Home > Artikel > Hubungan Blogger dengan Komputer

Hubungan Blogger dengan Komputer

Hai-hai para Pengunjung setia DedyAkas.com, apa kabarnya nih? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya… Artikel kali akan membahas tentang “Hubungan Blogger dengan Komputer”.

Sejalan dengan semakin pesatnya perkembangan zaman dan kemajuan teknologi pada saat ini, sudah sangat banyak para pengguna internet yang menggunakan komputer sebagai alat bantunya, salah satunya adalah blogger. Dimana setia aktifitas yang dilakukan sudah pasti berhubungan dengan komputer. Hubungan blogger dengan komputer ini ternyata tidak dapat dipisahkan, dimana ketika para blogger ingin melakukan aktifitas menulis artikel bisa langsung menggunakan komputer sebagai medianya. Sehingga dari hasil penulisan tersebut bisa langsung di simpan, di print, atau bahkan dipublikasikan seperti update artikel pada sebuah blog atau website.

Oleh karena itu dengan adanya komputer, banyak manfaat yang dirasakan untuk meringankan pembuatan tulisan dan dimana tulisan tersebut bisa langsung di ketik, di edit, di delete atau bahkan modifikasi. Hasilnya adanya sebuah tulisan tersebut bisa jadikan sebagai data yang bisa langsung disimpan dimana pada kemudian hari bisa dibuka lagi untuk tujuan seperti editing data dan ngeprint data.

Perkembangan yang serba komputerisasai ini sangat menunjang bagi para blogger pada khususnya dan bagi pengguna khalayak ramai pada umumnya. Komputer mempunyai peranan yang sangat vital, dimana para blogger jika telah selesai menulis sebuah artikel maka data dari artikel tersebut bisa langsung di distribusikan atau dipublikasikan melalui media oline ataupun melalui blog atau website yang mereka miliki.

Hubungan Blogger dengan Komputer - Dedy Akas Website

Untuk sekarang ini, sudah sangat banyak blogger yang mempunyai alat pendukung untuk men-sukses-kan blog atau website yang mereka miliki, banyak ada beberapa blogger memiliki komputer yang lebih dari 1 (satu) dimana pada setiap komputer tersebut sudah memiliki tujuan-tujuan tertentu untuk pengembangan blog atau website yang mereka miliki.

Komputer ataukah Laptop

Untuk menjalankan aktifitas sebuah blog, maka diperlukan komputerisasi, baik itu menggunakan komputer (PC) ataupun menggunakan laptop. Manakah yang paling banyak dipakai oleh para blogger, menurut hemat saya dan pengalaman pribadi saya, memiliki komputer jauh lebih penting, dimana komputer (PC) merupakan sebuah alat pendukung komputerisasi yang sangat bandel dan kuat. Akan tetapi tidak ada salahnya jika para blogger membeli sebuah laptop untuk mendukung kegiatan aktifitas ngeblog, dimana terdapat kekurangan dan kelebihan pada masing-masing penggunaannya.

Kelebihan dan Kekurangan Komputer

  1. Tahan lama dan kuat

Kekurangannya : terdapat suara mesin komputer (bising) terutama pada malam hari, boros listrik dan tidak bisa dibawa kemana-mana. Memiliki body yang rata-rata berukuran besar sehingga diperlukan meja khusus untuk peletakannya.

  1. Memakai layar kaca atau monitor tabung, dimana jika ada kotoran atau jejak tangan seperti sidik jari, bisa dibersihkan dengan berbagai cara. Namun direkomendasikan harus mempunyai layar tipis (LCD).

Kekurangan : boros listrik dan dengan bentuknya yang besar sehingga memakan banyak tempat untuk peletakknya.

  1. Menggunakan keyboard, keyboard tersebut ada yang mengunakan kabel PS2 atau USB atau bahkan WIRELESS. Bagi pengetik yang kasar atau cenderung bisa mengetik dengan cepat, akan terdapat banyak ketukan-ketukan pada huruf-huruf keyboard yang boleh dibilang memiliki guncangan tertentu sehingga ini akan aman karena posisi keyboard dan komputer berjauhan. Bahkan keyboard yang saya gunakan ada beberapa dari huruf-huruf tersebut yang warnanya sudah hilang, sehingga tidak tampak dengan jelas jenis huru harap yang terdapat pada keyboard itu. Beberapa bagian huruf yang benar-benar hilang (terkeruk), sehingga pada bagian huruf yang hilang tersebut akan terlihat sedikit cedok.

Kekurangan : Harus ada tatakan, atau ruang untuk penempatan keyboard.

  1. Mouse yang tahan banting, akan tetapi jangan dibanting beneran ya… mouse pada pada komputer (PC), walaupun penggunaannya terkesan arogan, dengan mengetuk klik kiri atau klik kanan jarang sekali terdapat kerusakan pada mouse tersebut (*jika menggunakan mouse ber-merk).

Kekurangan : sedikit ruang untuk peletakan mouse, agak bisa leluasa dalam eksplorasi penggunaannya.

  1. Kabel : Dari hasil suvery versi saya sendiri, kabel-kabel yang digunakan oleh komputer terutama kabel power, memiliki kekuatan yang sangat lumayan berumur panjang, dimana saya sendiri sudah menggunakan kabel power tersebut sudah lebih dari 10 tahun.

Kekurangan : Akan terlihat lebih semrawut dikarenakan harus memiliki lebih dari dua lubang colokan untuk mendukung pemuatan daya power listrik ke komputer.

Kelebihan dan Kekurangan Laptop

  1. Penggunaan Laptop sangat mobile (bisa dibawa kemana-mana). Bahkan sangat simple penggunaan dimana-pun anda berada jika sempat dan ada sedikit ruang, maka bisa menggunakan laptop tersebut.

Kekurangan : Dengan bentuknya yang semakin tipis, sehingga terlihat agak sedikit ringkih, dimana apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti jatuh, maka sudah dipastikan akan ada bagian yang rusak.

  1. Batteray : Inilah yang mengundang banyak pengguna setianya, dikarenakan laptop menggunakan sumber daya energi (power) dengan menggunakan batteray. Sehingga jika batteray dalam keadaan penuh pengguna tidak perlu lagi mencari colokan listrik.

Kekurangan : Jika laptop tersebut sudah ber-umur, maka sudah dipastikan akan bermasalah dengan batteray-nya dimana para pengguna laptop ini sudah pastikan akan memerlukan colokan listrik untuk menunjang masukknya power ke laptop, baru kemudian laptop tersebut bisa dipakai sebagaimana mestinya.

  1. Layar dan webcam

Setiap laptop memiliki layar dan kamera, apalagi pada produksi-produksi yang sekarang-karang ini, sudah semakin keren dan bagus-bagus untuk layar dan webcam.

Kekurangan : jika terdapat cacat atau dot (titik hitam atau putih), pada layar laptop biasanya lama kelamaan akan mengembang dan membesar. Begitupun dengan kameranya, biasanya untuk webcam akan terjadi gambar yang lama-kelamaan akan menjadi buram dan kurang jelas.

  1. Keyboard pada laptop memiliki ukuran yang sangat tipis, bahkan untuk versi yang sekarang saking tipisnya ukuran keyboard tersebut sehingga pengguna tidak harus mengetuknya dengan keras, pengguna bisa menggunakannya hanya dengan menyetuhnya saja (touch) dengan lembut, maka setiap huruf-huruf yang disentuh tersebut akan keluar.

Kekurangan : dikarenakan bentuknya yang sangat tipis, biasanya akan terjadi beberapa bagian huruf yang ketika di ketuk atau di sentuh tidak mau keluar huruf yang diinginkan. Hal ini bisa saja terjadi dikarenakan bagi pengguna yang tidak menggunakan keyboard protector, maka akan masuk debu atau kotoran, dimana akan mengakibatkan kerusakan pada keyboard tersebut.

  1. Kabel Power dan Adaptor, ini adalah syarat mutlak yang tidak bisa dipisahkan, dimana para pemilik laptop sudah dipastikan akan membawa kabel power dan adaptor di dalam tas laptopnya. Sebenarnya jika batteray dalam keadaan penuh kabel power dan adaptor tidak harus dibawa, dimana jika asumsikan power dari laptop tersebut masih kuat untuk masa pemakaian yang diinginkan. Hal ini akan semakin menguntungkan bagi pemilik laptop, dimana sering terlihat pengguna laptop hanya mengeluarkan laptop saja tanpa mengeluarkan kabel dan mencari colokan listrik. Maka akan terlihat lebih mobile dan dinamis, karena ketika penggunaanya bisa dipindah kesana dan kemari tanpa harus ada kabel yang tersangkut.

Kekurangan : Hal ini akan sangat vital, jika terjadi kerusakan pada adaptor, dimana biasanya untuk ukuran adaptor memiliki voltase yang berbeda-beda, harus sesuai dengan daya power yang diperlukan oleh laptop itu sendiri. Sehingga jika pengguna laptop versi jadul (lama) memiliki adaptor yang sudah rusak, biasanya akan sedikit kesulitan mencari pengganti adaptor karena pembuatannya yang sudah discontinue, sehingga harus mencari adaptor kanibal, atau paling tidak voltase-nya cocok dengan ukuran yang diperlukan oleh si laptop tersebut.

Akhirnya bagi saya pribadi berpendapat hubungan blogger dengan komputer sampai sekarang masih belum bisa dipisahkan antara blogger dengan komputer. Dimana boleh dibilang komputer masih lebih enak untuk dipakai dan bahkan untuk berlama dalam melakukan aktifitas ngeblog demi pengembangan sebuah blog atau website.

Namun pendapat, referensi, panduan, cara, tips and tricks ini bisa saja menjadi kontroversi, sekali lagi referensi artikel diatas hanya menurut versi saya. Jadi jangan terlalu menelan dengan mentah-mentah. Dimana para penggunanya baru akan merasakan kelebihan dan kekurangan setelah mamakainya dengan versi yang berbeda-beda pula.

Happy Blogging!!!

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di Dedy Akas Website.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Arti Door Prize dan Grand Prize

Arti Door Prize dan Grand Prize

DedyAkas.com. Di artikel sebelumnya pernah saya bahas tentang macam macam hadiah door prize, namun pada …

4 comments

  1. betulgan,meskipun ngeblog bisadilakukan menggunkan smartphon,Hp androit ataupun tablet tapi tetapsaja lebih nayaman menggunakan komputer ataupun laptop

    • Sepertinya dari jaman dulu sampai sekarang… komputer (PC) masih menjadi pavorite, buat ngeblog… 🙂

  2. Saya malah kalau nulis lebih nyaman pakai hp mas. 😀
    Tp klo edit css, lebih enak pakai laptop. Hehe
    Tergantung sikon. Hehe

    • Wah… mantaf Mas, sudah bisa memanfaatkan teknologi yang ada… 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *