Home > Artikel > Panduan Belajar WordPress Memasukkan Gambar

Panduan Belajar WordPress Memasukkan Gambar

Panduan Belajar WordPress Memasukkan Gambar. Hallo para Sahabat setia DedyAkas.com, pada kesempatan kali akan di-share tentang panduan memasukkan gambar di dalam postingan artikel ( TAMBAHKAN MEDIA ) dan GAMBAR FITUR. Artikel panduan belajar ini diperuntukan bagi para Sahabat yang sangat memerlukannya, dikarenakan terkadang agak sulit juga di-praktekkan. Namun jika sudah biasa dan sudah seringkali melakukannya, maka hal ini akan menjadi mudah dan terbiasa.

Memasukkan gambar pada artikel ( TAMBAHKAN MEDIA ) atau pada GAMBAR FITUR, merupakan sebagai pelengkap sebuah artikel di-samping agar terlihat menarik, namun juga sebagai pelengkap informasi yang telah diberikan sehingga sangat dimungkinkan untuk bisa memberikan informasi yang lebih jelas dan detail bagi para pengunjung dan pembaca.

Ketika sudah selesai menulis artikel pada POS BARU, maka sisipkanlah gambar yang sebelumnya sudah disiapkan.

Berikut adalah panduannya berikut dengan gambar di bawahnya :

  1. Posisikan pointer tempat dimana gambar akan diletakkan
  2. Setelah itu klik pada tombol TAMBAHKAN MEDIA
  3. Lalu klik tombol UNGGAH BERKAS
  4. Setelah itu klik tombol PILIH BERKAS
  5. Setelah gambar sudah ditemukan klik OPEN, dan proses loading pemuatan gambar akan berlangsung.
  6. Setelah gambar sudah selesai di UNGGAH, maka jangan lupa untuk menambahkan keterangan, TEKS ALT juga DESKPRISI  pada pada gambar.
  7. Setelah selesai klik tombol SISIPKAN KE DALAM POS

Panduan Belajar WordPress Memasukkan Gambar | Dedy Akas Website

Untuk opsi default-nya gambar akan berada di tengah-tengah pada isi artikel, tempat dimana gambar tersebut ingin di letakkan. Namun ketika gambar tersebut di-klik maka akan muncul opsi untuk RATA KIRI, RATA TENGAH dan RATA KANAN atau bahkan TANPA PERATAAN.

FLASHBACK MEMBUAT GAMBAR MENJADI PERSEGI PANJANG :

Menurut hasil survey saya, bahwa rata-rata para pemilik blog atau website membuat gambar dengan bentuk memanjang atau melebar. Hal ini sangat diperlukan karena memang sebetulnya gambar tersebut akan terlihat lebih enak untuk dipandang. Sehingga tampilannya akan rata kiri dan rata kanan.

Untuk ukurannya sendiri kali ini saya memberikan salah satu contoh yaitu ukuran standar 6×12 cm, namun jika dirasa ukurannya kurang pas ketika diletakkan pada isi artikel, Sahabat bisa merubahnya lagi agar ukurannya menjadi lebih melebar ke-samping atau mungkin ingin diperkecil menjadi ukuran kotak.

Untuk meletakkan gambar pada GAMBAR, caranya hampir sama dengan point-point di atas, namun yang berbeda adalah langsung meng-klik tombol BUAT GAMBAR UTAMA, lalu bisa langsung lanjut ke point berikutnya Yaitu Point Ke 3. Pada langkah ini gambar sebenarnya sudah tersedia di dalam MEDIA, namun jika Sahabat ingin memasukkan gambar berbeda, bisa upload gambar lagi yang sebelumnya sudah disediakan. Seperti biasa jangan lupa untuk menambahkan keterangan pada gambar tersebut.

Ketika sudah sampai pada panduan ini maka artikel yang akan di TERBITKAN sudah memiliki gambar di dalam artikel dan pada GAMBAR FITUR. Namun ada juga beberapa template yang memasang gambar fitur secara otomatis ketika sudah melalukan unggah berkas. Untuk gambar fitur yang otomatis ini, gambar akan selalu berada tepat di bawah judul atau di atas postingan artikel, ada beberapa template juga memberikan opsi untuk me-non-aktif-kan fungsi ini.

Untuk panduan ini dan beberapa panduan berikutnya memang diperuntukkan untuk opsi bahasa Indonesia. Maka ada baiknya jika BAHASA SITUS belum dirubah, rubah-lah terlebih dahulu, bahasa situs tersebut menjadi BAHASA INONESIA. Agar para Sahabat bisa mengikuti panduannya dengan benar dan berhasil.

Baiklah para Sahabat cukup sekian dulu artikel tentang : Panduan Belajar WordPress Memasukkan Gambar. Sampai bertemu lagi pada artikel berikutnya.

Happy Blogging!!!

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di Dedy Akas Website.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Tebakan Jitu Miyabi Skor 2-0 Untuk Indonesia, Sekarang Viral Dengan Hastag #miyabi

Tebakan Jitu Miyabi Skor 2-0 Untuk Indonesia, Sekarang Viral Dengan Hastag #miyabi

DedyAkas.com – Tebakan Jitu Miyabi Skor 2:0 Untuk Indonesia, Sekarang Viral Dengan Hastag #miyabi. Di …

4 comments

  1. Dzatmiko

    Artikel terbarunya membahas tentang wordpress ya mas? saya nyimak aja deh mas.

    • Iya Mas… Dzat…
      Lagi giat bikin Panduan WordPress…
      Semoga banyak manfaatnya… 😀
      Amiin…

  2. Wah lama gak mampir ke blog ini ternyata sekarang sudah ada iklan adsensenya Mas,

    • Hallo Mas Poniram…
      Iya Alhamdulillah Mas…
      Semoga kita semua sama-sama menjadi blogger yang berpenghasilan…
      Amiin,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *