Home > Artikel > Manfaat Pemangkasan Tanaman

Manfaat Pemangkasan Tanaman

DedyAkas.com – Manfaat Pemangkasan Tanaman. Pembahasan kali ini kita Go Green dulu ya… yaitu pembahasan tentang manfaat pemangkasan tanaman. Lalu pertanyaan-pertanyaan apa saja yang kerap kali muncul ketika pegiat tanaman memangkas tanamannya? Biasanya pertanyaan tersebut adalah Apa manfaat pemangakasan untuk tanaman atau Apa peran pemangkasan bagi produktivitas tanaman

Pemangkasan Pohon Asam
Pemangkasan Pohon Asam

Pertanyaan pertama; Apa manfaat pemangkasan tanaman

Jawaban: Manfaatnya adalah agar tanaman tidak tumbuh terus memanjang atau meninggu, seperti pemangakasan pada batang atau cabang yang dirasa perlu pangkas.

Pertanyaan kedua; Apa peran pemangakasan bagi produktivitas tanaman?

Jawaban: Pada cabang atau batang pohon yang dipangkas nantinya akan mengeluarkan tunas lebih dari satu, ini artinya tanamanya akan terlihat memiliki percabangan lebih banyak sehingga akan terlihat rimbun atau lebat juga terihat lebih sehat.

Pertanyaan ketiga; Kenapa ada batang yang tidak dipangkas, sedangkan pada batang lainnya dipangkas?

Jawaban: Hal demikian terjadi karena, batang atau cabang tersebut belum terlalu besar, atau masih dalam proses pertumbuhan, sehingga dibiarkan tumbuh liar dan memanjang, dimana nantinya batang/cabang tanaman tersebut tumbuh besar atau selaras, hingga kemudian terjadi pemotongan untuk menghasilkan besaran batang yang simbang.

Latar Belakang Pemangkasan Tanaman:

Tanaman akan terus tumbuh liar, banyak tumbuh percabangan yang tidak seharusnya, percabangan menjadi tidak teratur hingga akhirnya tidak berbentuk indah. Hal inilah yang kemudian melatarbelakangi kenapan pemangkasan tanaman harus diperlukan. Pada umumnya tanaman yang tidak dipangkas adalah tanaman tumbuh memanjang ke arah atas dengan batang atau cabang tunggal.

Penjelasan tentang tunas tanaman yang terkena pangkas:

Tunas ujung adalah tunas yang berada pada ujung tanaman, pada tunas inilah yang nantinya menjadi cikal bakal tanaman terus meninggi ke arah atas, hal ini disebut dengan dominasi apikal (tunas ujung), nah dari hal inilah yang kemudian timbul istilah pemangkasan tanaman, dengan terjadinya pemangkasan inilah maka akan banyak muncul tunas baru disamping, umumnya terjadi penumbuhan tunas-tunas baru pada ketiak batang tanaman. Sedangkan hal lainnya adalah untuk membuat tanaman menjadi serasi, pertumbuhan menjadi lebih ideal. Sebab akibat ini juga bisa menjadi tanaman terkena matahari secara langsung dengan sempurna.

Dahan dan ranting yang perlu dipangkas:

Pertumbuhan dahan dan ranting yang tidak beraturan bahkan bersilangan tidak tentu arah, maka akan membuat beberapa daun tidak terkena matahari secara langsung, hingga menimbulkna parasit bagi tanaman secara keseluruhan, karena tidak terjadi proses fotosintesis. Hal ini juga akan menyebabkan ketidak seimbangan tanaman dalam memunculkan bunga atau buah. Sehingga bunga atau buah yang dihasilkan tidak seimbang atau tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Oleh karena itu dahan dan ranting yang perlu dipangkas adalah yang tumbuh tidak beraturan, setelah dahan dan ranting dipangkas maka tanaman akan mendapatkan sinar matahari yang merupakan sumber energi utama dan dapat menembus semua bagian tanaman, akan terjadi iklim mikro yang seimbang, mengurangi lembab yang berlebihan, juga dapat meminimalisir pertumbuhan jamur dan organisme pengganggu lainnya. Dengan demikian jika dahan dan ranting dipangkas secara benar, sesuai dan seimbang maka akan menghasilkan pertumbuhan yang lebih optimal.

Pemangkasan dahan dan ranting tanaman
Pemangkasan dahan dan ranting tanaman

Bagaimana? Apakah tanaman anda sudah dipangkas?

Baca Juga:

Inilah 3 Jenis Pohon Yang Paling Sering Dijadikan Bonsai

Kumpulan Foto Foto Bonsai

Perawatan Bonsai

10 Bonsai Terindah Di Dunia, Salah Satunya Berusia 800 Tahun

Macam Macam Bentuk/Model/Style Bonsai dan Artinya

Mengenal Arti, Asal-Usul, Proses, Teknik Pembentukan dan Perawatan Bonsai

Taman Mini di Dalam Toples Kaca itu Disebut Terarium

Fungsi Lidah Buaya Bagi Kulit

Demikianlah artikel tentang: Manfaat Pemangkasan Tanaman. Semoga mendapatkan pencerahan.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Tebakan Jitu Miyabi Skor 2-0 Untuk Indonesia, Sekarang Viral Dengan Hastag #miyabi

Tebakan Jitu Miyabi Skor 2-0 Untuk Indonesia, Sekarang Viral Dengan Hastag #miyabi

DedyAkas.com – Tebakan Jitu Miyabi Skor 2:0 Untuk Indonesia, Sekarang Viral Dengan Hastag #miyabi. Di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *