Home / Artikel / Cara Kerja Mesin Pencari

Cara Kerja Mesin Pencari

Cara Kerja Mesin Pencari. Mesin pencari web telah melakukan pekerjaan dengan cara menggunakan penyimpanan dari berbagai informasi tentang halaman web, dimana pengambilannya yaitu langsung melalui World Wide Web atau disingkat dengan WWW.

 

Bekerja secara secara otomatis dengan mengambilan halaman-halaman melalui web crawler – browser web, dengan cara mengikuti setiap pranala atau link yang telah dilihatnya.

 

Dari setiap halaman akan dianalisis dan akan ditempatkan untuk cara pengindeks-nya, seperti berbagai kata-kata yang telah diambil dari judul, subjudul maupun field khusus yang disebut sebagai meta tag.

 

Data-data yang ada di halaman situs, semuanya akan disimpan di dalam sebuah database indeks, dengan kemudian selanjutnya akan digunakan dalam pencarian.

 

Cara Kerja Mesin Pencari
Cara Kerja Mesin Pencari

 

Mesin pencari seperti Google, telah menyimpan sebagian dari sumber halaman (cache) bahkan dapat menyimpan seluruhnya mengenai informasi dari sebuah halaman situs itu sendiri.

 

Dari hasil cache tersebut, maka mesin pencari akan dapat memberikan informasi, dari hasil pencarian yaitu berupa link rujukan kepada suatu file, seperti; file audio, file video, gambar, foto, produk, layanan, beragaman informasi dan lain sebagainya.

 

Bayangkan ketika kita sedang mencari sebuah judul atau kata-kata (query), biasanya hasil dari kata kunci tersebut akan segera mengindeks kepada suatu halaman situs yang paling relevan atau sesuai dengan kriterianya. Hal ini juga yang membuat sangat penting untuk dibuatkan deskripsi dari masing artikel karena, ringkasan tersebut nantinya akan muncul pada hasil pencarian.

 

Tahukah Anda Bahwa Google telah menggunakan hampir lebih dari 100.000 kumputer untuk memberikan pencarian dengan lebih cepat.

 

Hal demikian juga yang membuat Google menjadi lebih unggul dari mesin-mesin pencari lainnya dan selalu siap dipakai sebagai mesin pencari. Bahkan secara default beberapa browser telah menggunakan mesin pencari Google sebagai aplikasinya.

 

Agak sulit untuk dibayangkan bagaimana seluruh dunia memakai Google sebagai mesin pencari dan Google memberikan hasil pencariannya. Inilah yang sebut sebagai teknologi cara kerja mesin pencari, sehingga akan selalu disuguhkan hasil yang terbaik pada pencarian. Makanya jangan heran jika artikel yang kita buat tidak ada dalam halam pertama pencarian Google, mungkin demikian dikarenakan masih dianggap kurang baik untuk diberikan oleh si pencari.

 

Semoga artikel-artikel yang kita buat semuanya selalu menjadi yang terbaik dan mampu bersaing dari ribuan bahkan jutaan pesaing dari “keyword”, hingga akhirnya muncul kepermukaan di halaman pertama pencarian Google.

 

Simak Juga :

Nama Nama Mesin Pencari Yang Akan Menjelajahi Situs Anda

Mesin Pencari Situs Adalah

 

Demikian artikel tentang : Cara Kerja Mesin Pencari

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Add My G+ on Dedy Akas Website. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Daftar Harga Mobil Toyota Terbaru 2018

Toyota merupakan salah satu pabrikan mobil terkemuka di Indonesia. Pabrikan mobil asal Jepang ini pertama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *