Home > Artikel > Pentingnya Mengenal Dan Belajar Kode HTML CSS Script PHP

Pentingnya Mengenal Dan Belajar Kode HTML CSS Script PHP

Dedy Akas Website – Pentingnya Mengenal Dan Belajar Kode HTML Script PHP. Pembelajaran kode merupakan salah satu yang harus diperhitungkan bagi para blogger yang memiliki blog atau website. Bahkan jika ingin mempelajarinya lebih dalam lagi, maka akan lebih bagus. Kebanyakan para blogger mengunduh template gratis atau mendownload template premium yang sudah terima jadi. Namun kenyataannya untuk pengoptimalan penampilan sebuah blog atau website dibutuhkan beberapa pengenalan dan belajar kode HTML CSS Script PHP yang tidak bisa dihindari.

Baik para pengguna blogspot dan wordpress maupun platform lainnya, sangat berlaku untuk mengenal dan mengolah kode-kodenya.

Mesti diingat merubah kode dari template atau bagian lainnya harus dilakukan ekstra hati-hati, karena bisa error, jika terjadi kesalahan penulisan kode. Oleh karena itu pengenalan dan belajar kode HTML CSS Script PHP, boleh dibilang sangat penting.

Pentingnya Mengenal Dan Belajar Kode HTML CSS Script PHP - Dedy Akas Website
Pentingnya Mengenal Dan Belajar Kode HTML CSS Script PHP – Dedy Akas Website

Berikut Di Bawah Ini Adalah Pengertian Dari HTML CSS Script PHP :

  1. HTML

Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dimana didalamnya berisikan kode-kode khusus, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.

  1. CSS

CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen atau tampilan sebuah halaman web. Dengan menggunakan CSS maka akan memungkinkan pengguna untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda.

  1. Script

Script adalah semacam bahasa program dalam tingkat kesulitan yang lebih rendah, tanpa aplikasi hasil kompilasi interpreter, script biasanya disisipkan ke dalam bahasa program yang lebih kompleks dan hasil script digunakan oleh bahasa program yang lebih kompleks.

  1. PHP

Hypertext Prepocessor (PHP) adalah bahasa program yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML seperti kebanyakan yang sudah diadopsi oleh template-template.

Dari keempat belajar kode yang paling sering di temukan atau paling sering dipakai adalah pemakaian kode script, dimana biasa dilakukan untuk membuat footer secara manual atau membuat menu tambahan yang tidak sediakan dalam template bahkan beberapa tambahan kode-kode script lainnya yang bisa membuat tampilan blog atau website semakin elegan. Sedangkan untuk tampilan widget yang paling sering digunakan adalah tampilan “center” sehingga objek atau gambar yang tampil terlihat di berada di tengah-tengah.

Baca Juga : Panduan Membangun Blog Atau Website Baru

Beberapa Modifikasi Yang Paling Sering Dilakukan Oleh Para Blogger Untuk Template Atau Tema Yang Bersinggungan Dengan Kode HTML CSS Script PHP Adalah:

  1. Penambahan Menu, baik itu di bagian Home maupun di Footer
  2. Penambahan Sub Menu atau Direktori Menu
  3. Penambahan widget yang mengandung script yang bisa mengarahkan ke URL atau halaman tertentu

Hal demikian sering dilakukan dikarenakan beberapa template atau tema, memang perlu adanya beberapa modifikasi agar tampilan bisa disesuaikan dengan keinginan oleh para masing pemilik  blog atau website.

Hal ini jugalah yang mengakibatkan para pemilik situs akhirnya membeli template premium agar penggunaannya bisa lebih power full. Atau bahkan banyak juga para blogger yang berprofesi sebagai jasa pembuat blog atau website.

Beberapa jebolan dari blogger Indonesia sudah banyak merintis dan membuat template atau tema beberapa diantaranya ada yang gratis dan ada yang pro, premium atau berbayar.

Baca Juga : 7 Manfaat Belajar Dengan Tekun Untuk Menjadi Blogger

Demikian artikel tentang : Pentingnya Mengenal Dan Belajar Kode HTML CSS Script PHP, semoga kita semua bisa belajar sedikit demi sedikit agar bisa memahaminya.

Happy Blogging!!!

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di Dedy Akas Website.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Jangan Anggap Remeh, Rawat Gigi Anda Dengan Baik

Jangan Anggap Remeh, Rawat Gigi Anda Dengan Baik

Jangan anggap remeh, rawat gigi anda dengan baik. Pentingnya perawatan gigi membuat kita tidak boleh …

12 comments

  1. Rumah GB VIP

    Kalo blogger ga ngerti kode dasar ya repot juga buat ngedit nya. Setuju deh sama om dedy ?

    • Hallo Rumah GB VIP…
      Iya Mas… minimal banget mengerti sedikit dan sedikit memahami…
      Supaya pengembangan blog atau websitenya tidak mentok…
      Salam,

  2. Betul sekali kang sangat sangat penting belajar yang beginian… biar gak bingung

  3. Dulu waktu sekolah banyak yg hapal..sekarang mah lewat.Hahahaha

    • Hallo Eksapedia…
      Ayo dong di hafalin lagi dan di asah lagi…
      Kan sudah terjun jadi blogger… hehe 😀
      Salam,

  4. yap benar tuh mas, kita juga harus ngerti kode kode tersebut

  5. Hal dasar untuk diketahui para blogger yang menjadikan kreatifitas yang bernilai dan sepertinya kudu wajib ya mas untuk mengenal hal kode html, css, script, dan php. Pelan-pelan asal tekun terus belajar blogger pasti bisa.

    • Hallo Mas Indra Kusuma…
      Setuju sekali Mas…
      Semakin banyak keinginan mempelajari kode template, pastinya akan semakin bisa mengenal apa itu HTML, CSS, Script, PHP…
      Salam,

  6. Kalau untuk mengasah ilmu tentang HTML CSS dan Script saya menganggap WP self host lebih menyenangkan dan jika sudah memahami dasar dasar templat WP self host maka akan sangat mudah membuat templat sendiri meskipun pada awalnya hanya melakukan modifikasi.

    • Hallo HP Baru…
      Wah, kalau untuk WordPress Self-Hosted saya hanya melakukan modifikasi kecil-kecilan, sebagai besar sudah disediakan oleh plugin…
      Sangat berbeda sekali ketika menggunakan blogger.com atau blogspot.com… full kode pokoknya hehe 😀
      Terima kasih atas masukkannya…
      Terima kasih juga sudah berkunjung…
      Salam kenal HP Baru… 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *