Breaking News
Home > Handphone > Lakukan Hal Ini Jika Tidak Ingin Menyesal Hape Bootloop

Lakukan Hal Ini Jika Tidak Ingin Menyesal Hape Bootloop

DedyAkas.com – Lakukan Hal Ini Jika Tidak Ingin Menyesal Hape Bootloop. Permasalahan untuk hape-hape tipe lama, namun harus menggunakan aplikasi-aplikasi terbaru dan ter-update membuat pemilik hape keluaran dengan memory kecil harus garuk-garuk kepala. Gimana tidak? karena hape selalu muncul peringatan “ruang penyimpanan hampir habis, sebagian sistem mungkin tidak berfungsi dengan baik”.

Lakukan Hal Ini Jika Tidak Ingin Menyesal Hape Bootloop
Lakukan Hal Ini Jika Tidak Ingin Menyesal Hape Bootloop

Hal ini tidak boleh dianggap sepele, karena bisa mengakibatkan hape menjadi nge-henk. Oleh karena itu lakukan hal ini jika tidak ingin menyesal hape bootloop :

  1. Jika hape sudah sering nge-heng atau macet atau not respon, maka hape tersebut sudah harus dilakukan tindakan lebih lanjut, seperti menghapus cache-cache aplikasi.
  2. Namun jika sudah hapus cache namun memori yang penuh hanya berkurang beberapa MB (megabyte) saja, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah penghapusan aplikasi yang jarang dipakai atau aplikasi yang dianggap kurang penting. Jika sudah dilakukan namun ternyata masih banyak aplikasi penting yang harus dipakai, sehingga hanya mampu mampu menghapus satu atau dua atau tiga aplikasi saja. Sehingga memori kosong pun masih kurang lega. Silakan lanjut ke tahap berikutnya.
  3. Cek keluaran penyimpanan dari hasil foto dan video apakah tersimpan di internal atau ke memory card. Jika sudah sesuai tersimpan di memory card, lalu kenapa memori internal begitu besar pemakaiannya? Padahal aplikasi sudah dicek semua berikut cache sudah dibersihkan juga, lalu pakai memory ekternal juga untuk penyimpanan hasil video dan foto. Hal ini perlu sekali diwaspadai. Karena dari hasil point 1 dan 2, hanya mampu mengurangi beberapa Megabyte saja, belum sampai Gigabyte, sedangkan agar aplikasi berjalan dengan lancar diperlukan space yang lebih besar lagi. Lanjut ke point berikutnya.
  4. Pakai cara ini : Cara Terakhir Melacak dan Membersihkan Memori Hape Yang Sering Penuh. Yaitu dengan mencari folder yang mengandung file berukuran besar. Karena disitulah sarang penyakitnya dan perlu dimusnahkan. Akan tetapi jika cara ini tidak dilakukan, bisa pakai cara berikutnya.
  5. Reset Factory adalah cara yang paling simpel, namun ribet pada akhirnya. Simpelnya karena dalam sistem sudah tersedia menu pengaturan untuk reset factory (kembali ke setelan pabrik). Namun untuk penyelesainnya sampai finish, haruslah banyak setting ini itu dan kembali install aplikasi tambahan yang diperlukan. Oleh karena itu jangan sampai lupa password, email, dan user name.

Lalu apa yang terjadi jika hape yang sering memberikan notif memory penuh, namun tetap diabaikan atau dibiarkan saja? Hal yang akan terjadi adalah sistem hape akan error atau sering disebut juga dengan bootloop, tanda-tandanya adalah hape sering berhenti sendiri (nge-henk), hingga sampai kejadian hape restart sendiri dan tetap diabaikan hingga akhirnya bootloop.

Lakukan Hal Ini Jika Tidak Ingin Menyesal Hape Bootloop – Reset Factory

Jika sudah bootloop sepertinya untuk utak-atik aplikasi atau cache atau mencari pemakan memori yang besar, sudah agak sulit, karena sistem akan sering berhenti atau macet. Jika merasakan hal seperti ini maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan reset factory, sudah tidak ada cara lain selain reset factory.

Pengabaian terakhir adalah, jika hape sering macet beroprasi, sering restart sendiri, dan muncul menu bootloop, namun tetap diabaikan, maka yang akan terjadi adalah hape anda tidak akan mampu lagi loading untuk masuk ke menu seperti sedia kala. Ini artinya 99% hape sudah tidak dapat diselamatkan, karena yang rusak bukan lagi sistem software, melainkan sistem hardware-nya. Paham kan, kalau sudah hardware lalu dibetulkan seperti kanibal gitu, umurnya bisa berapa lama? Jika masih bisa diselamatkan seperti cara itu, maka saran saya adalah segera jual hape tersebut walaupun ditawar dengan harga yang murah. Karena memang sudah tidak bisa laku tinggi karena umurnya sudah bisa di tebak, kapan dia koit.

Tips :

Untuk hape nyalanya cuma sampai diawal saja, lalu restart lagi dan restart lagi secara terus menurus, maka untuk mengeluarkan menu reset factory adalah dengan cara menekan tombol power dan tombol volume secara bersamaan. Untuk tombol volume bisa coba salah satunya yaitu volumen – atau volume +.

Baca Juga :

Ini Dia Aplikasi Untuk Bermain Saham di Windows Komputer dan di Android Hape

5 Merek Handphone Paling Banyak Dipakai

5 Handphone Termahal di Dunia

5 Aplikasi Handphone Paling Sering Dipakai

5 Cara Mengatasi Handphone Kepanasan

Sahabat Blogger Bisa Ngeblog Pakai Handphone

Web WhatsApp: Sering Pakai? Apakah Sudah Menggunakan Dengan Benar?

Cara Menyambungkan Internet dari Android ke Komputer Dengan Kabel Data

Nih Dia Samsung Galaxy Tab A (2019, 8″) Dengan Harga 2 Juta, Spesifikasinya?

Redmi Note 8 Pro Pertama di Indonesia 64MB Quad Kamera, Yuk Kepoin Spesifikasi dan Harganya

Simak Cara Menyadap WhatsApp Orang Lain

Cara Menggunakan WhatsApp Web di Komputer Lengkap dengan Gambar

Demikianlah artikel tentang : Lakukan Hal Ini Jika Tidak Ingin Menyesal Hape Bootloop.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

9 Situs Download Subtitle Indonesia Terbaik 2021 - Pixabay

9 Situs Download Subtitle Indonesia Terbaik 2021

DedyAkas.com – 9 Situs Download Subtitle Indonesia Terbaik 2021. Situs download subtitle adalah situs untuk …

One comment

  1. Kalo udah bootloop trus udah aja ya siapin duit baru. 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *