Home > Artikel > Panduan Belajar WordPress Edit atau Sunting Artikel

Panduan Belajar WordPress Edit atau Sunting Artikel

Panduan Belajar WordPress Edit atau Sunting Artikel. Hallo para Sahabat setia DedyAkas.com, bertemu lagi dengan artikel yang terbaru. Pembahasan kali ini tentang cara mengedit tulisan pada artikel yang sudah tayang atau sudah di-publish. Sebelumnya rubah dahulu bahasa situs menjadi bahasa Indonesia, agar bisa mengikuti panduannya langkah demi langkah.

Berikut adalah panduan belajar wordpress edit atau sunting artikel :

  1. Masuklah pada dashboard lalu klik POS.
  2. Setelah itu klik SEMUA POS.
  3. Kemudian pilihlah judul yang ingin di edit atau sunting, lalu klik SUNTING.
  4. Setelah selesai mengedit maka langkah terakhir dengan mengklik tombol adalah PERBARUI.

Panduan Belajar WordPress Edit atau Sunting Artikel - Dedy Akas Website

Cara di atas adalah mengedit artikel melalui jendela DASHBOARD.

Namun pada umumnya ketika anda sudah login, hal ini berarti anda sudah berperan sebagai admin, dimana pada umumnya adalah membalas komentar dari para Sahabat.

Untuk tampilannya adalah ada sedikit perubahan ada tombol EDIT, dan bisa langsung membalas komentar dari para Sahabat tanpa harus mengisi NAMA, SUREL ( surat elektronik atau email ) dan SITUS WEB ( alamat blog atau website ).

Oleh karena itu pada setiap artikel yang sudah dipastikan terdapat tombol EDIT ( yang bergambar pensil ), maka bisa langsung mengeditnya tanpa melalui DASHBOARD. Namun ketika di klik EDIT, anda akan dibawa ke DASHBOARD – EDIT POS atau SUNTING POS.

Hal ini sudah banyak terdapat pada setiap template yang sudah mendukung edit artikel melalui tampilan blog atau website secara langsung. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini ( yang di lingkari warna merah ).

Panduan Belajar WordPress Edit atau Sunting Artikel pada Tampilan Blog - Dedy Akas Website

Ada kalanya dalam mengetik sebuah artikel, terkadang ada saja grammar ( tatanan bahasa ) yang kurang pas dan kata yang salah, juga jika ingin menambahkan gambar atau menghapus gambar dan menggantinya dengan gambar yang baru atau versi update.

Hal ini sangat diperlukan bagi kenyamanan para Sahabat yang berkunjung untuk membaca, terkadang terdapat kata-kata yang kurang pas, sehingga perlu ada pengeditan ataupun perombakan tatanan bahasa secara besar-besaran.

Biasanya informasi yang diberikan-pun terkadang memiliki tingkat kadar-luarsa, sehingga perlu ada beberapa pembenahan agar tidak terjadi salah pengertian, karena artikel yang terdapat sudah terlihat expire.

Maka dari itu, pengeditan pada setiap artikel sepertinya penting dan sangat diperlukan demi keberlangsungan kepercayaan dari para Sahabat setia yang senantiasa selalu mengunjungi blog atau website yang dimiliki.

Bagi yang sudah berkali-kali posting artikel, maka hal demikian sepertinya tidak terlalu menjadi kendala yang berarti, namun untuk para Sahabat yang ingin belajar WordPress, maka saya sangat yakin bahwa artikel ini sangat diperlukan demi menuju pembelajaran yang berhasil dan sukses dan mengutak-atik WordPress.

Demikianlah artikel tentang : Panduan Belajar WordPress Edit atau Sunting Artikel. Semoga kita selalu diberikan kemudahan dalam menuntut ilmu ngeblog.

Happy Blogging!!!

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di Dedy Akas Website. Sampai bertemu lagi pada artikel terbaruΒ yang akan datang.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Makanan Anak 1 Tahun Pendamping Minum Susu (Image By Pixabay)

Makanan Anak 1 Tahun Pendamping Minum Susu

Minum susu sudah menjadi kebutuhan pokok anak satu tahun. Namun demikian minum susu tidak selamanya …

14 comments

  1. saya nyimak dulu ya mas,.?
    mana tau tar ada niat pindah ke wordpress

  2. Dzatmiko

    sangat bermanfaat nih mas buat saya yang belum mengerti dan belum pernah mencoba wordpress, jadi suatu saat nanti kalo mau bikin wordpress ga bingung lagi

  3. nyimak aja dah… Tuk saat ni masi nimbrung d blogger dulu…

  4. nak belog

    akhirnya kesampaian juga berkunjung ke blog Dedy Akas,
    biasanya saya lihat di juragan cipir tetapi belum sempat kunjungan, kunjungan pertama saya nyimak aja dulu. lihat situasi dulu he he he

    • Kalau begitu salam kenal ya Mas Nak Belog… πŸ™‚
      Terima kasih… πŸ˜€

  5. Pengen banget pindah selfhosted.. Tapi kok kayanya belum siap aj… Hehe mungkin kapan2 deh. Nnti mohon panduannya yah mas kalau saya sudah ada niatan buat pindah ke selfhosted.

    • Hallo Mas Bayu…
      Jangan sungkan dan ragu, silahkan ditanya jika ada yang mau ditanyakan… πŸ˜€
      Saya akan membantu semampu saya… πŸ™‚
      Salam,

  6. pingin banyak belajar nih, kebetulan web dagangan juga dari wordpress, mantap banget

    • Hallo Mas Surya Lee…
      Silahkan Mas… di dunia internet, para blogger memang sering share artikel-artikel untuk panduan belajar secara gratis… πŸ˜€
      Semoga bermanfaat…

  7. Blogger Newbie

    BW di malam hari, semoga admin sehat selalu. Amin

    • Hallo Blogger Newbie…
      Terima kasih atas kunjungannya…
      Semoga kita semua dalam keadaan sehat selalu juga…
      Amiin… πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *