Home / Artikel / Kipas Angin Tidak Berputar Sama Sekali Cek Sekring

Kipas Angin Tidak Berputar Sama Sekali Cek Sekring

Kipas Angin Tidak Berputar Sama Sekali Cek Sekring. Sekring atau Fuse merupakan alat elektronik yang berfungsi sebagai pengaman. Pada kipas angin bekerja untuk melindungi kumparan agar tidak terjadi panas yang berlebih. Oleh karena itu jika kipas angin sama sekali tidak merespon ketika di tekan tombol ON, kemungkinan besar sekringnya (fuse) sudah rusak (gosong). Faktor utama yang membuat sekring gosong adalah dikarenakan kumparan dinamo kipas angin yang sudah terlalu panas, sehingg sekring akan gosong (rusak) karena tidak mampu menahan panas yang berlebih tersebut.

 

Agak sulit untuk melacak keberadaan sekring pada kapas angin, dikarenakan bentunya yang relative sangat kecil, juga terkadang diapit menjadi satu pada beberapa kabel ON/OFF juga speed. Di sini diperlukan langkah pembongkaran dinamo kipas angin. Dimana terdapat empat baut pengaman pada posisi belakang dinamo.

 

Kipas Angin Tidak Berputar Sama Sekali Cek Sekring
Kipas Angin Tidak Berputar Sama Sekali Cek Sekring


Note:

Pada langkah pembongkaran yaitu pelepasan bautnya diharuskan ekstra hati-hati, yaitu ketika setelah ketika baut semua sudah terlepas, lalu dibuka rumah dinamo belakangnya, terlihat secara perlahan beberapa kabel penghubung yang berwarna (hitam, biru, putih, merah) akan terlilit oleh sehelai kabel yang menuju ke kumparan dan helai kabel tersebut jangan sampai putus.

 

Biasanya jika sudah seringkali terjadi panas pada kipas angin dan ketika pada waktunya di rusak dan tidak mau hidup sama sekali, maka akan ditemukan sekring yang sudah gosong, berkarat dan berwarna hitam, bahkan kabel lainnya juga yang ikut diapit oleh kabel tis, akan ikut dampaknya dan terlihat seperti gosong.

 

Trick:

Jika benar demikian (fuse sudah gosong), maka tricknya adalah dengan memotong masing-masing dari kabel ujung sekring tersebut. Lalu kemudian masing-masing kabel dari sisa potongan tersebut dililitkan (disatukan) kembali. Jika semua suda OK, sekarang bisa di test langsung dengan menghidupkan tombol power.

 

Note:

Hal ini merupakan trick, jadi sifatnya tidaklah permanent, untuk lebih amannya adalah dengan mengganti sekring tersebut, dan tentu saja harganya juga tidaklah mahal. Jika terus-terusan penggunaan kumparan tersebut tanpa sekring, maka bisa mengakibatkan kerusakan fatal seperti terbakar pada kumparannya.

 

Macam Macam Sekring (Fuse)
Macam Macam Sekring (Fuse)

 

Pengerjaan yang ektra hati-hati bisa memberikan hasil yang maksimal, oleh karenanya diperlukan kesabaran, jika caranya benar, dan memang yang bermasalah hanya pada sekringnya maka, kipas angin Anda akan berputar (hidup) kembali.

Jika cara ini tidak berhasil Anda bisa membaca artikel: Cara Memperbaiki Kipas Angin Dengan Mudah

Namun jika penasaran dengan kabel kipas angin dan ingin mengecek kapasitornya maka silahkan membaca artikel: Cara Menemukan Kerusakan Kipas Angin pada Kabel dan Kapasitor.

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Add My G+ on Dedy Akas Website. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Penting! 5 Kegunaan Kartu Kredit yang Perlu Kamu Ketahui

Penting! 5 Kegunaan Kartu Kredit yang Perlu Kamu Ketahui

Zaman sekarang apa-apa sudah semakin canggih. Teknologi yang kian waktu kian maju membuat segalanya terasa …

6 comments

  1. Ini kipas angin yang seperti apa mas ya kan banyak tuh macamnya

    • Hampir semua jenis kipas angin Mas… umumnya yang diri, duduk dan tembok… rata-rata bisa di cek sekringnya…

  2. Biasanya langsung ke servis

  3. Saya punya kipas angin maspion 3 speed 15 Inch mas dan mati total.Sudah saya cek kapasitornya masih bagus saya cek jalur acnya normal,Prediksi saya ada masalah pada gulungannya tapi mau cek sekringnya susah mas karena nempel kegulungan dan bentuknya kecil.

    • Sekringnya itu Mas…
      Kalau berani resiko sekringnya di putus, lalu sisa kabelnya di satuan lilit langsung… tapi resikonya guluan bisa geseng karena kepanasan… (namun untuk sementara atau ingin memastikan tidak ada salahnya jika dicoba…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *