Home > Artikel > Pengertian Inbound Link

Pengertian Inbound Link

Dedy Akas Website. Pengertian Inbound Link. Inbound link adalah link atau hyperlink yang masuk ke halaman blog atau website yang asalnya dari blog atau website orang lain. Hal ini juga disebut sebagai situs eksternal atau link eksternal, yang artinya link atau hyperlink asalnya bukan dari blog atau website yang sama, melainkan dari blog atau website orang lain.

Nah jika ada link atau hyperlink yang ada di dalam blog atau website dan mengarah ke artikel lain, dengan blog atau website yang sama hal ini disebut sebagai link internal.

Inbound link di mata SEO, ternyata sangat penting untuk keberlangsungan dari popularitas blog atau website. Semakin banyak jumlah link yang masuk atau inbound link, maka akan semakin menciptakan jaringan dan membentuknya sebagai kekuatan dari sebuah blog atau website yang dimiliki.

Pengertian Inbound Link - Dedy Akas Website
Pengertian Inbound Link – Dedy Akas Website

 

“Percaya atau tidak, para senior blogger sudah semenjak lama melakukan hal ini”.

Jumlah link yang sudah masuk pada blog atau website nantinya akan menjadi strategi optimasi SEO dan hal yang paling berpengaruh adalah hasil pencarian dari mesin pencari karena akan mencerminkan perhitungan PageRank di Google dengan atas berdasarkan keluar masuk-nya link dari semua halaman blog atau website.

Hal ini juga terkadang menjadi beberapa fenomena para blogger yang berkomentar dengan nama blog atau website berikut dengan tambahan nama postingan (www.namadomainanda.com/nama-postingan-atau-judul-postingan/)

Bahkan para blogger juga memakai cara ini, untuk menaikkan peringkat dari sebuah judul artikel, agar bisa terus merangkak ke atas atau menjadi halaman pertama mesin pencarian dari Google atau mesin pencarian yang lainnya.

Spam Indexing dan Inbound Link :

Hal ini juga-lah yang menyebabkan banyaknya para spammer yang menyerbarkan link-link dari artikel mereka, sehingga terlihat kurang etis dan mengandung unsur promosi yang bukan pada tempatnya.

Cara Lain Membuat Inbound Link :

Menciptakan diskusi di forum atau blog yang memperbolehkan membuat link di bawahnya atau signature. Ini adalah cara yang paling sederhan dan dinilai yang paling natural untuk meningkatkan jumlah inbound link. Semakin banyak Anda membuat diskusi pada forum atau blog, maka akan semakin banyak juga kesempatan untuk mendapatkan inbound link yang mengarah ke blog atau website yang dimiliki.

Pengertian lain dari Inbound link adalah link yang diidentifikasi dari anchor teks pada halaman artikel atau situs lain yang mengarah ke situs blog atau website yang dimiliki.

Baca Juga : Pengertian Outbound Link

Demikian artikel tentang : Pengertian Inbound Link dan beberapa pencerahan tambahannya.

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di Dedy Akas Website.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Asuransi Kecelakaan Diri Image by Pixabay

Mengenal Apa Itu Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan pada diri melindungi Anda dari segala jenis kecelakaan, bahkan hingga yang menyebabkan kematian. …

17 comments

  1. trikpos

    cukup buat masukan juga buat saya mas,..tentang Inbaond link ..ini hampur sama dengan internal link…..maksusnya link antar situs yang saling berkaitan

  2. trikpos

    link keluar masuk juga perlu mas,,,tetapi kebanyakan blogger lebih menyukai internal link

  3. Rahayu Wiandra

    saya sebelumnya sring kang pke inbound link, tpi efeknya link luar kdng error, nah tdi saya hbs chek broken link. kira-kira pemahaman saya ttg inbound link salah gak yaa kang? 😀

    • Hallo Mba Rahayu…
      Owh… gitu ya…
      Simple-nya gini Mba :
      Inbound Link (link dari blog orang lain ke blog kita)
      Internal Link (link dari blog kita ke blog kita juga)
      External Link (link dari blog kita ke blog orang lain)….
      Salam,

      • Rahayu Wiandra

        nahhh, rinci lengkap padat gini kang 😀
        berarti gak salah ya kalimat saya diatas kang, 🙂 hehe

        byk jg sebutan demikian, hrus dihafal nih biar gak berlarian kosakatanya.. 😀
        makasih kang dedy 🙂

  4. Cara Bimbingan

    inbound link biasanya mudah didapat juga dari web yang WP kan mas dedy, soalnya WP ada link back langsung dari ulr blog betul ga nih ?

  5. Sedikit banyak ilmu saya bertambah tentang istilah-istilah link yang selama ini belum saya ketahui, yang ingin saya tanyakan kenapa saat kita mengajukan adsense blog kita disarankan mematikan link dalam blog, baik link internal maupun link eksternal kang…?

    • Hal demikian dikarenakan Google AdSense lebih suka kepada blog atau website yang terlihat masih lugu, dalam artian tidak memakai optimasi SEO, karena para blogger yang sudah mengerti tentang SEO, terkadang mengandung unsur trick-trick yang kurang disukai oleh Google sendiri…
      Jadi intinya, menulis apa adanya tanpa optimasi ini-itu akan terlihat blog atau website yang original dan natural (bukan seperti robot) hal demikian lebih disukai oleh Google…
      Bagaimana apakah mendapatkan jawabannya…?
      Salam,

      • Ooh begitu ya, kang.. jadi tahu sekarang.. jadi blog yang natural dan tanpa link aktif didalamnya lebih disukai google ya, makasih pencerahannya,, bertambah lagi ilmu saya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *