Home > Artikel > Mendaftar Blog atau Website Gratis

Mendaftar Blog atau Website Gratis

Hai, para sahabat DedyAkas.com, pada artikel kali ini Dedy Akas Website akan berbagi informasi cara mendaftar blog atau website gratis. Referensi, panduan, cara, tips and tricks ini ditujukan untuk para pemula yang berkeinginan membuat blog atau website gratis. Disini akan dibahas cara mendaftar blog atau website gratis pada platform blogspot atau layanan gratis dan blogspot.

Arti Blog dan Website

Pada umumnya website merupakan sebuat situs web di internet. Dalam bahasa Inggris disebut website sedangkan dalam bahasa Indoenesia disebut situs web atau biasa disebut sebagai blog. Akan tetapi blog merupakan bagian dari website, yang berarti weblog. Yaitu situs yang menggunakan anak domain atau subdomain dari website itu sendiri. Website memiliki top level domain atau disingkat TLD, misalnya www.dedyakas[dot]com, sedangkan untuk blog lebih seperti buku harian dengan memakai subdomain, misalnya www.dedyakas.blogspot.com, sekarang akan lebih dirinci lagi mengenai blog. “Nama Blog” merupakan subdomain dan “Blogspot” adalah domain. Seiring dengan perkembangan dunia internet, ketika melihat blog atau website mempunyai tingkat kesamaan yang sangat banyak.

Sehingga fungsi dari masing-masing blog atau website sudah semakin sulit dibedakan. Walaupun blog adalah subdomain yaitu anak dari domain, namun bisa menjadi besar pembangunannya yang hampir mirip seperti website. Bahkan blog sekarang sudah banyak sekali yang mempunyai tampilan yang bagus-bagus. Akan tetapi untuk website tetap memiliki Top Level Domain, dimana untuk tingkatannya memiliki posisi teratas, karena memiliki nama domain sendiri.

Blog atau website bisa diisi dengan artikel, gambar, video, mp3, aplikasi, layanan free download, situs tempat, situs perusahaan dan banyak lagi yang lainnya. Bahkan hanya dengan melalui blog atau website saja pengunjung bisa mengeksploitasi sesuatu yang dicari dan menemukan/mempelajari dengan secara jelas atau bahkan secara detail.

Dedy Akas Website Mendaftar Blog atau Website Gratis

Blog dan Website yang Bermanfaat

Pada mulanya pemilik blog dan website membuatnya hanya dengan iseng-iseng saja, dengan tujuan mem-posting artikel-artikel seperti buku harian, keterangan mengenai suatu organisasi, perkumpulan, perusahaan dan lain sebagainya. Dan semakin berkembanganya teknologi dan internet, sekarang pemilik blog atau website sudah mulai mengembangkannya untuk digunakan sebagai penghasil uang. Salah satu contohnya “blog” yang merupakan platform gratis dari blogspot yang sudah sangat banyak dipakai oleh para blogger, dan sudah banyak juga berpenghasilan yang boleh dibilang lumayan, dan ketika blog sudah populer dan sudah menjanjikan sebagai penghasilan biasanya para blogger akan merubah subdomain menjadi domain sendiri, bahkan sudah banyak juga yang beralih ke domain dan hosting yang berbayar.

Sepotong Sejarah Blogger

Blogger pertama kali diluncurkan pada tanggal 23 bulan Agustus tahun 1999, oleh perusahaan pendirinya yaitu Pyra Labs. Perusahaan ini didirikan oleh Evan Williams dan Meg Hourihan, yang akhirnya pada tahun 2003 dibeli oleh Google. Dahulu sebelum blogger di beli oleh Google banyak fitur-fitur premium yang berbayar, namun setelah di beli oleh Google akhirnya fitur-fitur tersebut digratiskan. Selanjutnya Team Google mendesain beberapa fitur-fitur blogger menjadi semakin familiar sehingga user friendly dan mudah digunakan. Sekarang Blogger merupakah salah satu blog gratis terbesar di dunia.

Cara Mendaftar Website Gratis

Ini adalah salah satu contoh untuk membuat blog atau website secara gratis dengan maksud untuk memposting artikel-artikel, gambar, video, mp3, aplikasi, layanan free download, situs tempat atau juga situs perusahaan.

Untuk memulainya bisa mengikuti panduan, cara, tips and tricks dibawah ini :

  1. Mendaftar di blogspot harus mempunyai email dari Google, oleh karena itu diharuskan untuk mendaftar email dari Google melalui Google Mail atau Gmail. Bagi yang belum mengetahuinya bisa mengikuti panduan, cara, tips and tricks mendaftar di Gmail.
  2. Selanjutnya jika sudah memiliki email, bisa lanjut mendaftar ke blogspot melalui situs resmi.
  3. Masukkan nama “Judul” dan “Alamat” blog yang akan dibuat. Biasanya pada tahap ini pembuat blog akan menggunakan nama “Judul” yang unik sehingga akan terlihat menarik dan mudah diingat. Sedangkan untuk “Alamat” akan menjadi “http//namajudulblog.blogspot.com”.

Catatan: Sekarang sudah banyak sekali judul blog yang sudah dimiliki oleh pemilik lain, oleh karena itu buatlah judul blog dengan seunik mungkin, sehingga belum dimiliki oleh orang lain.

  1. Langkah berikutnya adalah memilih salah satu tema (theme) atau template yang sudah disediakan oleh blogspot. Template memiliki arti sebagai bentuk dari desain sebuah blog. Pembuat blog bisa memilih salah satu template yang sudah sediakan oleh blogspot.
  2. Jika memilih, langkah selanjutnya adalah klik “Buat Blog” dan akhirnya blog sudah jadi.
  3. Selanjutnya adalah mem-posting artikel-artikel yang menarik. Dengan cara klik “Entry Baru”, pertama membuat judul dari sebuah artikel, kemudian membuat konten yaitu isi dari judul artikel tersebut.
  4. Selanjutnya akan ada juga fitur untuk menambahkan gambar, video dan lain sebagainya.
  5. Jika dirasa sudah siap, maka selanjutnya adalah klik “Publikasikan”. Jika sampai tahap ini sudah berhasil, maka pembuat blog akhirnya sudah memiliki blog sendiri dan mempunyai artikel-artikel yang telah dibuat dari hasil karangan sendiri.
  6. Selesai sudah Referensi, panduan, cara, tips and tricks mendaftar blog atau website gratis.

Catatan Pertama :

Buatlah artikel-artikel yang menarik dan bermanfaat, karena setiap artikel-artikel yang sudah dibuat bisa dilihat dan bicara oleh para pengguna internet diseluruh dunia.

Dikarenakan dari awal sudah memulainya dengan memposting artikel-artikel buatan sendiri dan bermanfaat, oleh karena jika artikel sudah banyak, maka blogger bisa mendaftarkan blog tersebut untuk di-monetize yang mana nantinya akan mengahasilkan uang.

Jika tertarik dengan monetize maka blogger bisa mendaftarkan melalui Google Adsense.

Catatan Kedua :

Untuk melangkah ke arah menjadikan blog sebagai sumber penghasil uang, blog tersebut harus mengikut peraturan-peraturan yang sudah dibuat dan ditetapkan oleh Googel Adsense, dan tidak boleh dilanggar. Jika hanya sekedar iseng-iseng mendaftarkan akun ke Google Adsense, maka hasilnya sudah pasti tidak maksimal alias ditolak, namun jika memang berniat serius mendaftar, maka bacalah terdahulu peraturan-peraturan yang sudah ditetapkan oleh Google Adsense.

Catatan Ketiga :

Adsense ini merupakan cara mudah mencari uang dari blog. Sudah banyak sekali para blogger mendapatkan penghasilan uang, bahkan sudah banyak yang merintis sebuah blog atau website dan menekuninya sebagai sumber penghasilan utama dalam mencari uang sehingga menjadikannya sebagai pekerjaan sehari-hari.

Sumber referensi by Indri Lidiawati Pemilik Blog atau Website : juragancipir.com

Baca Juga : 7 Panduan Cara Membuat Blog Gratis Menghasilkan Uang

Selamat mencoba!!!

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di Dedy Akas Website.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Tebakan Jitu Miyabi Skor 2-0 Untuk Indonesia, Sekarang Viral Dengan Hastag #miyabi

Tebakan Jitu Miyabi Skor 2-0 Untuk Indonesia, Sekarang Viral Dengan Hastag #miyabi

DedyAkas.com – Tebakan Jitu Miyabi Skor 2:0 Untuk Indonesia, Sekarang Viral Dengan Hastag #miyabi. Di …

2 comments

  1. ud kuta beton

    saya belum faham bos.. bisa di bimbing ato dibantu bagaimana caranya supaya bisa mebuat blog ?

    • Coba cek satu persatu, artikel yang saya punya, disana sudah banyak dibahas tentang panduan cara membuat blog atau website… 😀
      (jangan patah semangat, yang penting tetap terus berusaha… 😀 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *