Home > Artikel > Panduan Belajar WordPress Membuat Kategori dan Tag

Panduan Belajar WordPress Membuat Kategori dan Tag

Panduan Belajar WordPress Membuat Kategori dan Tag. Hallo para Sahabat setia DedyAkas.com, artikel kali membahas tentang pentingnya membuat KATEGORI dan TAG, atau untuk Blogspot disebut dengan istilah LABEL. KATEGORI dan TAG ini bisa berfungsi sebagai keyword untuk pencarian pada halaman Google dan pada pencarian yang lainnya seperti Yahoo, Bing dan lain-lain. Para pencari keyword ada yang mengetikan dengan kata-kata atau tulisan panjang dan ada juga yang menulis satu atau dua kata saja.

Oleh karena itu ketika membuat artikel hal ini penting sekali untuk dilakukan dan tidak boleh ketinggalan. Atau jika sudah terlanjur mem-publish artikel, bisa juga di sunting ulang lalu diperbaiki dari kekurangan tersebut.

Untuk membuat kategori tersebut pada WordPress sudah disediakan pada kolom bagian kanan seperti gambar di bawah ini :

Panduan Belajar WordPress Membuat Kategori dan Tag - Dedy Akas Website

Jika belum terdapat kategori yang cocok dengan artikel yang akan di-publish ada baiknya untuk menambahkan KATEGORI BARU, begitu juga dengan TAG. Hal ini sebenarnya hampir mirip yang terdapat pada Blogspot, namun pada Blogspot, Sahabat hanya bisa menambahkan LABEL saja. Gunakan sesuai dengan kebutuhan dan jangan terlalu berlebihan.

Ketika artikel sudah selesai dibuat juga dilengkapi dengan kategori dan tag, berarti artikel sudah siap untuk di-publish. Untuk melihat hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini :

Panduan Belajar WordPress Membuat Kategori dan Tag atau Label - Dedy Akas Website

Istilah unik untuk mencari sebuah artikel adalah KEYWORD, oleh karena itu hampir semua para blogger selalu menyertakan nama KATEGORI dan nama TAG. Suatu hal yang sangat menarik untuk dilakukan, karena hal ini juga berhubungan dengan SEO. Mulai dari sini-lah terjadinya persaingan antara para blogger yang lainnya.

Berlomba-lomba mencari kata-kata yang unik dan masih jarang di-publish, bahkan para Blogger Senior selalu berburu keyword yang unik demi mendapatkan posisi teratas halaman pencarian Google. Dan yang lebih mengesankan lagi artikelnya bisa sampai bertahan cukup lama. Bahkan artikel tersebut masih bisa ditemukan walaupun umurnya sudah lebih dari setahun.

Dalam perjalanan membuat artikel itu gampang-gampang susah, ketika sedang asyik membuat artikel dalam sehari saja bisa mem-publish 5 sampai 10 artikel, namun jika sedang sulit maka dalam seminggu saja hanya baru tercipta 1 artikel.

Oleh karena itu, jangan pernah melupakan untuk membuat KATEGORI dan TAG, agar artikel yang sudah dibuat tidak sia-sia, sehingga bisa masuk dalam pencarian Google.

Demikianlah artikel tentang : Panduan Belajar WordPress Membuat Kategori dan Tag. Semoga blog atau website para Sahabat bisa terus eksis pada pencarian Google.

Happy Blogging!!!

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di Dedy Akas Website. Sampai bertemu lagi pada artikel berikutnya.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Tebakan Jitu Miyabi Skor 2-0 Untuk Indonesia, Sekarang Viral Dengan Hastag #miyabi

Tebakan Jitu Miyabi Skor 2-0 Untuk Indonesia, Sekarang Viral Dengan Hastag #miyabi

DedyAkas.com – Tebakan Jitu Miyabi Skor 2:0 Untuk Indonesia, Sekarang Viral Dengan Hastag #miyabi. Di …

16 comments

  1. WordPress saya kebetulan ga terurus Kang..

    • Hallo Mas Icah Banjarmasin…
      Kalau memang WordPress-nya gak keurus, coba di urus secara perlahan-lahan…
      Siapa tahu menguntungkan…
      Salam,

  2. Defi Purnama

    Untuk di WordPress dalam pembuatan kategori dan tag memang unik dan keren ya mas. Berbeda dengan di Blogspot yang hanya bisa menggunakan label saja. Saya rasa itulah salah satu kelebihan WordPress dibandingkan Blogspot.

    • Hallo Mas Defi…
      Iya benar Mas… kurang lebih seperti itu adanya…
      Namun Blogspot juga tetap selalu menjadi idaman para blogger, termasuk Mas Defi…
      Salam,

  3. Saya belum belajar wordpress nih!

    • Hallo Berbagi Info…
      Silahkan berlajar secara pelan-pelan… namun pasti…
      Itung-itung nambah blog dan perluasan iklan Google AdSense yang sudah dimiliki… πŸ˜€
      Salam…

  4. Mantap penjelasannya mas dedy, sip dah.

    • Hallo Mas Ricky…
      Terima kasih atas apresiasinya… πŸ˜€
      Kapan nih, mau buat blog dari WordPress…
      Salam,

  5. Fadhly

    Tapi, kalau tag terindex bisa mengakibatkan duplikat konten di google webmaster tools. hhee

    • Hallo Mas Fadhly, apa kabarnya nih… BTW sudah gajian berapa kali Mas?
      Untuk mengatasi atau mengurangi duplikat konten bisa diakali dengan mengedit file robot dan beberapa edit pada kode HTML… πŸ˜€
      Terima kasih atas, tambahan masukkanya…
      Salam,

  6. Saya cuma pakai blogspot, cuma mengandalkan label dan search description aja mas, namanya juga gratisan. kalo di WP banyak kelebihannya ya

    • Hallo Mas Fazri…
      Akan tetapi dari blogspot, saya mengalami banyak pengetahuan tentang KODE HTML… πŸ˜€
      Terima kasih…

  7. Thanks bang Dedy…tambah wawasan dikit soal WP, saya dari dulu masih belum ngeh ngutak atik WP. Sekarang kadang-kadang buka yang akun WP n belajar lagi. Makasih bang… ^_^ #bermanfaat (^^)d

    • Hallo Halama Haris…
      Iya memang benar, harus banyak utak-atik…
      Mumpung masih banyak kesempatan… πŸ˜€
      Terima kasih atas apresiasinya…
      Salam,

  8. Terima kasih untuk tutorialnya mas Dedy πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *