Breaking News
Home > Handphone > Perbedaan Samsung Galaxy M10 dan Galaxy A10

Perbedaan Samsung Galaxy M10 dan Galaxy A10

Samsung Indonesia memasarkan lini produk seri Galaxy A dan seri Galaxy M untuk meramaikan kelas entry level di Tanah Air. Salah satu smartphone dari masing-masing seri tersebut adalah Samsung Galaxy A10 dan M10. Kedua smartphone ini bisa dibilang tidak memiliki perbedaan yang signifikan, bahkan dari harganya di pasaran pun hanya terpaut sekitar Rp100ribuan saja.

Perbedaan Samsung Galaxy M10 dan Galaxy A10

Jika kamu bingung pilih yang mana diantara keduanya, yuk simak terlebih dahulu apa saja perbedaan Samsung A10 dan Samsung M10 dari berbagai aspek di bawah ini.

  • Desain dan layar

Jika dilihat sekilas, baik Samsung Galaxy A10 dan Samsung Galaxy M10 memiliki desain yang serupa. Tidak hanya itu, waktu rilisnya pun tidak terpaut jauh dimana M10 hadir lebih dulu rilis pada Februari 2019, sedangkan Galaxy A10 menyusul pada Maret 2019. Namun ternyata, meski memiliki desain dan tampilan layar yang serupa, ada juga perbedaannya. Samsung Galaxy A10 memiliki dimensi 155,6×75,6 x7,9 mm dengan berat 168 gram. Sementara itu Samsung Galaxy M10 berdimensi 155,6×75.6×7,7 mm dengan berat 163 gram yang sedikit lebih ringan.

Kedua smartphone ini sama-sama menggunakan material berbahan plastik polikarbonat, tak heran harga keduanya di pasaran dibanderol murah. Namun meski berbahan sama, perbedaannya terlihat dari pengaturan dual kamera yang disusun di bagian belakang smartphone, dimana Samsung Galaxy M10 diatur secara vertikal di sisi kiri atas.

Untuk layarnya sendiri, keduanya sama-sama memiliki layar yang membentang selebar 6,1 inch menggunakan panel PLS TFT, dengan konsep desain Infinity-V Display, resolusi HD+ 720×1520 pixel, dan rasio 19:9.

  • Performa

Meskipun terlihat sama, untuk masalah performa kedua smartphone ini memiliki perbedaan. Samsung Galaxy A10 menggunakan dengan chipset Exynos 7884 octa core 2×1.6 GHz Cortex-A73 dan 6×1.35 GHz Cortex-A53 dengan GPU Mali-G71 MP2. Sedangkan Samsung Galaxy M10 menggunakan dengan Exynos 7870 octa core 1.6 GHz Cortex-A53 dengan GPU Mali-T830 MP1. Dari angkanya, dapat dilihat jika Galaxy A10 lebih unggul karena sudah menggunakan konfigurasi big.LITTLE yang lebih efisien soal penggunaan daya. Selain itu pilihan kapasitas memori Galaxy 10 juga lebih besar, yakni 2GB/32GB, sementara itu Galaxy M10 hanya tersedia versi 2GB/16GB saja.

  • Baterai

Dari segi baterai, baik Samsung Galaxy A10 dan Galaxy M10 sama-sama memiliki kapasitas sebesar 3.400 mAh. Kapasitas baterai keduanya bisa dibilang masih kecil jika dibandingkan kebanyakan smartphone keluaran terbaru yang sudah di atas 4.000 mAh. Selain itu, keduanya juga sama-sama belum dilengkapi fitur fast charging dan masih menggunakan port micro USB.

  • Kamera

Meskipun dibanderol dengan harga yang murah, namun Samsung M10 memiliki kamera dengan ukuran 13MP + 5MP lengkap dengan konfigurasi lensa ultrawide. Sedangkan Samsung A10 hanya dilengkapi sebuah kamera 13MP. Adapun kedua kamera utamanya sudah dilengkapi dengan LED flash dan mampu merekam video 1080p @30fps.Untuk kamera depannya, kedua smartphone ini dilengkapi sensor 5MP untuk kebutuhan selfie.

  • Fitur

Kedua smartphone ini sama-sama belum memiliki fitur sensor sidik jari, namun kita masih bisamemanfaatkan face unlock yang tersedia di dalamnya. Selain itu, untuk mendengarkan audio atau musik, masih tersedia port jack audio 3,5 mm untuk earphone. Soal konektivitas wireless, Samsung Galaxy A10 lebih unggul karena sudah mendukung Bluetooth v5.0, sedangkan Samsung Galaxy M10 baru menggunakan Bluetooth v4.2. Meski berbeda urusan konektivitas wireless, sistem operasi keduanya sama-sama sudah mendapatkan dukungan hingga Android 9.0 Pie dengan antarmuka One UI terbaru.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Lakukan Hal Ini Jika Tidak Ingin Menyesal Hape Bootloop

Lakukan Hal Ini Jika Tidak Ingin Menyesal Hape Bootloop

DedyAkas.com – Lakukan Hal Ini Jika Tidak Ingin Menyesal Hape Bootloop. Permasalahan untuk hape-hape tipe …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *