Home > Umum > Mengenal Arti, Asal-Usul, Proses, Teknik Pembentukan dan Perawatan Bonsai

Mengenal Arti, Asal-Usul, Proses, Teknik Pembentukan dan Perawatan Bonsai

DedyAkas.com. Yuk kita mengenal lebih dekat tentang bonsai, pembahasan yang lebih mendalam tentang bonsai, arti bonsai, asal-usul bonsai, proses bonsai, teknik pembentukan bonsai dan perawatan bonsai. Pohon dengan bentuk yang unik, kaya akan nilai seni yang tinggi sehingga masing-masing bentuknya memiliki arti tersendiri.

Semakin tua, unik dan indah bonsai, maka akan mempengaruhi nilai jual bonsai. Oleh karena itu harga bonsai sangatlah beragam dari mulai bibit bonsai hingga yang sudah matang bernilai jual hingga Rp. 2 miliar bahkan lebih. Wow sungguh harga yang sangat fantasis kan?

Mengenal Arti, Asal-Usul, Proses, Teknik Pembentukan dan Perawatan Bonsai
Mengenal Arti, Asal-Usul, Proses, Teknik Pembentukan dan Perawatan Bonsai

Arti Bonsai:

Bonsai adalah pohon atau tanaman yang dikecilkan/dikerdilkan pada media pot yang kecil, dangkal atau ceper, sehingga akan terlihat seperti pohon miniatur dari bentuk asli pohon yang besar dan tua di alam bebas.

Asal-Usul Kata Bonsai:

Bonsai merupakan penggabungan dua kata yaitu bon dan sai, bon adalah pot dangkal atau ceper sedangkan sai adalah penanaman.

Proses Bonsai:

Pemeliharaan pohon atau tanaman di pot dangkal atau ceper dengan pembentukan dahan, daun, batang dan akar, bahkan pot dangkal atau ceper sebagai wadahnya menjadi pelengkap keseluruhan bentuk pohon atau tanaman bonsai yang unik dan memiliki nilai seni yang sangat tinggi.

Teknik Pembentukan Bonsai:

Tanaman atau pohon yang normal akan dibentuk dengan cara pemangkasan dan pemotongan tanaman, kemudian pada bagian pengawatan akan dilakukan pada batang, cabang, dahan dengan dililit agar bisa dibengkokkan sesuai bentuk yang diinginkan. Sedangkan pada akarnya bisa dipadukan batu sebagai dudukannya, agar terlihat akan yang lebih menonjol.

Perawatan Bonsai:

Agar memiliki bonsai yang sesuai dengan keinginan, maka perawatan rutin merupakan hal wajib yang harus dilakukan seperti; pemberian pupuk, pemangkasan (memotong ranting dan akar), pembentukan tanaman (pengawatan), penyiraman hingga penggantian pot juga tanah.  

Baca Juga : Macam Macam Bentuk/Model/Style Bonsai dan Artinya

Nah, dengan pengenalan tersebut mudah-mudahan kita dapat sedikit lebih mengenal tentang bonsai. Pengenalan ini hanyalah pembukaan wacana dalam mengenal bonsai, karena masih banyak lagi bisa dibahas tentang bonsai yang unik dan bernilai seni yang tinggi ini.

Bagaimana apakah Anda berniat memiliki bonsai?

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Kumpulan Kata Kata Lebay

Kumpulan Kata Kata Lebay

DedyAkas.com. Yuk kepoin kumpulan kata kata lebay, kata kata yang super gombal, kata kata yang …

2 comments

  1. Saya pernah menanam tanaman bonsai, sekitar tahun 80-an. Saat lagi heboh dan ngetrend. Saat itu harga tanaman bonsai memang sungguh luar biasa. Tapi kalau menurut pengamatan saya, kini tampak sepi.

    • Sekarang bonsai dilestarikan dan dibudidayakan oleh para pegiat komunitas bonsai, selain itu juga diadakan kontes bonsai secara rutin…
      Mudah-mudahan bisa heboh lagi seperti dahulu kala…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *