Home > Panduan > Pentingnya Sungkup Pada Pohon Dongkelan

Pentingnya Sungkup Pada Pohon Dongkelan

DedyAkas.com – Pentingnya Sungkup Pada Pohon Dongkelan. Pohon yang baru didongkel atau di cabut dari akarnya perlu sekali perawatan khusus yaitu salah satunya adalah sungkup. Sungkup merupakan proses sterilisasi pada pohon bahan dongkelan, dimana sebelumnya pohon atau bahan hasil dongkelan harus dibersihkan dahulu sebelum melakukan proses sungkup. Sungkup sendiri sebenarnya banyak atau sering digunakan oleh para petani atau pegiat pohon seperti salah satu yaitu pecinta bonsai.

Pentingnya Sungkup Pada Pohon Dongkelan - Pohon dongkelan sedang disungkup terjadi kelembaban yang cukup dan sesuai yang diinginkan
Pentingnya Sungkup Pada Pohon Dongkelan – Pohon dongkelan sedang disungkup terjadi kelembaban yang cukup dan sesuai yang diinginkan

Arti Sungkup

Arti Sungkup adalah pohon yang dikurung dengan plastik, bisa pada bagian batangnya saja, bahkan ada yang seluruhnya dikurung dengan plastik.

Fungsi Sungkup

Fungsi sungkup adalah menjaga kondisi kelembaban, hawa, dan cuaca yang stabil akan membuat pohon menjadi steril sehingga akan mudah untuk hidup.

Pentingnya Sungkup Pada Pohon Dongkelan - Pohon Asam Lembab dan Berembun
Pentingnya Sungkup Pada Pohon Dongkelan – Pohon Asam Lembab dan Berembun

Alasan Kenapa Pohon Harus Disungkup

Alasan utama pohon harus disungkup adalah agar pohon bisa tumbuh dengan tenang, dan pohon akan menjadi lebih bebas dari gangguan penyakit atau hal lainnya. Hal inilah yang menyebabkan kenapa sungkup itu penting untuk pohon dongkelan.

Sungkup sering terlihat ketika pohon sedang disambung pucuk dan pohon hasil dongkelan. Namun pada artikel ini, akan dibahas tentang pentingnya sungkup pada pohon dongkelan. Pohon bahan hasil dongkelan biasanya masih rentan akan kematian dan rentan penyakit, karena pohon dongkelan masih dalam keadan stress juga masih perlu adaptasi dengan lingkungan baru seperti cuaca sekitar, wadah atau pot, hingga media tanamnya.

Pohon dongkelan perlu penanganan segera seperti; pembersihan batang dan akarnya, persiapan pot dan media tanam, hingga keperluan obat pohon. Jika pohon dongkelan sudah dibersihkan dan sudah berdiri tegak dan kuat pada pot yang baru, maka langkah selanjutnya adalah proses sungkup. Setelah pohon dongkelan sudah disungkup maka teduhkan bahan pohon dongkelan tersebut.

Tips-Tips dan Langkah-Langkah Sungkup:

  1. Bersihkan pohon dari mulai batang hingga akar dengan air.
  2. Sisakan akar sesuai bentuk yang diinginkan.
  3. Sisakan batang sesuai bentuk yang diinginkan.
  4. Pruning atau potong daun untuk mengurangi penguapan dan kebutuhan nutrisi.
  5. Sampai pada langkah 2, 3 dan 4 kondisi pohon harus seimbang, mulai dari akar, batang dan penyisaan daun.
  6. Berikutnya adalah media tanam, biasanya untuk calon penumbuhan akar baru, para petani hanya membutuhkan pasir, namun ada juga yang mencampurnya dengan sekam bakar, tanah dan lainnya.
  7. Lanjut ke bagian pot, pada bagian ini biasanya untuk hasil dongkelan yang sudah jadi, maka model potnya pun sudah berbentuk seperti pot ceper oval, pot ceper kotak dan model pot-pot lainnya yang cocok untuk bonsai. Akan tetapi jika pada akar dan batangnya masih perlu proses lagi maka pot yang digunakan masih pot yang umum, bahkan ada yang menanamkannya di ground atau di tanah.
  8. Langkah terakhir atau tips terakhir adalah sungkup total tanaman dengan plastik bening, mulai dari atas hingga bawah tanaman atau sampai di pot yang kemudian diikat agar kedap udara. Kemudian teduhkan tanaman atau hindarkan dari sinar matahari langsung.

Bahan untuk sungkup adalah plastik bening, kenapa harus plastik bening? Hal demikian agar dalam kesehariannya pohon dongkelan sungkup tersebut bisa dipantau setiap harinya. Sehingga jika terjadi sesuai hal yang tidak diinginkan, bisa langsung dicari cara untuk pencegahannya.

Jangka Waktu Sungkup

Setiap pohon hasil dongkelan memiliki pertumbuhan yang berbeda-beda ada yang cepat juga ada yang lambat pertumbuhannya. Namun pada umumnya jangka waktu sungkup antara 1 minggu atau bahkan sampai 3 bulan, hingga akhirnya sungkup pada tanaman baru dibuka secara bertahap.

Langkah-Langkah Membuka Sungkup

  1. Hari pertama buka bagian bawah sungkup hanyak sedikit saja.
  2. Hari kedua buka bagian bawah sungkup hingga pertengahan dari tinggi pohon.
  3. Hari ketiga buka full sungkupnya.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk membuka sungkup?

Walaupun ketika umur 1 sampai 2 minggu pada batang pohon sudah mulai terlihat tunas-tunas yang baru, akan tetapi hal demikian biasa terjadi karena pada batang pohon masih terdapat nutrisi yang cukup untuk menumbukan pucuk-pucuk yang baru. Namun itu sifatnya masih sementara, karena akar di bawah atau akar baru masih belum keluar atau belum tumbuh. Terus kapan bisa memastikan jika akar tersebut sudah tumbuh?

Pentingnya Sungkup Pada Pohon Dongkelan - Sebelum sungkup dan sesudah sungkup umur 15 hari
Pentingnya Sungkup Pada Pohon Dongkelan – Sebelum sungkup dan sesudah sungkup umur 15 hari

Hal demikian ditandai dengan pucuk yang tumbuh normal memanjang dan daunnya menua hingga terjadi percabangan baru pada pucuk yang tumbuh. Nah, dengan munculnya percabangan baru dari hasil pucuk tersebutlah maka sudah bisa dipastikan bahwa akar sudah tumbuh. Hal ini menandakan waktu yang tepat untuk membuka sungkup pada pohon dongkelan.

Pentingnya Sungkup Pada Pohon Dongkelan - Pohon Serut yang sudah mengeluarkan batang baru atau percabangan yang menandakan akar sudah tumbuh
Pentingnya Sungkup Pada Pohon Dongkelan – Pohon Serut yang sudah mengeluarkan batang baru atau percabangan yang menandakan akar sudah tumbuh

Perbedaan antara pohon yang disungkup dan pohon yang tidak disungkup

  • Pohon sungkup akan memiliki batang lebih segar dan lebih terlihat hidup, akan tetapi untuk pohon tidak sungkup akan lebih rentan kering bahkan bisa menyebakan kematian.
  • Tingkat pertumbuhan pucuk yang lebih sesuai dan lebih banyak yang keluar pada batang pohon yang disungkup, beda dengan pohon yang tidak disungkup akan ada beberapa yang gagal mengeluarkan pucuk baru.
  • Pohon yang disungkup akan lebih cepat tumbuh dibandingkan dengan pohon yang tidak disungkup. Hal ini dapat dicari perbedaan ketika yang tadinya terlihat calon tunas baru, maka esoknya harinya akan sudah terlihat tunas yang muncul, dan pada keesokan harinya tunas yang muncul akan mekar daun baru hal demikian bisa berlaku pada pohon sungkup namun belum tentu untuk pohon yang tidak disungkup.
Pentingnya Sungkup Pada Pohon Dongkelan - Pucuk pohon masih muda biarkan sampai menua dulu baru buka sungkup
Pentingnya Sungkup Pada Pohon Dongkelan – Pucuk pohon masih muda biarkan sampai menua dulu baru buka sungkup

Pengertian Pohon Dongkelan

Pohon dongkelan merupakan pohon liar atau pohon hutan yang digali untuk kemudian dicabut atau diangkat pohon berikut akarnya, dimana nantinya pohon tersebut akan memiliki prospek yang bagus untuk dibentuk menjadi pohon bonsai atau miniatur dari pohon besar atau hutan.

Note: Pentingnya Sungkup Pada Pohon Dongkelan, merupakan hanya opini dan pengalaman pribadi saja, dimana bisa saja hasil yang didapatkan berbeda-beda, mohon koreksi jika ada kekeliruan.

Quote:

Faktor keberuntungan bisa berbeda-beda akan tetapi tidak ada usaha yang sia-sia.

Baca Juga:

Kumpulan Foto Foto Bonsai

Perawatan Bonsai

10 Bonsai Terindah Di Dunia, Salah Satunya Berusia 800 Tahun

Inilah 3 Jenis Pohon Yang Paling Sering Dijadikan Bonsai

Macam Macam Bentuk/Model/Style Bonsai dan Artinya

Mengenal Arti, Asal-Usul, Proses, Teknik Pembentukan dan Perawatan Bonsai

Demikianlah artikel tentang Pentingnya Sungkup Pada Pohon Dongkelan. Semoga mendapatkan pencerahan tentang “sungkup”. Salam Bonsai!

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

9+ Macam Macam Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami – (image by istock)

9+ Macam Macam Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

DedyAkas.com – 9+ Macam Macam Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami. Setiap orang mempunyai bermacam-macam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *