Home > Artikel > Tips and Tricks Mengembangkan Blog atau Website

Tips and Tricks Mengembangkan Blog atau Website

Hallo para Sahabat setia DedyAkas.com, artikel kali akan membahas tentang : Tips and Tricks Mengembangkan Blog atau Website. Seiring dengan perkembangan dunia blogger yang semakin banyak terdapat para kompetitor maka sebuah blog atau website harus benar-benar bisa mampu bersaing, namun tentu saja bersaing dengan tips and tricks yang sehat.

Berikut akan saya berikan tips and tricks mengembangkan blog atau website :

  1. Membuat judul blog atau website yang sesuai anda inginkan.

Dalam tips ini, masing-masing pemilik blog atau website berbeda-beda caranya, namun jika anda bingung untuk membuat judul blog atau website nantinya seperti apa, anda boleh mencobanya dengan memakai nama anda sendiri sebagai judul dari blog atau website anda. Seperti yang sudah saya survey, tips ini juga dipakai oleh beberapa para blogger yang sukses meraup keuntungan dari Google AdSense, hanya dengan menggunakan nama sendiri sebagai judul blog atau website.

  1. Membuat blog atau website yang sesuai dengan niche.

Hal ini membutuhkan ekstra kerja keras, namun lagi-lagi niche itu bermacam-macam, saran saya ambil saja niche yang sesuai dengan keahlian anda atau kesenangan anda juga bisa mengambil niche yang sedang anda pelajari.

Bahkan untuk menembus Google AdSense ternyata diperlukan blog yang benar-benar sesuai dengan niche yang sesuai pada blog atau website yang dimiliki. Dimana pembahasannya hanya hal yang itu-itu saja akan tetapi secara terus-menurus membahasnya sehingga akan muncul keyword-keyword yang relevan dan secara tidak langung akan membawa blog atau website kepada pengembangan trafik organic.

  1. Tips berikutnya adalah pembahasan yang tidak ngalor-ngidul atau gado-gado.

Lagi-lagi ini membutuhkan kerja yang ekstra keras, karena pemilik atau penulis dari blog atau website tersebut harus selalu membuat artikel yang sesuai niche yang sudah dimiliki.

Menurut hasil survey saya, sebuah blog atau website bisa langsung di full approve (dalam 7 hari) oleh Team Google AdSene hanya dengan bermodalkan niche dan pembahasan artikel yang sesuai atau relevan. Sungguh suatu hal yang di luar dugaan, dimana para bloger yang sudah bersusah payah dan berkerja keras siang dan malam demi membuat artikel yang menarik (namun dikarenakan isi artikelnya gado-gado, akhirnya harus menelan pil pahit, karena blog atau website tersebut lagi-lagi ditolak oleh Team Google AdSense).

Bahkan hal ini juga menjadi pelajaran buat saya, dimana sudah banyak sekali terlihat bahwa artikel yang sudah berhasil di posting dan melayang-layang di dunia maya, bahkan beberapa juga terdapat pengunjung organic, namun pada akhirnya saya harus menunggu penantian yang sangat lama untuk bisa diterima sebagai publisher dari Google AdSense.

  1. Tricks selanjutnya adalah membuat sebuah mata rantai dari setiap artikel yang akan dibuat.

Hal ini seperti sudah dimiliki oleh para blogger senior, dimana ketika membuat sebuah artikel, ternyata itu hanyalah sebuah induk artikel dimana dari artikel induk tersebut akan beranak-pinak menjadi beberapa artikel sebagai mata rantai yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Yang intinya adalah akan menjurus kepada induk artikel.

Untuk istilah kerennya adalah site building. Hal ini ternyata sangat sulit saya lakukan, karena pada dasarnya saya masih dalam tahap belajar mengembangkan blog atau website yang saya miliki.

Setelah saya telusuri lagi ternyata site building ini akan terbentuk dengan sendirinya apabila, sebuah blog atau website dimana pada pembuatan artikelnya selalu memiliki pembahasan yang sama akan tetapi dengan tips yang berbeda-beda, maka secara otomatis ini akan mengarah kepada niche pada blog atau website, walaupun kelihatannya blog atau website tersebut terlihat tidak menarik dengan membahas atau membuat artikel yang itu-itu saja, akan tetapi sungguh hal yang diluar dugaan terjadi, justru blog atau website yang seperti inilah yang akan dilirik oleh Team Google AdSense.

  1. Tips berikutnya adalah dengan memiliki domain TLD ( Top Level Domain ) untuk jangka panjang.

Seorang blogger yang sudah siap menerima tantangan menjadi seorang yang full time blogger ternyata harus siap juga membuat domain TLD demi untuk membuat blog atau website yang benar-benar bisa diperhitungkan di dunia situs. Dimana untuk para pemilik blog atau website yang sudah memiliki domain sendiri pada akhirnya akan menentukan nasibnya sebagai seorang full time blogger karena domain tersebut adalah domain berbayar. Pada tips ini konsistensi dan keberlanjutan membangun blog atau website sangat diperlukan.

Namun jika anda sebagai pemula, jika ingin membuat sebuah blog atau website yang gratisan, hal demikian sah-sah saja dimana tidak ada batasan bagi orang yang selalu ingin belajar, untuk membuat sebuah trobosan baru bagi dirinya, dimana jika dilihat pada lingkungan sekitar ternyata jarang-jarang orang bisa ngeblog.

Bahkan pada tahun 2013 saya juga dulu pernah mempunyai blog gratisan dari blogspot.com dan di tahun 2013 juga memiliki wordpress.com, baik yang blogspot atau wordpress semua itu saya buat sebagai bahan percobaan dimana hasilnya pada tahun 2015 adalah menjadi DedyAkas.com yang sekarang ini anda kunjungi.

Banyak sekali manfaat yang saya dapat dari melakukan aktifitas ngeblog, dimana pada awal-awalnya saya mengembangkan blog atau website benar-benar ngeblank dan tidak tahu apa-apa. Namun lagi-lagi ketika browsing on Google ternyata banyak sekali ilmu yang saya dapat dari para pemilik blog atau website, bahkan dari kebanyakan yang saya kunjungi adalah perihal tentang : artikel, panduan, cara, tips and tricks untuk mengembangkan blog atau website.

Walaupun berkali-kali mendapatkan hal buntu, namun percobaan demi percobaan ternyata akan membuahkan hasil, walapun perjuangan yang tidak mudah untuk mendapatkannya.

  1. Tricks berikutnya adalah mendaftarkan domain kepada hosting.

Dalam mencari hosting, ternyata menurut pengalaman pribadi saya adalah gampang-gampang sudah, dimana ketika sudah menemukan hosting dan pada awalnya berminat akan tetapi ketika telah membaca beberapa postingan atau artikel yang membahas tentang hosting, lagi-lagi membuat hati menjadi gundah gulana, karena domain ini nantinya akan terus bernaung sampai setahun lamanya untuk terus di urus dan mengembangan blog atau website tanpa harus mengalami gangguan dari hosting yang sudah dimiliki.

Carilah hosting yang menurut dari analisa anda bahwa itu tersebut ternyata benar-benar layak untuk domain anda, karena kalau anda salah menganalisa hosting tersebut maka dikemudian hari ketika akan melakukan aktifitas ngeblog, beberapa kendala akan dialami sehingga pada awalnya anda sudah benar-benar serius dan fokus untuk melakukan aktifitas ngeblog, namun karena ada gangguan dari hosting, maka keseriusan dan kefokusan anda akan buyar. Mendaftarkan domain kepada hosting, ternyata harus benar-benar anda cermati sebelum benar-benar memilih hosting yang tepat dan berjangka panjang untuk domain anda.

  1. Tips berikutnya adalah dengan melakukan aktifitas ngeblog yang berkelanjutan.

Lagi-lagi hal ini mengacu kepada point 2, janganlah pernah lupa untuk membuat artikel sesuai dengan niche yang dimiliki. Jika anda terus melakukan hal ini, maka ini akan menjadi nilai plus di mata Google AdSense, menurut hasil survey saya lagi-lagi hal ini menjadi hal yang sangat menakjubkan terjadi oleh beberapa sahabat blogger yang sudah berhasil diterima oleh Team Google AdSense, dimana ketika saya membaca di suatu forum komunitas IAPD ( Indonesian AdSense Publisher Discussion ). Terdapat sebuah posting bahwa sebuah blog atau website yang ia miliki baru saja diterima oleh Team Google AdSense hanya dengan bermodalkan 5 artikel dan selalu memposting sesuai dengan niche yang ada.

Beberapa hal yang saya temukan juga terdapat umur blog yang sudah mencapai hampir setahun dan terdapat beberapa postingan yang hasil dari tulisan sendiri atau orsinil, baru kemudian mendaftarkannya kepada Google AdSense, dan tidak harus menunggu lama ternyata bisa langsung diterima oleh Team Google AdSense.

Sungguh hal yang sangat unik yang membuat saya bertanya-tanya, padahal kalau dilihat dari pandangan keindahan sebuah blog yang sudah diterima oleh Team Google AdSense boleh dibilang memiliki blog atau website yang sangat sederhana dan biasa-biasa saja. Sepertinya hal demikianlah yang menjadi daya tarik dari Google AdSense. Sebuah blog atau website yang sederhana namun isi dari konten tersebut merupakan hasil tulisan karya sendiri dan terlihat unik di mata Google AdSense.

  1. Tricks melengkapi blog atau website dengan menu yang diharuskan.

Menurut hasil survey saya sebuah blog atau website diharuskan memiliki menu-menu yang menyakinkan bahwa blog atau website tersebut benar-benar mempunyai pemilik. Beberapa menu tersebut adalah : about, contact, privacy policy, disclaimer, sitemap dan term of service.

Dengan tricks melengkapi blog atau website dengan menu tersebut diyakini akan memberikan nilai lebih baik dari sudut pandang pengunjung maupun dari sudut pandang Google AdSense. Sehingga akan terlihat jati diri dari pemilik blog atau website tersebut.

  1. Tips membuat sistem navigasi yang tidak membingungkan pengunjung.

Tips berikut ini akan sangat diinginkan oleh para pengunjung, dimana sistem navigasi yang tidak membingungkan akan membuat pengunjung menjadi lebih mudah untuk menelusuri pencarian menu yang nantinya akan mengarah sebuah artikel dan kemudian akan dibaca oleh si pengunjung tersebut.

Bahkan hal ini juga menjadi ketentuan dari TOS Google AdSense, dimana hasil survey saya ada beberapa sahabat blogger yang di tolak karena memiliki sistem navigasi yang membingungkan untuk pengunjung.

Membuat sistem navigasi bagi para blogger pemula boleh dibilang gampang-gampang susah, dikarenakan hal ini hanya dilakukan pada awal membangun blog atau website sehingga kalau sudah dibuat menu navigasi hanya tinggal mengembangkannya saja. Namun lagi-lagi tidak akan jadi halangan bagi orang yang selalu ingin belajar. Buatlah hal demikian menjadi menarik, sehingga anda akan mendapatkan ilmu otodidak yang tidak akan bisa hilang dari ingatan anda.

  1. Tricks mengembangkan blog atau website dengan cara mengunjungi forum komunitas diskusi.

Terus terang saja hal ini masih baru untuk saya, namun ternyata dalam waktu singkat dengan sering berdikusi melalui forum komunitas, didapati hal-hal yang diluar dugaan, dimana pada forum diskusi tersebut saya mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan tentang pengembangan sebuah blog atau website yang saya miliki.

Lagi-lagi sebuah forum yang sering saya kunjungi adalah forum komunitas IAPD ( Indonesian AdSense Publisher Discussion ), dimana pada forum tersebut yang paling unggul adalah membahas tentang AdSense.

Suatu hal yang sangat penting demi untuk mencari pengetahuan yang lebih tentang Google AdSense, dimana hal ini juga saya alami ketika saya memiliki 1.000 pertanyaan yang ada di kepala, namun pada akhirnya beberapa sudah terjawab melalui forum tersebut. Dengan sering berkunjung, membaca, berkomentar, dan posting tentu saja akan membuat hal yang lebih demi pengembangan blog atau website yang saya miliki.

DedyAkas.com adalah sebuah blog atau website yang masih dalam tahap review kedua, dimana umur sudah mencapai 3 (tiga) bulan lebih dan sudah 1 (satu) bulan lebih mendaftar ke Google AdSense. Kalau dilihat dari sudut pandang angka matematika umur blog ini masih seumur jagung.

Akan tetapi ternyata hal unik terjadi ketika dalam setiap masa pengembangannya, dimana rasanya sudah sangat lama saya membangun blog atau website ini.

Lagi-lagi hal yang unik terjadi ketika DedyAkas.com mendaftar kepada Google AdSense. Padahal baru 1 (bulan) namun rasanya review ini sudah sangat lama sekali.

Padahal kalau digabungkan antara umur blog sekaligus mencoba mendaftarkan kepada Google AdSense, maka blog ini ternyata masih newbie.

  1. Tips mengasah kemampuan menulis artikel dengan cepat.

Sepertinya hal ini sudah dimiliki oleh para pemilik blog atau website yang sudah malang melintang di dunia blogging. Dimana bagi asumsi mereka menulis cepat itu sangatlah mudah. Hal demikian bisa saja terjadi, karena mereka sudah kawakan di dunia blogger. Sehingga ketika ingin membuat postingan sebuah artikel, bagi mereka itu adalah hal yang mudah untuk dilakukan.

Bahkan mungkin saja asumsi para blogger senior sudah mengarah kepada arah bisnis, dimana menulis artikel dengan cepat itu mudah akan tetapi yang sulit adalah mendapatkan dan menambah penghasilan dari Google AdSense.

Oleh karena itu bagi yang masih newbie di dunia blogger, memperbanyak belajar kepada para mastah-mastah blogger sangatlah penting, demi kemajuan dan pengembangan blog atau atau website yang dimiliki.

Lagi-lagi hal ini akan mengacu kepada point 2, dimana menulis artikel dengan cepat jika bukan bidangnya maka hal ini akan menjadi kendala yang sangat besar, alhasil si pemilik blog atau website tersebut secara tidak langsung akan dipaksa untuk update artikel yang sesuai dengan niche yang ada.

Namun ternyata jika si pemilik blog sudah terima oleh Google AdSense, maka akan terlihat beberapa update artikel yang terkesan gado-gado. Itulah hasil survey saya.

  1. Tricks menambah semangat melakukan aktifitas ngeblog.

Anggaplah anda sedang membuat sebuah buku tabungan, dimana pada buku tabungan tersebut sebelum anda miliki sebelumnya harus membelinya dulu dari sebuah toko buku, baru kemudian menabung sedikit demi sedikit dari lebihan uang yang tidak perpakai atau tersisa.

Hal demikian hampir sama halnya dengan pengembangan blog atau website, jika sudah memiliki domain dan hosting, maka hal selanjutnya adalah melakukan aktfitas ngeblog dimana salah satunya adalah update artikel, dengan sedikit demi sedikit dan secara terus menerus melakukan update artikel maka lama-lama anda akan kaget dengan sendirinya. Bagaimana bisa saya menulis artikel sebanyak itu?

Itulah keuntungannya fokus pada aktifitas ngeblog, hari demi hari selalu melakukan aktifitas ngeblog ternyata membuahkan hasil di kemudian hari.

Beberapa keuntungannya adalah :

  • Akan menambahkan daya tarik dari blog atau website tersebut, karena banyak sekali artikel-artikel yang menarik untuk dicari dan ditemukan.
  • Memperkuat persaingan keyword pada halaman pertama pencarian Google.
  • Bisa mendapat kelayakan dari Google AdSense.
  • Mempermudah dalam mendapatkan recehan dollar dari Google AdSense.
  • Hal yang akan menentukan penghasilan terbesar dan menjadi tolak ukur, apakah penghasilan terbesar berasal dari kerja sebagai kantoran dan kerja lainnya ataukah dari blog atau website yang dimiliki.
  1. Tips and tricks yang terkhirnya ini adalah angka keramat sekaligus angka yang unik.
  • Seorang full time blogger ternyata selalu update artikel
  • Seorang blogger sejati ternyata bisa membuat penghasilan hanya dari blog atau website yang mereka miliki.
  • Para blogger ternyata memiliki solidaritas yang sangat tinggi terhadap para blogger sahabatnya, dengan secara cuma-cuma memberikan tips and tricks yang sanga bermanfaat untuk pengembangan blog atau website para sahabatnya.
  • Seorang blogger yang awalnya newbie, ternyata bisa menjadi pintar ngeblog hanya karena sering membaca artikel-artikel para sahabat blogger.
  • Seribu manfaat yang didapatkan hanya bermodalkan mempunyai blog atau website.
  • Lagi-lagi ilmu ngeblog bisa didapatkan secara gratis hanya dengan sering berkunjung kepada para sahabat blogger.

Tips and Tricks Mengembangkan Blog atau Website | Dedy Akas Website

Sekian dulu tips and tricks untuk Sahabat setia DedyAkas.com, jangan pernah ragu untuk terus belajar mengembangkan blog atau website yang dimiliki.

Baca Juga : Panduan Membangun Blog atau Website Baru

Happy Blogging!!!

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di Dedy Akas Website.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Add My G+ on Dedy Akas Website. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Pilih Investasi Properti atau Emas, Untung yang Mana?

Properti bisa menghasilkan uang dan investasi yang nyaman. Sedangkan emas punya nilai yang berharga juga. …

19 comments

  1. wah kumplit sekali gan.. sangat bermanfaat nih.. tp ngomong2 masih banyak jga point2 diatas yg belum saya lakukan.. seperti hosting dll.. tp gpapa2, mudah2an trik diatas bisa saya terapkan secepatnya 😀

    • Sedikit demi sedikit Mas Azis… sambil berjalan… nanti juga lama-lama bisa diterapkan semuanya…
      Tetap semangat!! 🙂

      • Pakai selfhosting harus mengeluarkan pengeluaran dobel ya mas, bayar Domain dan hosting… belum lagi kalau salah pakai hosting bisa cepat down servernya

        • Iya benar… bayar dobel… satu buat domain… satu lagi buat hosting… semuanya berjangka waktu 1 tahun…
          Untuk hostingnya Mas Fazri bisa berkelana mencari hosting yang recommended… Salamat berjuang… 😀

  2. kalo saya lebih suka tulis apa saja, asal jadi, biar tulisannya jelak gak masalah, yang penting isi pikiran bisa tersalurkan

    • Wah… sip lah.. Mas Poniran… dengan menulis hasil karya sendiri, akan dilihat lebih bernilai…
      Lanjutkan dan terus berkreasi… !! 😀

  3. kalo saya lebih suka tulis apa saja, asal jadi, biar tulisannya jelak gak masalah, yang penting isi pikiran bisa tersalurkan

  4. Lengkap banget tipsnya mas kalau dikerjakan semua sukses ada didepan mata kalau saya lebih fokus pada kualitas artikel mas karena saya yakin bila tulisan kita berkualitas yang lain pada ngikut

    • Iya… Mas Dwi… fokus pada kualitas artikel sangat ampuh, untuk menarik para pengunjung untuk terus mengikuti perkembangan sebuah blog atau website…
      Sukses ya buat Mas Dwi… 🙂

  5. sayang sekali blog saya pembahasannya termasuk gado gado… website yang berkembang bisa untuk kegiatan yang menghasilkan seperti memanfaatkan penghasilan dari google adsense ya 😀
    Blog saya masih banyak kekurangan nih…

    • Punya saya juga termasuk blog gado-gado Mas Fazri… makanya agak sulit untuk di terima oleh Google AdSense…
      Yang penting bulatkan tekad,… ikuti kata hati…
      Semoga beruntung menuju AdSense… 🙂

  6. blog saya aja, udah kayak rujak bukan gado-gado lagi..haha yang penting tetep konsisten bikin tulisan aja, udah jos banget. 😛

    kalo soal hosting juga sebenernya, karena belum pernah dapet apa-apa dari ngeblog, jadi gak pake hosting, takutnya down sih. tapi akhir-akhir ini saya juga nemuin platform buat ngeblog pake githubpages, asalkan bisa pake jekyll, gak usah pusing mikir hosting. haha tapi kalo serius, saya baca-baca banyak yg milih digitalocean, kalo enggak amazon s3, karena emang cepet sih arus datanya daripada hosting biasa.

    • Setuju banget sama Mas Yonk… update artikel merupakan jalan satu-satunya untuk memperbanyak jumlah artikel..
      Konsistensi juga sangat diperlukan, sehingga akan menghasilkan update artikel setiap harinya…
      Untuk masalah hosting sepertinya setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda… tinggal pintar-pintar memilihnya saja…
      Jadi bagi saya semua hosting itu bagus… tinggal tergantung keperluannya ajah, apakah mau pakai tenaga yang besar, atau tenaga yang pas-pasan… lebih baik sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing… oleh karena itu kebutuhan setiap blog atau website berbeda-beda…
      Yang penting keep writing…
      and
      Happy blogging… !!! 😀

  7. Yoga Akbar S

    Lengkap banget, Bang. Hehehe.
    Gue sendiri termasuk blog yang gado-gado. Dulu sempet cari duit lewat adsense. Ah, tapi yowislah. :’)

    Yang penting bisa terus berbagi aja. Soal daftar TLD, udah. Cuma kalo hosting-hosting-an gitu kurang paham. Wuahaha.

    • Lanjutkan saja apa yang menurut Mas Yoga paling baik…
      Sudah bisa menulis dan update artikel, merupakan sesuatu yang sangat positif dan bermanfaat..
      Untuk masalah blog atau webiste yang berpenghasilan, mungkin saja sudut pandang orang berbeda-beda…
      Yang penting keep writing…
      and
      Happy Blogging… !! 😀

  8. Waduh, kalo soal adsense mah saya masih blm ngerti mas. Masih pake domain gratisan pula :’) Hosting, TLD dan sgala macemnya aku jg gak ngerti..
    Blog ku jg trmasuk blog gado2 sih.. Tp diusahain blognya ttep diapdet mskipun gak jelas jadwal ngapdetnya kapan. Hehe..

    • Blog gratisan juga banyak yang pada sukses..
      Pelajari aja secara bertahap…
      Yang paling penting tetap menulis dan menulis…
      Lama-lama bakalan memiliki banyak artikel…
      Sehingga akan menumbuhkan banyak keyword-keyword… yang membuat keuntungan yang tidak terduga…
      Salam blogger,
      and
      Happy blogging…

  9. Dzatmiko

    Wah lengkap sekali nih Artikelnya mas, ada 13 point penting untuk mengembangkan blog atau website. dan masih banyak yang belum saya jalankan. bookmark dulu ah, nanti siank lanjut baca lagi sambil belajar ya mas.
    Thanx artikelnya sangat bermanfaat.

    • Okay… Siap Mas Dzat… silahkan di bookmarks… semoga bermanfaat… 😀
      Silahkan jalankan, semoga sukses selalu… 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *