Home > Artikel > Yuk Simak 5 Aksesoris Sound System Analog Berikut Gambarnya

Yuk Simak 5 Aksesoris Sound System Analog Berikut Gambarnya

DedyAkas.com – Yuk Simak 5 Aksesoris Sound System Analog Berikut Gambarnya. Salam gembira ria semuanya, pembahasan tentang aksesoris sound system Analaog yang sering digunakan berikut dengan gambarnya dimaksudkan gambar para pencinta aksesoris soundy system makin mengerti untuk nama, arti dan kegunaan 5 aksesoris sound system analog tersebut.

5 Aksesoris Sound System Analog
5 Aksesoris Sound System Analog

5 aksesoris sound system analog ini masih banyak yang memakainya, dikarenakan kemampuannya mengeluarkan suara yang masih diakui hingga kini. Untuk menghasilkan suara yang keras akan tetapi tetapi bagus dan jernih memang dibutuhkan aksesoris sound system agar mendapatkan suara bagus dan jernih sesuai dengan yang diinginkan.

Pada beberapa acara, 5 aksesoris sound system analog ini masih banyak digunakan, selain agar suara yang dihasilkan menjadi besar, namun ternyata pelengkap agar aksesoris sound systemnya terlihat besar dan bagus.

Lalu acara apa saja yang masih menggunakan 5 aksesoris sound system analog ini? Acara yang sering kita lihat adalah seperti acara hajatan yaitu dangdutan, konser musik dan berbagai acara serupa lainnya.

Sebelum lebih lanjut pembahasan tentang 5 aksesoris sound system analog ini, maka tidak ada salahnya jika kita mengetahui arti dari sound system. Sound system adalah alat pengeras suara demikian arti simplenya, sedangkan untuk arti kompleksnya sound system adalah gabungan perangkat audio yang menjadi satu agar bisa menghasilkan suara atau bunyi sehingga bisa didengar oleh manusia.

Agar tidak semakin ngalor-ngidul yuk simak 5 aksesoris sound system analog berikut gambarnya!

#1 Speaker

Speake adalah aksesoris sound yang berfungsi untuk mengeluarkan suara dari sumber suara yang telah dibuat. Satu kota speaker yang biasa ada dilapangan merupakan gabungan 3 speaker dengan keluaran suara sebagai berikut;

5 Aksesoris Sound System Analog Berikut Gambarnya - Speaker
5 Aksesoris Sound System Analog Berikut Gambarnya – Speaker

Speaker subwofer (low)

Speaker subwofer (low) berukuran paling besar di antara bentuk speaker lainnya. Speaker low biasanya memiliki ukuran 18 inch. Fungsi speaker subwofer adalah sebagai nada bas, sedangkan penempatan sepeaker subwofer ini biasanya berada paling bawah, karena memang bentuknya yang lebih besar dari ukuran speaker lainnya. Dan bisa menjadi dudukan untuk seaper-speaker lainnya.

Speaker middle

Speaker middle ini biasanya berukuran sekitar 15 inch dan berfungsi untuk mengeluarkan suara atau nada mid, seperti salah satu contohnya adalah suara tam pada drum.

Speaker High

Dengan ukuran inch yang lebih kecil ternyata mempunyai fungsi yang besar, yaitu untuk mengeluarkan suara yang besar atau nada tribble. Sedangkan posisinya peletakkannya biasanya berada paling atas dari speaker lainnya.

Pada speakeer high ini berfungsi sebagai nada paling tinggi yaitu nada tribble yang di tugaskan kepada speaker 12 inch bersama tweternya, pada saat pemasangan speaker ini biasaya di taruh paling atas.

#2 Power Amplifier

Power Amplifier dalam 5 aksesoris sound system analog ini, mempunyai peran yang penting, yaitu berfungsi untuk mengeraskan suara speaker. Bahkan power amplifier merupakan cikal bakal suara yang dihasilkan besar atau tidak. Power amplifier dalam 5 aksesoris sound system analog disebut-sebut sebagai penentu suara, sehingga power amplifier memiliki tugas yang paling berat dari 5 aksesoris sound system analog lainnya.

5 Aksesoris Sound System Analog Berikut Gambarnya - Power Amplifier
5 Aksesoris Sound System Analog Berikut Gambarnya – Power Amplifier

Daya watt yang dibutuhkan agar suara dihasilkan cukup besar adalah 8000 watt dengan pecahan 2000 watt per PA yaitu LOW, MIDDLE, HIGH dan CONTROL. Ukuran seperti merupakan power amplifier yang sering digunakan di lapangan atau ruang terbuka juga studio.

#3 Crosover Aktif

5 Aksesoris Sound System Analog Berikut Gambarnya - #3 Crosover Aktif
5 Aksesoris Sound System Analog Berikut Gambarnya – #3 Crosover Aktif

Peran penting lainnya dalam 5 aksesoris sound system analog adalah Crosover aktif yaitu berperan penting sebagai pembagi frequenzi nada (cabang pembagian dari masing-masing nada) yang ditujukan ke power amplifier. Untuk crossover ini menggunakan 3 way atau 3 bagian nada, yaitu; nada LOW, MID dan HIGH yang ditujukan ke masing-masing power amplifier.

#4 Equalizer

5 Aksesoris Sound System Analog Berikut Gambarnya - #3 Equalizer
5 Aksesoris Sound System Analog Berikut Gambarnya – #3 Equalizer

Equalizer sebagai pengatur grafik suara yang dimulai dari LOW (kiri) hingga HIGH (kanan). Bentuk umum equalizer dapat dilihat pada radio, audio mobil atau juga pada aplikasi winamp. Equalizer menjadi peran yang penting dalam 5 aksesoris sound system analog.

#5 Mixer

5 Aksesoris Sound System Analog Berikut Gambarnya - Mixer
5 Aksesoris Sound System Analog Berikut Gambarnya – Mixer

Mixer adalah bagian dari kelengkapan 5 aksesoris sound system analog dan berfungsi sebagai; pencampur sumber suara, mengolah suara mengatur, mengontrol input hingga untuk memperkuat sinyal suara pada batas yang diinginkan. Aksesoris sound system ini sering disebut sebagai audio mixer atau lebih populer dengan sebutan mixing.

Demikianlah penjelasan tentang 5 aksesoris sound system analog berikut dengan gambarnya, semoga bisa menambah ilmu baru dalam dunia sound system. Jangan lupa share ya!

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Tebakan Jitu Miyabi Skor 2-0 Untuk Indonesia, Sekarang Viral Dengan Hastag #miyabi

Tebakan Jitu Miyabi Skor 2-0 Untuk Indonesia, Sekarang Viral Dengan Hastag #miyabi

DedyAkas.com – Tebakan Jitu Miyabi Skor 2:0 Untuk Indonesia, Sekarang Viral Dengan Hastag #miyabi. Di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *