Home > Kesehatan > Vaksin Sinochem di Indonesia Sudah Tersedia. Lalu Kapan Bisa Digunakan?

Vaksin Sinochem di Indonesia Sudah Tersedia. Lalu Kapan Bisa Digunakan?

DedyAkas.com – Vaksin Sinochem di Indonesia Sudah Tersedia. Lalu Kapan Bisa Digunakan? Indonesia telah menerima vaksin sebanyak 340 juta dosis, dengan perhitungan 1 orang diberikan dua dosis, jadi bisa digunakan untuk 170 juta orang, itu merupakan target dari Kementrian Kesehatan. Dimana kemungkinan besar akan digunakan pada tahun 2021 mendatang dengan pemberian secara bertahap dan berkesinambungan. Dengan keinginan dapat menjangkau ke seluruh masyarakat Indonesia, namun prioritas pemberian vaksin akan diutamakan pada beberapa kelompok tertentu.

Vaksin Sinochem di Indonesia Sudah Tersedia. Image by Pixabay
Vaksin Sinochem di Indonesia Sudah Tersedia. Image by Pixabay

Pemberian Prioritas Vaksin

Kini Vaksin Sinochem akan diberikan secara bertahap dengan prioritas utama yaitu kepada para petugas medis, dimana mereka merupakan garda terdepan yang setiap harinya berjibaku dengan pasien-pasien yang terdampak corona (Covid-19), hal ini menjadikan para petugas medis dengan resiko tinggi akan tertular COVID-19. Oleh karena itu pemberian vaksinasi menjadi prioritas, sehingga para petugas medis bisa memiliki imun bodi yang lebih kuat, sehingga lebih meminimalisir penularan kembali. Berikutnya vaksinasi akan berlanjut kepada penerima bantuan iuran BPJS hingga ke pada masyarakat lainnya.

Uji Klinis Vaksinasi Sinovac

Vaksinasi kepada para sukeralawan sebagai uji klinis dari Bio Farma bekerja sama dengan beberapa Universitas sedang mempersiapkan hasilnya yang kemudian nantinya akan diberikan kepada BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan di-support oleh Badan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan, dimana jika sudah lulus vaksin tersebut akan mendapatkan label EUA (Emergency Use Authorization).

Harga Vaksin Sinovac

Bio Farma memberikan harga yang pantas dengan standar cost yang sudah disepakati bersama dengan batas kewajaran. Harapannya adalah agar vaksinasi Sinovac ini dapat berjalan sesuai dengan target-target tertentu.

Bulan Peluncuran Vaksin Covid-19

Untuk prediksi peluncuran Vaksin Covid-19 ada kemungkinan besar di akhir bulan Januari 2021. PT Bio Farma terus menguji secara klinis agar Vaksin Covid-19 buatan Sinovac ini bisa benar-benar siap untuk digunakan. Tingkatan uji klinis hingga ke tahap III barulah akan akan dinggap selesai pengujiannya.

Arti Virus Corona, Pengertian Virus Corona dan Penjelasannya

COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). COVID-19 dapat menyebabkan gangguan sistem pernapasan, mulai dari gejala yang ringan seperti flu, hingga infeksi paru-paru, seperti pneumonia. COVID-19 (coronavirus disease 2019) adalah jenis penyakit baru yang disebabkan oleh virus dari golongan coronavirus, yaitu SARS-CoV-2 yang juga sering disebut virus Corona.

Penularan Virus Corona (COVID-19) Dapat Terjadi Karena:

  • Menghirup percikan droplet (ludah) yang keluar saat penderita COVID-19 bersin atau batuk.
  • Setelah menyentuh benda yang terkena droplet penderita COVID-19, lalu kemudian memegang mulut, hidung, atau mata tanpa mencuci tangan terlebih dulu.
  • Kontak jarak dekat (kurang dari 2 meter) dengan penderita COVID-19 tanpa mengenakan masker.

Sambil menunggu proses vaksinasi apa nantinya, kita sebagai manusia yang cerdas berarti selalu menjaga protokol kesehatan dengan tanpa terkecuali. Jangan pernah lengah dengan 3 M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak) dan 3T (Tracing, Testing, Treatment), harus saling mengingatkan satu sama lainnya, bahwa Virus Corona masih aktif dan masih terus bisa menyebar dengan jumlah yang terus bertambah. Kita putus terus mata rantai penyebaran penularan Virus Corona (COVID-19)

Semoga Vaksin Sinochem di Indonesia Sudah Tersedia ini dapat digunakan dan berkhasiat sebagai mana mestinya. Kunjungi juga situs Halodoc yang khusus membahas tentang dunia kesehatan seperti Obat & Vitamin, Tanya Dokter, Rumah Sakit, Cari Dokter hingga Aplikasi.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

5 Persiapan Saat Mendekati Persalinan - image by pixabay

5 Persiapan Saat Mendekati Persalinan

Pada saat mendekati proses persalinan, pastinya kamu dan pasangan kamu merasa tidak sabar, bahagia, dan …

2 comments

  1. Koreksi dikit mas, di paragraf awal di sebutkan 1 orang 1 dosis vaksin. Setahu saya 1 orang dapat 2 dosis, cmiiw.

    Semoga vaksinasi tersebut nantinya benar-benar aman ya mas, sehingga kita merasa nyaman saat proses vaksinasi nanti jadi dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *