Home > Artikel > Panduan Mendapatkan Macam Macam Plugin

Panduan Mendapatkan Macam Macam Plugin

DedyAkas.com kali ini akan membahas mengenai : Panduan Mendapatkan Macam Macam Plugin yang di akan dipasang pada WordPress. Banyak sekali plugin-plugin yang di tawarkan oleh pengembang aplikasi software. Jumlahnya bisa mencapai ratusan (*bisa membuat bingung bagi para blogger untuk memakainya) yang bisa didownload digoogle. Plugin membuat WordPress terus berkembang bersama ide-ide kreatif yang membuatnya seolah-oleh plugin ini memiliki fitur tanpa batas. Wodrpress memiliki sistem plugin yang memudahkan pengguna untuk meningkatkan kemampuan dan mengkostumisasi website platfrom. Semua plugin yang dimiliki akan sangat berpengaruh pada SEO website.

Apa itu SEO?

SEO (Search Engine Optimization) atau optimisasi mesin pencari (*dalam bahasa Indonesia) adalah suatu rangkaian pada proses-proses yang akan dilakukan secara sistematis dengan berguna untuk menaikan atau meningkatkan volume dan kualitas traffic dari mesin pencari menuju alamat website tertentu agar dapat memanfaatkan mekanisme kinerja yang alami pada algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan spesifik SEO adalah dapat menempatkan alamat website kepada posisi paling atas (atau paling tidak berada pada halaman yang paling pertama) pada hasil pencarian dengan berdasarkan subyek-subyek tertentu. Secara realitas, sebuah website yang beraada pada posisi paling atas, dari hasil pencarian subyek-subyek tertentu akan memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung (*yang akan di klik pengunjung). Tanpa tidak mempunyai teknik SEO yang benar dan tepat, makan akan sangat sulit untuk mendatangkan pengunjung ke website yang sudah dibuat.

Berikut adalah macam-macam plugin dan berikut fungsi-fungsinya juga terdapat link Free Download.

  1. All in One Seo Pack

Plugin ini sangat populer dikalangan para pemilik website untuk mendukung seo halamannya. Mayoritas para blogger pasti menggunakannya. Kemudahan dirasakan dari plugin ini adalah, blogger bisa sangat mudah untuk menanam meta title, description, dan juga meta keyword pada setiap halaman website agar menjadi lebih SEO. Plugin All in One SEO Pack bisa sangat diandalkan, terawat dan juga secara otomatis menghasilkan meta tag, mengoptimalkan konten sehingga dapat dilirik oleh search engine. Fitur-fitur lainya juga sangat bermanfaat untuk optimasi SEO website. Plugin All in One Seo Pack berfungsi untuk: Menampilkan judul halaman yang SEO friendly, menambahkan meta tag description dan keywords secara otomatis, menghindari duplicate content, menggantikan FTP client yang biasa dipakai ketika akan mengupload atau menghapus plugin atau themes yang diinginkan.

Dedy Akas Website Panduan Mendapatkan Macam Macam Plugin

  1. Akismet

Akismet merupakan plugin yang berfungsi melakukan ceck dan memberitahukan spam berdasarkan database terintegrasi. Sampai saat ini Akismet masih tergolong sebagai salah satu database spam terbesar. Secara default Akismet telah masuk dengan instalasi WordPress, blogger hanya bertugas untuk mengatifkannya melalui activation key.

  1. WP-Super Cache

Plugin ini bisa berfungsi untuk menambahkan performance dan akselerasi website dengan baik. Plugin ini sangat banyak dipakai oleh para blogger, karena dampak yang didapat sangat terasa. Menjadikan loading website menjadi cepat. Sehingga apabila pengunjung membuka suatu website yang menggunakan plugin ini akan merasakan perbedaan antara website yang tidak menggunakannya (*apalagi dengan koneksi internet yang lambat). Oleh karena itu plugin ini menjadi sangat penting (*untuk para blogger) dari plugin lainnya.

  1. Contact Form 7

Contact form sudah pasti dipakai oleh para blogger dan menjadi plugin yang wajib dimiliki, karena plugin yang terintegrasi untuk platfrom wordpress yang berfungsi sebagai tool untuk membuat dan mengatur sejumlah contact form plus memungkinkan blogger melakukan kostumisasi form dan tampilannya dengan mudah (*contoh “contact us”. Contact form ini mendukung penuh penggunaan dan integrasi Aja, Captcha, Akismet, dan beberapa plugin lainnya.

  1. Digg Digg

Plugin ini akan memunculkan icon-icon jejaring sosial baik itu like atau sharing. Penampakannya bisa disamping kiri seperti mengambang, ketika scroll di naikan atau turunkan, plugin ini akan terus mengikuti. Plugin ini mampu meningkatkan website dengan sangat baik.

  1. Google XML Sitemap

Plugin ini membantu dalam pembuatan (*file sitemap.xml) pada website. File file sitemap.xml ini dapat membantu seperti mencatat semua isi dari website sehingga mudah dibaca oleh mesin pencari google. Plugin ini bisa digunakan untuk membuat sitemap XML khusus yang nantinya akan membantu mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan Ask.com dan untuk meng-indeks dengan lebih baik pada website. Dengan dibuatnya sitemap, itu jauh lebih mudah untuk melihat struktur secara lengkap suatu website dan mengambilnya secara efisien. Plugin ini mendukung semua jenis halaman WordPress dihasilkan serta URL custom. Keuntungan yang lebih dari plugin ini adalah dapat memberitahukan semua mesin pencari utama setiap akan kali membuat sebuah postingan tentang konten yang baru. Plugin Google XML Sitemap berfungsi untuk: Menciptakan sitemap berformat XML secara otomatis, sitemap digunakan oleh Google Webmaster Tools dan Yahoo, Site Explorer untuk membantu mengindex sebuah website.

  1. Yet Another Related Post

Plugin ini dapat berfungsi untuk menampillkan suatu postingan artikel webiste yang mempunyai kedekatan tema dengan artikel yang sedang dibaca. Dengan begitu sudah pasti akan dapat meningkatkan jumlah pengunjung pada sebuah website.

  1. WordPress SEO Plugin by Yoast

Plugin ini sangat berguna untuk membantu pengelolahan SEO onpage pada suatu webiste. Selain itu dapat mengatur agar pada title dan meta tag bisa menjadi SEO, juga berfungsi untuk membuat sitemap, yang nantinya bisa membantu mesin pencari. Untuk plugin ini hampir mirip dengan dengan plugin Google XML Sitemaps.

  1. Google Analytics For WordPress

Google menyediakan salah satu layanan gratis yaitu Google analytics yang berguna untuk melihat keadaan website, baik itu traffic kunjungan, halaman yang dilihat, lamanya melihat website, sumber lalulintas dan lian-lain dari pengunjung, juga berita baiknya wordpress menyediakan plugin gratis yang bisa digunakan untuk membantu website terintegrasi dengan Google analytics dan plugin itu namanya Google Analytics For WordPress.

  1. 10. Seo Friendly Image

Plugin ini sangat bermanfaat untuk membantu website menjadi lebih terindex oleh mesin pencari dengan mengoptimalkan gambar, supaya seo friendly. Plugin ini akan dapat dengan secara otomatis melengkapi image dengan atribut alt dan judul, sehingga akan dapat dengan mudah dibaca oleh mesin pencari.

  1. SEO Facebook Comments

Plugin ini dapat berfungsi untuk pemasangan kolom komentar Facebook di setiap akhir postingan pada website. Cara kerjanya adalah, setiap kali pengunjung memberikan komentar di kolom komentar tersebut, maka komentar dan link ke website blogger juga ikut terkirim ke halaman facebook pengunjung.

  1. Twitter Facebook Social Share – WordPress

Plugin untuk memasang tombol Twitter, Facebook, Google plus, dan social share yang lain. Blogger dapat dengan mudah memasangnya di bagian atas atau bagian bawah setiap postingan dalam website.

  1. WP Smush

Plugin sangat berguna bagi para blogger yang senang meng-upload gambar, dengan menginstall plugin WP Smush ini semua gambar secara otomatis akan berkurang sebanyak 25% dari ukuran file yang diupload. Ini akan menjadi keuntungan bagi para blogger karena File gambar yang berat dapat memperlambat sebuah website. WP Smush cermat memindai setiap gambar yang diupload atau sudah ditambahkan ke website.

  1. Related Post

Plugin ini menghasilkan posting terkait melalui Tag yang sudah dibuat. Hasilnya juga akan ditampilkan pada posisi dibawah postingan. Disinilah usaha optimasi SEO Website bisa diharapkan, karena hal ini akan membuat pengunjung mendapatkan materi artikel lebih banyak untuk dilihat.

Plugin Related Post berguna untuk: Menapilkan link ke artikel-artikel lain dalam blog anda yang berhubungan dengan artikel yang tampil saat ini, meskipun hanya berupa inbound link, tapi karena artikel-artikel yang link memiliki kesamaan topik, maka poin SEO nya juga tidak boleh diremehkan.

Plugin Related Post berfungsi untuk: Menampilkan link ke artikel-artikel lainnya dalam blog anda yang behubungan dengan artikel yang tampil saat ini. Meskipun hanya berupa inbound link, tapi artiker-artikel yang dilink memiliki kesamaan topik, maka poin SEO-nya juga kuat.

  1. Simple Tags

Kegunaan yang utama dari plugin ini yaitu mengatur tag-tag pada blog, dengan begitu blogger dapat diberikan arahan mengenai tag-tag yang akan diberikakan pada halaman blog, seperti mengedit tag secara masal, mengisi tag secara otomatis dan lain sebagainya. Simple Tags juga dapat dipakai untuk membuat artikel terkait atau postingan terkait.

  1. Platinum SEO Pack

Kelebihan plugin ini juga hampir sama dengan plugin sebelumnya, yaitu plugin ini mempunyai fitur otomatis yang bisa menghasilkan meta tag yang mampu membantu kita mengoptimalkan tittle dan keyword pada setiap halaman yang buat. Selain itu juga dapat membantu blogger untuk menghindarkan blog dari duplikasi konten.

  1. SEO Smart Links

Plugin ini dapat membantu blogger dalam mengatur link ke halaman atau artikel sebelumnya yang memiliki kedekatan dengan keywords. Selain itu memudahkan blogger untuk mengatur membuka link dalam bentuk jendela browser baru atau tab browser.

  1. Clean SEO Slugs

Plugin ini memungkinkan blogger untuk agar dapat mengabaikan kata-kata yang biasanya dianggap oleh mesin pencari tidak perlu, seperti kata penghubung contoh the, a dan lain sebagainya. Sehingga url website merupakan kata-kata yang benar dan bermanfaat bagi SEO.

  1. bSuite

bSuite adalah plugin yang membantu menarik cerita ke permukaan dan populer serta meningkatkan WordPress kemampuan CMS dan kegunaan sebagai platform aplikasi. Tersedia widget dapat menampilkan tulisan paling populer, baru-baru berkomentar posting, atau posting terkait (juga dapat menambahkan posting terkait listof ke bagian bawah konten tulisan). Shortcode Ditambahkan membantu mengatur konten, memungkinkan blogger untuk menampilkan semua sub-halaman dari halaman saat ini atau daftar semua judul dalam halaman. Shortcode lain akan membuat feed RSS ke halaman atau posting. Plugin bSuite berfungsi untuk: Menangkap Query yang digunakan oleh pengunjung untuk sampai ke website, memperkuat SEO, menggunakan resource database yang besar sehingga dibutuhkan server yang kuat

  1. Customizable Post Listing

Plugin Customizable PosT Listing berfungsi untuk menampilkan daftar artikel berdasarkan kriteria tertentu. Berguna untuk menghindari munculnya orphan pages dan memperkuat SEO (inner-page deep linking).

Referensi diatas merupakan suatu pilihan plugin yang nantinya akan dipakai pada sebuah webiste, pilihlah plugin yang sesuai dengan CMS, karena semakin banyak plugin yang digunakan, akan membuat lambat loading suatu website.

Para sahabat DedyAkas.com diberitahukan apabila ada link yang rusak atau tidak bisa. Mohon untuk segera menghubungi kami di menu Contact.

Baca Juga : Panduan Mendapatkan Macam-Macan Plugin Part II

Selamat mencoba!!!

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di Dedy Akas Website.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Tebakan Jitu Miyabi Skor 2-0 Untuk Indonesia, Sekarang Viral Dengan Hastag #miyabi

Tebakan Jitu Miyabi Skor 2-0 Untuk Indonesia, Sekarang Viral Dengan Hastag #miyabi

DedyAkas.com – Tebakan Jitu Miyabi Skor 2:0 Untuk Indonesia, Sekarang Viral Dengan Hastag #miyabi. Di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *