Home > Artikel > Makanan Anak 1 Tahun Pendamping Minum Susu

Makanan Anak 1 Tahun Pendamping Minum Susu

Minum susu sudah menjadi kebutuhan pokok anak satu tahun. Namun demikian minum susu tidak selamanya digemari oleh si kecil padahal sumber gizi sangatlah banyak pada susu yang diminum. Untuk mengakali hal tersebut, si kecil dapat diberikan oleh bunda makanan yang dapat mendampinginya sambil minum susu. Meskipun cukup berpengaruh dalam menemaninya minum susu, makanan anak 1 tahun ini perlu diperhatikan dengan baik agar makanan tersebut tidak berbahaya bagi si kecil.

Makanan Anak 1 Tahun Pendamping Minum Susu (Image By Pixabay)
Makanan Anak 1 Tahun Pendamping Minum Susu (Image By Pixabay)

Seperti yang telah dibahas, selain susu dan makan utama yang diberikan oleh bunda kepada si kecil yang biasanya diberikan tiga kali sehari, si kecil juga memerlukan makanan lain untuk mendukung kecukupan nutrisinya. Maka dari itu ada beberapa tips yang dapat dilakukan oleh si bunda tatkala hendak memberikan makanan tersebut kepada si buah hati. 

Di bawah ini kami sajikan beberapa manfaat dan tips dalam memberikan makanan anak 1 tahun sebagai pendamping si kecil tatkala minum susu.

1. Menjaga Pola Makan Seimbang

Memberikan makanan tambahan merupakan suatu proses penting yang dilakukan dalam memperkenalkan pola makan bergizi kepada si buah hati. Meskipun hanya makanan pelengkap, si bunda tetap harus memperhatikan makanan tersebut, Pilihlah yang bergizi seperti roti gandum dengan tambahan selai kacang dan pisang yang telah di iris. Selain meminum susu si kecil juga disarankan untuk meminum yogurt rendah lemak, puding, atau keju demi mencukupi kebutuhannya akan kalsium.

2. Memberikan Tambahan Energi

Kita semua tahu bahwa makanan yang dicerna akan menjadi energi. Si kecil yang aktif tentunya membutuhkan energi yang lebih. Maka dari itu selain makanan utama, camilan yang memberi tambahan energi sangat bermanfaat untuk si kecil. Pemberian tambahan makanan tersebut selain mencegah si kecil dari kelaparan juga bermanfaat untuk energi yang akan digunakan selama beraktifitas seharian. Maka dari itu dukunglah eksplorasi dan stimulasi si kecil secara maksimal dengan memberikan camilan bergizi seperti beberapa biskuit kelapa. Sangat direkomendasikan biskuit yang berbahan dari gandum karena kaya akan serat pangan inulin yang bermanfaat untuk menghindari lonjakan gula darah.

Pilih Kudapan dengan Bijaksana

Tambahan makanan pokok si bayi sebagai pelengkap minum susu dan sebagainya seperti yang telah dijelaskan harus tetap mengandung nutrisi. Nutrisi tambahan yang dibutuhkan ini seperti mineral, serat pangan inulin, dan vitamin. Sang ibu harus memperhatikan dengan baik untuk menjauhkan si kecil dari camilan tinggi gula, kalori, dan lemak. Sebab, makanan tersebut dapat merusak pola makan sehatnya, selain imemicu risiko terjadinya obesitas sejak dini. Maka dari itu ibu harus berupaya menyajikan tambahan makanan yang lezat, penuh warna, dan bervariasi agar dapat menarik perhatian si kecil dan menjadi tertarik untuk memakannya. 

Tanamkanlah kebiasaan dan pola makan yang bergizi pada si kecil dengan pemberian makanan anak 1 tahun yang sesuai serta memiliki gizi. Berikan susu yang dapat mendukung pertumbuhan si kecil. Susu yang bermanfaat untuk pertumbuhan si kecil adalah yang memiliki komposisi bakteri baik Bifidobacterium longum dan Lactobacillus rhamnosus, Serat Pangan Inulin, Vitamin A, C, E, dan mineral Selenium, serta Zink demi membantu dan mendukung pertumbuhan yang optimal untuk si Kecil. Kombinasi camilan bergizi dengan segelas susu pertumbuhan ini dapat membuat si kecil tetap semangat dan tidak mudah lelah tatkala bermain bersama teman-temannya. Dengan pemberian makan dan minum yang diperhatikan dengan baik oleh si bunda maka dapat berpengaruh besar terhadap pertumbuhan si kecil.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

5 Aksesoris Sound System Analog

Yuk Simak 5 Aksesoris Sound System Analog Berikut Gambarnya

DedyAkas.com – Yuk Simak 5 Aksesoris Sound System Analog Berikut Gambarnya. Salam gembira ria semuanya, …

4 comments

  1. Artikelnya pas banget buat mama muda yang baru punya anak.

    Memang anak 1 tahun seneng senengnya minum susu. Dan harus di dampingi dengan makan makan bergizi biar seimbang gitu…

  2. Kalau ponakan saya biasanya roti gandum yang dilebur dengan air atau ditambah dengan susu.
    Ya kadang puding juga.

  3. jadi pengn cepet2 punya anak hhh

  4. memang butuh banget susu bagi perkembangan si kecil. dengan nutrisi yg mencukupi anak bisa tumbuh dgn hebat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *