Home / Artikel / Internet Marketing Sebagai Promosi Bisnis Secara Online

Internet Marketing Sebagai Promosi Bisnis Secara Online

Halllo apa kabar semuanya!! Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu yang berjudul ” Internet Marketing “. Pada Artikel kali ini DedyAkas.com akan membahas tentang manfaat internet marketing untuk promosi bisnis yang pada akhirnya tahap demi tahap akan meningkatkan bisnis ke level yang lebih baik.

Disini akan disinggung bagi yang sudah memiliki bisnis offline, akan tetapi belum menggunakan atau memanfaatkan internet sebagai media promosi dan pemasaran.

Berikut akan diberikan referensi, panduan, cara, tips and tricks internet marketing sebagai promosi bisnis secara online :

  1. Blog atau Website

Dengan membuat blog atau website, maka bisa memperomosikan suatu barang atau produk lewat internet. Disini pengguna blog atau website bisa mendesign jenis atau tipe blog atau website yang nantinya akan dibuat.

Langkah ini sebenarnya untuk yang sudah mengerti tentang dunia blog, sehingga bisa membangun blog atau website dari kerangka blog atau webiste sampai memasukkan gambar-gambar dari barang atau produk yang sudah menanti untuk dipromosikan.

DedyAkas, Artikel, Internet, Marketing, Internet Marketing, Online, Promosi, Promosi Online, Bisnis, Penghasilan, Customer, Pelanggan, Pembeli, Fungsi, Kegunaan, Blog, Website

Namun jika pengguna belum bisa membuat blog atau webiste, bisa menggunakan jasa orang lain untuk membuat blog atau website yang diinginkan. Untuk yang versi ini pemilik blog biasanya harus membayar sejumlah harga yang sudah ditetapkan dan disepakati bersama, begitu juga dengan biaya maintenance-nya.

Akan tetapi jika ingin membuat blog secara gratis, pengguna bisa menggunakan jasa layanan wordpress.com atau blogspot.com, disini jika ada kemauan maka bisa tercipta blog atau website yang diinginkan.

Atau bagi yang boleh dibilang sudah bisa atau sudah biasa, bisa menggunakan blog atau website dengan versi TLD (Top Level Doman), pada versi ini pengguna blog atau website bisa membeli domain dan hosting dengan pembayaran untuk setiap tahunnya, sedangkan untuk harganya sangat bervariasi, bahkan untuk pelayanannya juga sangat bervariasi.

Catatan :

Ada baiknya menggunakan versi yang berbayar, agar terlihat serius di mata para customer atau pelanggan. Dengan menggunakan versi berbayar tidak harus pula dengan biaya yang mahal, sekarang ini sudah banyak jasa layanan pembuatan website yang cukup murah atau boleh dibilang dengan harga yang bersahabat.

  1. Jejaring Sosial

Setelah blog atau website sudah dimiliki, maka langkah selanjutnya adalah membangun promosi blog atau website melalui media jejaring sosial. Berapa contoh jejaring sosial yang dapat difungsikan sebagai promosi dari suatu barang atau produk :

  1. Facebook : Jejaring sosial yang sangat digandrungi anak muda, belakangan facebook ini sudah menganut kearah bisnis yang sangat menguntungkan.
  2. Twitter : Jejaring sosial ini merupakan kompetitor dari jejaring sosial facebook, jejaring sosial ini juga sudah menjurus ke arah bisnis.
  3. Google+ : Google Plus memiliki fungsi yang sangat menguntung, dimana pada jejaring sosial ini, akan didapatkan banyak sekali keuntungan-keuntungan yang didapat.
  4. Dan masih banyak lagi jejaring sosial lainnya yang memiliki fungsi-fungsi untuk membuat promo.

Catatan :

Buatlah komunitas atau group pada jejaring sosial, dikarenakan cara ini disinyalir sangat efektif untuk mempromosikan dan mengenalkan produk atau barang juga mendapatkan pelanggan.

Menurut hasil survey, dengan memiliki jejaring sosial akan mendongkrak rating dan trafic pengunjung secara signifikan, dimana akan terasa perbedaan yang begitu besar antara sebelum punya jejaring sosial dan sesudah memiliki jejaring sosial, jika melakukan secara intensif untuk setiap harinya, maka semakin terlihat untuk hasil yang akan didapatkan.

  1. Iklan

Ini adalah langkah yang paling vital dan prioritas, dimana sebuah barang atau produk harus mempunyai iklan, untuk mengenalkan kepada pengguna secara luas.

Sebagus apapun produk yang Anda miliki bila tidak didukung oleh pemasaran yang baik, maka hasil penjualannya tidak akan bagus”.

Sebetulnya banyak sekali media iklan online yang bisa dimanfaatkan, akan tetapi sebaiknya fokus pada media online yang paling efektif saja. Setelah benar-benar telah berjalan, barulah bisa merambah ke media iklan oline yang lainnya.

  1. Search Engine (Google, Yahoo, Bing)

Ini difungsikan kepada blog atau website untuk pengoptimalan melalui search engine. Jika blog atau website sudah memiliki search engine yang optimal, maka sudah pastikan akan memberikan keuntungan dalam jangka panjang. Dikarenakan kemungkinan besar sebuah blog atau website akan muncul pada halaman utama pada hasil pencarian untuk beberapa kata kunci. Sehingga akan meningkatkan traffic pengunjung dan secara otomatis akan lama kelamaan akan memberikan keuntungan yang sangat menjanjikan. Pada point ini, dibutuhkan pembelajaran yang lebih dalam lagi, demi pengoptimalan SEO (Search Engine Optimization).

Sebenarnya masih banyak cara untuk internet marketing sebagai promosi bisnis secara online, pada point-point yang sudah disebutkan diatas adalah karena pemakaiannya yang umun dan bahkan sangat populer dilakukan oleh para pengguna internet marketer.

Baca Juga : Internet Marketing

Selamat mencoba!!!

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di Dedy Akas Website.

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Add My G+ on Dedy Akas Website. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Pilih Investasi Properti atau Emas, Untung yang Mana?

Properti bisa menghasilkan uang dan investasi yang nyaman. Sedangkan emas punya nilai yang berharga juga. …

2 comments

  1. Kalau di twitter saya jarang promosi, sekali promosi abis itu banyak yg unfollow. Wkwkw

    • Hehehe… yang pentig sudah mencoba… dari pada penasaran…
      Happy blogging aja!!! 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *