Home > Umum > Perawatan Bonsai

Perawatan Bonsai

Perawatan Bonsai. Pentingnya perawatan bonsai secara rutin sehingga bisa mendapatkan bentuk dan seni bonsai yang diinginkan dengan hasil yang maksimal. Bonsai merupakan pohon yang sengaja dipangkas sehingga menjadi kerdil atau kecil dengan tujuan pohon tersebut akan menjadi miniatur dari pohon asli yang bisa terlihat di alam bebas.

Pohon bonsai bisa dijadikan pohon indoor ataupun outdoor. Akan tetapi tetap membutuhkan perawatan yang secara rutin, keseimbangan untuk tanaman sangatlah penting seperti;

  1. Penyiraman
  2. Sinar matahari
  3. Pemupukan
  4. Pembasmian hama
  5. Penggantian pot
  6. Pemangkasan dan pembentukan bonsai.
Perawatan Bonsai
Perawatan Bonsai

Berikut adalah perawatan bonsai:

Penyiraman Secara Rutin:

Penyiraman secara rutin atau teratur sangat dibutuhkan oleh tanaman, akan tetapi perhatikan juga tingkat kelembaban medianya, karena jika airnya siraman tidak mengalir keluar dengan lancar maka akan memunculkan tingkat kelembaban yang tinggi sehingga akan menimbulkan jamur. Oleh karena itu jaga kelembaban media tanaman agar sesuai yang diinginkan.

Penjemuran Sinar Matahari:

Penjemuran sinar matahari sangatlah penting untuk bonsai agar mendapatkan mendapatkan nutrisi dari alam dengan seimbang. Akan tetapi perhatikan juga tingkat intensitas cahaya matahari yang didapat, sesuaikan dengan jenis tanaman bonsai, jangan sampai sinar matahari yang terlalu terik akan merusak bonsai kesayangan Anda.

Pemupukan Yang Seimbang:

Walaupun pupuk baik untuk tanaman, namun jika pemberiannya berlebih maka malah akan membuat tanaman menjadi rusak. Pemberian dosis yang tepat dengan ukuran media yang ada harus disesuaikan sehingga akan dirasa seimbang oleh pohon bonsai tersebut. Selain NPK dan Urea gunakan juga pupuk daun agar memiliki pertumbuhan bonsai yang diinginkan.

Pembasmian Hama:

Jika pohon bonsai terlihat ada hamanya, maka segeralah lalukan penyemporatan insektisida, agar hama tersebut hilang atau tidak menyebar lebih banyak lagi. Karena hama jika dibiarkan akan sangat cepat menyebar dan memberikan kerusahan yang fatal bagi tanaman bonsai Anda. Biasanya hama tersebut adalah ulat dan wereng coklat. Oleh karena itu selalu siapkan obat insektisida, agar Anda sudah siap jika suatu saat tanaman kesayangan terkena hama.

Penggantian Pot:

Apabila pohon bonsai masih dalam tahap proses pembentukan, maka ada baiknya jika digantikan potnya dengan ukuran yang lebih besar dan dalam (tidak dangkal). Hal ini sangat baik untuk pertumbuhan akar bonsai, perhatikan juga lubang bawah pot dapat mengalirkan air siraman dengan baik agar tidak terjadi kelembaban yang ekstrim yang malah dapat merusak akar bonsai.

Pemangkasan dan pembentukan bonsai:

Pemangkasan secara rutin perlu dilakukan akan mendapatkan lebih banyak ranting-ranting yang baru, sehingga dapat melebatkan atau merimbukan daun bonsai. Pembentukan bonsai seperti pengawatan sangatlah penting, pengawatan dilakukan kepada bakal calon bonsai yang sudah siap di kawat. Mulai dari sinilah pembentukan seni bonsai dimulai demi mendapatkan bentuk bonsai yang diinginkan. Perlu diingat bahwa tidak semua batang pohon tersebut dipangkas, ada kalanya batang dibiarkan los agar tetap bisa tumbuh membesar hingga sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Perawatan Bonsai Secara Rutin
Perawatan Bonsai Secara Rutin

Baca juga :

Mengenal Arti, Asal-Usul, Proses, Teknik Pembentukan dan Perawatan Bonsai

Inilah 3 Jenis Pohon Yang Paling Sering Dijadikan Bonsai

Berikut Adalah Macam Macam Bentuk Model Style Dasar Bonsai dan Artinya

10 Bonsai Terindah Di Dunia, Salah Satunya Berusia 800 Tahun

Demikianlah perawatan bonsai, jangan lupa perawatan bonsai harus disesuaikan dengan jenis pohon bonsai yang Anda miliki.

Apakah Anda sudah siap berbagi waktu untuk tanaman bonsai Anda?

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Kumpulan Kata Kata Lebay

Kumpulan Kata Kata Lebay

DedyAkas.com. Yuk kepoin kumpulan kata kata lebay, kata kata yang super gombal, kata kata yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *