Home > Artikel > Raudhah Adalah Tempat Istimewa di Masjid Nabawi

Raudhah Adalah Tempat Istimewa di Masjid Nabawi

Raudhah Adalah Tempat Istimewa di Masjid Nabawi. Raudhah adalah taman surga (disebutkan dalam salah satu hadits). Raudhah dulunya merupakan sekitaran atau area antara rumah Nabi Muhammad SAW dan mimbar tempat beliau berkhutbah di Masjid Nabawi.

Raudhah Adalah Tempat Istimewa di Masjid Nabawi
Raudhah Adalah Tempat Istimewa di Masjid Nabawi

Syaikh Abdullah bin Jibrin rahimahullah ketika ditanya mengenai hadits:

ما بين بيتي ومنبري روضة من رياض الجنة

“antara rumahku dan mimbarku adalah taman (raudhah) dari taman-taman surga”

Beliau menjelaskan: “hadits ini diriwayatkan oleh At Tirmidzi dari Ali bin Abi Thalib dan Abu Hurairah dan beliau menilai hadits ini hasan gharib dari Ali. Juga diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Muslim dan selainnya dari jalan lain yang di dalamnya terdapat tambahan:

ومنبري على حوضي

‘dan mimbarku (kelak) akan berada di atas telagaku‘

Makna hadits ini menyatakan bahwa area tersebut (raudhah) memiliki kemuliaan dan keutamaan. Barangsiapa yang shalat di sana seakan-akan ia telah duduk di taman dari taman-taman surga. Sehingga menjadikan shalat yang dilakukan di sana berpahala banyak. Sebagaimana juga shalat di bagian Masjid Nabawi yang lain dilipat-gandakan pahalanya 1000 kali dari shalat di masjid lain kecuali masjidil Haram”.

Raudhah: area tersebut memiliki luas 144 meter persegi dengan karpet hijau, selebihnya merupakan karpet merah di seluruh Masjid Nabawi. Oleh karenanya di tempat ini akan terlihat antrian, karena begitu banyaknya yang berebut agar dapat berdoa di tempat ini, yaitu dengan pahala 1.000 kali lipat. Petugas akan mengatur pergantian para jamaah yang berdoa di Raudhah, dengan urutan dari mulai antri kemudian shalat lalu berdoa selesai itu kemudian berjalan melewati makam Nabi Muhammad.

Tujuan kita ke Raudhah adalah untuk beribadah dengan maksimal mengharapkan keridhaan Allah SWT. Oleh karena itu tetaplah fokus dan jangan sia-siakan waktu yang ada. Tempat ini memiliki sekat untuk laki-laki dan perempuan, para jamaah perempuan baru akan masuk ke Raudhah sekitar pukul 07.00 waktu Madinah, sehingga pada saat sehabis subuh tempat ini masih belum di sekat oleh karena itu para jamaah laki-laki masih bisa leluasa untuk lebih lama di Raudhah.

Selamat beribadah di Raudhah!

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Makanan Anak 1 Tahun Pendamping Minum Susu (Image By Pixabay)

Makanan Anak 1 Tahun Pendamping Minum Susu

Minum susu sudah menjadi kebutuhan pokok anak satu tahun. Namun demikian minum susu tidak selamanya …

2 comments

  1. Hastira

    wah waktu ke sana banayk sekali jemaat shg desak2an shg kurang jels melihatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *