Home > Panduan > Tips Agar Kipas Angin Anda Awet dan Cara Membersihkannya

Tips Agar Kipas Angin Anda Awet dan Cara Membersihkannya

DedyAkas.com – Tips Agar Kipas Angin Anda Awet dan Cara Membersihkannya. Negara Indonesia yang beriklim tropis membuat kebutuhan akan kipas angin tidak pernah putus. Kipas angin menjadi salah satu primadona untuk mendinginkan ruangan agar tidak gerah body.

Kenapa kipas angin masih sering dipakai dibandingkan AC? Mungkin jawabannya adalah karena harganya yang murah, perawatan mudah dan berdaya listrik yang rendah dan bisa dipindah-pindah. Kipas angin kerap kali dapat dilihat pada restoran, warung, toko, ruang depan, ruang keluarga dan kamar, bahwa ruangan yang sudah ber-AC-pun masih bisa terlihat kipas angin.

Tips Agar Kipas Angin Anda Awet dan Cara Membersihkannya
Tips Agar Kipas Angin Anda Awet dan Cara Membersihkannya

Tips agar kipas angin anda awet yaitu dengan melakukan pembersihan berkala, perbersihan berkala yaitu dengan mencuci bagian kipas angin seperti pada utamanya yaitu baling-baling untuk membersihkan debu atau noda hitam pekat yang sering kali menempel pada baling-baling kipas angin.

Tips agar kipas angin anda awet ini diperuntukkan pada kipas angin yang mudah dijangkau atau dipindah-pindah seperti; kipas angin berdiri, kipas angin dinding, kipas angin desktop dan sejenisnya.

Berikut adalah urutan untuk membersihkan kipas angin:

  1. Matikan kipas angin.
  2. Cabut kabel dari stop kontak.
  3. Pada tahap berikutnya sebisa mungkin posisi kipas angin sudah di lantai atau dalam posisi mudah dijangkau.
  4. Buka penutup kipas angin (kerangkeng/jeruji), biasanya dengan mengendurkan baut jika memang terdapat baut.
  5. Setelah itu putar pengunci baling-baling dengan cara memutarnya.
  6. Setelah pengunci terlepas, tarik baling-baling, namun harus hati-hati jangan sampai jatuh dan membuat baling-balingnya patah.
  7. Jika sudah, buka lagi pengunci berikutnya, setelah itu copot bagian penutup belakang baling-baling.
  8. Cukup sampai disitu, kemudian cucilah semuanya bagian kipas angin yang sudah terlepas dengan menggunakan alat pencuci piring ditambah dengan cairan pembersih piring agar kotorannya rontok dan cepat bersih.
  9. Jika dirasa sudah cukup bersih, lalu bilas dengan air bersih, kemudian keringkan.
  10. Jika sudah kering pasang kembali semua komponen yang telah dilepas tadi, tentu saja harus melalui urutan yang telah saya sebutkan tadi.

Dikarenakan posisi kipas angin yang sudah dalam posisi mudah jangkau maka, bersihkan atau lap dengan menggunakan kain atau kanebo seperti penutup mesin kipas angin, bagian-bagian tombol kipas hingga sampai ke kabelnya. Sehingga semunya bagian kipas angin akan ikut terlihat bersih semuanya. Selesai itu keringkan semua bagian yang masih basah, untuk kemudian dipasang kembali pada posisinya.

Baca Juga:

Daftar Jenis Kipas Angin Sesuai Dengan Fungsinya

Kipas Angin Tidak Berputar Sama Sekali Cek Sekring

Cara Menemukan Kerusakan Kipas Angin pada Kabel dan Kapasitor

Cara Memperbaiki Kipas Angin Dengan Mudah

Sejarah Kipas Angin, Penemu Kipas Angin dan Perkembangannya

Bagaimana? Ternyata tips agar kipas angin anda awet, caranya sangat mudah ya? Jadikan pembersihan kipas angin sebagai rutinitas bulanan Anda. Agar kipas angin yang Anda miliki selalu bersih, tetap awet dan tahan lama.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

9+ Macam Macam Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami – (image by istock)

9+ Macam Macam Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

DedyAkas.com – 9+ Macam Macam Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami. Setiap orang mempunyai bermacam-macam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *