Home > Kesehatan > Mengenal Mioma Uteri

Mengenal Mioma Uteri

Mioma uteri atau dalam bahasa kedokteran juga dikenal dengan fibroid rahim adalah sebuah tumor jinak. Biasanya penyakit ini menyerang wanita pada masa produktif. Mioma uteri tumbuh karena pada masa peluruhan dinding rahim ketika menstruasi, rahim kekurangan suplai oksigen. Mioma ini bisa tumbuh hanya satu buah namun ada juga yang memiliki mioma multiple pada rahimnya.

Mengenal Mioma Uteri (image by shutterstock)

Gejala Mioma Uteri

Beberapa dan kebanyakan wanita tidak menyadari bahwa dirinya memiliki mioma uteri. Hal ini disebabkan karena tidak semua pengidap mengalami gejala. Adapun gejala yang muncul biasanya merupakan gejala-gejala yang dirasa merupakan hal yang wajar. Berikut adalah gejala umum yang biasa terjadi:

1. Sering buang air kecil

2. Nyeri berlebihan saat menstruasi

3. Menstruasi berlangsung lama, lebih dari 14 hari

4. Pendarahan menstruasi yang banyak

5. Sembelit

6. Sakit punggung dan kaki

Pada gejala-gejala di atas, disebutkan bahwa nyeri berlebihan saat haid juga bisa menjadi pertanda atau gejala adanya miom pada rahim Anda. Sehingga bisa saja penyebab nyeri haid di hari pertama adalah mioma uteri.

Jenis- Jenis  Mioma

Terdapat empat jenis mioma, diantaranya:

1. Submukosa

Miom atau fibroid ini berkembang di dalam lapisan rahim. Fibroid submukosa dapat mempengaruhi siklus menstruasi dan dapat mengakibatkan keguguran serta kemandulan.

2. Intramural

Fibroid atau miom ini tumbuh di dalam rahim dan dapat memperbesar ukuran rahim.

3. Subserosa

Jenis fibroid ini tumbuh di dalam rahim hingga menyebar ke bagian luar serviks

4. Pedunculated

Miom atau fibroid jenis ini memiliki tangkai.

Cara Mengobati Mioma

1. Mengonsumsi Obat

Untuk menghilangkan nyeri, Anda dapat meminum obat tahan nyeri. Anda bisa juga menggunakan pad yang kegunaan serta penjelasannya bisa Anda dapatkan di ifree Indonesia. Namun untuk menghilangkan atau memperkecil mioma, Anda dapat mengkonsumsi GnRH agonis yang berfungsi mengurangi produksi estrogen dan progesteron sehingga mioma tidak membesar.

Jika ukuran mioma sudah terlalu besar. Anda memerlukan prosedur operasi yaitu miomektomi (operasi pengangkatan mioma). Jika tidak memungkinkan, biasanya tindakan histerektomi (operasi pengangkatan rahim) akan ditempuh untuk menyembuhkan penderita.

Sering-seringlah Anda mengecek keadaan diri Anda sendiri, pahami gejala-gejala serta kondisi diri Anda ketika sedang mengalami menstruasi. Sehingga bila Anda mengidap mioma uteri, penyakit tersebut dapat segera bisa diobati dan jangan lupa untuk melakukan konsultasi ke dokter kandungan.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

5 Cara Pengobatan Kemandulan Pria Dengan Herbal

5 Cara Pengobatan Kemandulan Pria Dengan Herbal

Infertilitas memang tidak menyakitkan. Infertilitas mengganggu keharmonisan rumah tangga. Infertilitas juga mengakibatkan sulitnya mendapat momongan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *