Home > Artikel > Membuat ID Card Ternyata Sangat Murah

Membuat ID Card Ternyata Sangat Murah

Membuat ID Card Ternyata Sangat Murah. ID Card berbentuk kartu atau tanda pengenal dengan istilah umum disebut dengan kata “kartu identitas”.

Pada ID Card tersebut, umumnya terdapat logo, nama, jabatan/divisi, nomor, dan tanda penguat lainnya. ID Card berfungsi sebagai kartu identitas, bahwa dia adalah karyawan pada perusahaan atau kantor, agar terkesan rapi dan formal.

 

ID Card atau Identity Card dalam bahasa indonesia artinya adalah Kartu Pengenal.

 

Kartu Identitas
Kartu Identitas


ID Card

Dengan berbahan PVC, agak kaku namun kuat juga agak lentur dan tahan lama. ID Card seringkali terlihat di berbagai kantor, dan sudah sangat umum dimiliki oleh orang yang bekerja kantoran.

 

 

Membuat ID Card ternyata sangat murah, walaupun murah untuk kualitasnya terbilang bagus. Oleh karena itu, bagi siapapun sebenarnya bisa membuat ID Card ini, hanya yang membedakan adalah legalitasnya, seperti; Nomor Anggota, Tahun Berlaku, Nama PT, Perusahan, Kantor, Instansi tertentu dan lain sebagainya. Dimana hanya akan didapat jika telah bekerja di tempat tersebut atau telah mendapat izin dari instansi tersebut.

 

Oleh karena membuat ID Card ternyata sangat murah, maka penampakan-penampakan ID Card yang ada, boleh dibilang sudah sangat lumrah, hanya saja yang membedakan atau hal perlu diperhatikan adalah keabsahannya, apakah dia benar-benar pemilik kartu yang sah.

 

Kartu Identitas Elektronik:

Electronic Identity Card atau e-IC, merupakan dokumen berbentuk kartu yang dikeluarkan oleh instansi tertentu, seperti E-KTP, dimana ada terdapat identitas dicetak dipermukaan kartu dengan penambahan sebuah microchip juga kode-kode tertentu.

 

 


Kartu Magnetik:

ATM

Kartu Proximity (Mifare); contoh: kartu akses untuk membuka pintu.

 

Beberapa fungsi dari ID Card:

  1. Identitas nama dan photo pada kartu.
  2. Membuat pemakainya terlihat formal dan rapi juga kesan positif.
  3. Tanda pengenal karyawan sesuai dengan jabatan divisi.
  4. Membuat perbedaan antara karyawan dan non karyawan
  5. Berfungsi sebagai presensi.
  6. Access control
  7. Alat promosi.

 

Dikarenakan harganya yang sangat murah, belakangan banyak dipakai untuk acara-acara tertentu seperti kegiatan yang memiliki struktur kepantiaan.

Note:

Untuk harganya silahkan cari tahu ke percetakan ID Card ya… hehe 😀 (biasanya ada yang terima satuan, namun ada juga meminimalkan pembuatannya).

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Makanan Anak 1 Tahun Pendamping Minum Susu (Image By Pixabay)

Makanan Anak 1 Tahun Pendamping Minum Susu

Minum susu sudah menjadi kebutuhan pokok anak satu tahun. Namun demikian minum susu tidak selamanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *