saham Bumi dan ABBA

Arti: Ask, BU, SD, TS, Auto Rejection, AR Kiri dan AR Kanan di Dalam Istilah Saham

Arti: LOT, TP, SL, CL, TS, Running Trade dan Bid di Dalam Istilah Saham

Demikianlah artikel tentang : Saham Buka Jam 09 dan Tutup Jam 16?.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Suka Tantangan? Coba Produk Investasi Satu Ini!

Suka Tantangan? Coba Produk Investasi Satu Ini!

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih, masyarakat semakin dipermudah dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Beragam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.