Home > Tips and Tricks > Email Marketing Sebagai Ajang Pemasaran dan Promosi Online

Email Marketing Sebagai Ajang Pemasaran dan Promosi Online

DedyAkas.com – Email Marketing Sebagai Ajang Pemasaran dan Promosi Online. Email marketing adalah sebuah cara pemasaran yang dipakai oleh para internet marketing dalam memasarkan produk/barang dengan menggunakan email.

Sudah semenjak lama, dari dulu sampai sekarang cara ini masih terus digunakan dan selalu terlihat efektif untuk mendapatkan hasilnya. Sudah banyak para blogger yang menggunakan cara email marketing untuk memperbanyak pengunjungnya.

Email Marketing Sebagai Ajang Pemasaran dan Promosi Online - Pixabay
Email Marketing Sebagai Ajang Pemasaran dan Promosi Online – Pixabay

Walaupun beberapa orang tidak melakukannya, namun bagi yang sudah menggunakannya telah ampuh sebagai alat untuk memasarkan bisnis andalannya. 

Apa Itu Email Marketing?

Menurut Wikipedia.org, email marketing adalah pemasaran langsung dengan mengirimkan pesan komersial untuk sekelompok orang yang menggunakan email.

Sekarang ini, email marketing mulai dikembangkan dengan tujuan untuk Strategi Pemasaran dan Software Selling. Semuanya dijalankan dengan cara kreatif dan inovatif sehingga akan memaksimalkan hasil dari email marketing itu sendiri.

Hingga kini, sering kali terdapat email marketing, dengan isinya yang berbeda-beda namun tujuannya tetap sama yaitu memasarkan atau mempromosikan. Dengan harapan agar yang menerima email mau membeli promosi yang sudah diberikan. Belakangan ini tujuannya sudah memiliki nilai yang lebih, seperti ada nilai interaksi dan edukasi, namun tetap mengutamakan prospek kedepannya yaitu harapannya agar pemasaran dan promosinya bisa laku oleh si penerima email tersebut.

Membuat List Building Para Penerima Email Marketing

List atau daftar para penerima email ini sangat penting untuk dibuat, sebagai cara untuk mensukseskan pemasaran atau promosi. Membuat beberapa si penerima yang sangat berkemungkinan atau yang sangat berpotensial agar menjadi pembeli produk/barang. Hal Ini merupakan sebuah prospek, agar nantinya bisa mem-filter hasilnya dan dapat mempelajari lebih dalam lagi si penerima email manakah yang telah merespon dari hasil email marketing.

Cara Awal Merilis Email Marketing

Buatlah sebuah produk/barang, semisal Anda membuat produk tentang panduan belajar bisnis online. Maka langkah selanjutnya adalah dengan mengirimkan email marketing, untuk perihal pengenalan sebuah produk, agar lebih ter-prospek dan menjurus.

Manfaat Email Marketing  

Pembuatan list building yang tepat akan sangat bermanfaat, karena nantinya sangat berfungsi untuk memaksimal email marketing, karena email marketing bermanfaat untuk mencari target pemasaran dan promosi kepada orang-orang yang ada di daftar list tersebut. Bahkan fakta lainya menyebutkan, juga bisa bermanfaat sebagai partner dalam melakukan bisnis online.

Email Marketing Autoresponder Yang Super Efektif

Cara ini sudah sering saya lihat pada beberapa situs, dengan menggunakan beberapa plugin atau script yang akan memunculkan FORM ISIAN SUBSCRIBE EMAIL dan juga beberapa aplikasi sosial median sebagai pendukungnya seperti; Facebook, Google+, Twitter dan lain sebagainya.

Cara penempatan dan settinggannya pada beberapa situs berbeba-beda, namun untuk maksud dan tujuannya adalah tetap sama yaitu pemasaran dan promosi produk/barang.

Beberapa menggunakan pop-up dan ada juga munculan setelah beberapa detik kemudian. Sedangkan yang SEO FRIENDLY menggunakan via SIDEBAR atau di atas sebelum judul artikel, namun ada juga yang menempatkannya di akhir artikel.

Cara ini sangat efektif sekali, selain mengumpulkan daftar email yang sudah ada, namun juga dapat di filter secara signifikan, agar email yang nantinya diberikan, dapat mengenai sasaran dengan tepat.

Setelah mengisi form formulir pendaftaran dan menyelesaikannya, maka selesai dari itu, kemudian nama email Anda akan terdaftar sebagai seorang akan berlangganan email tentang informasi seputar bisnis online, maka dalam beberapa waktu, Anda akan segera menerima email.

Kenapa Email Marketing Sebagai Ajang Pemasaran dan Promosi Online?

Jika penargetan sudah sesuai yaitu para pemilik email merupakan orang-orang yang setiap harinya selalu menggunakan email, maka pemasaran dan promosi online-pun dapat segera dilakukan dan semoga saja para penerimanya merupakan para pelaku bisnis online atau sejenisnya.

Di Amerika Serikat sendiri merupakan pegiat email marketing tertinggi, sehingga tidaklah heran jika para marketer-nya selalu mengoptimalkan penggunaan email marketing sebagai ajang pemasaran dan promosi online.

Membuat Email Marketing Agar Terlihat Menarik

Beberapa penyedia autoresponder ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Autoresponder sendiri merupakan sebuah aplikasi yang nantinya akan mengelola daripada kegiatan-kegiatan email marketing Anda. Untuk fiturnya juga ada yang umum, namun juga ada yang berbeda-beda, tergantung dari masing-masing developer-nya.

Yang umum disediakan oleh developer autoresponder adalah Banner pengirim pesan.

Jangan lupa untuk mendesain halaman landing page atau bisa juga membuat halaman home page, lalu tambahkan dengan formulir pendaftaran dari autoresponder.

Tambahkan juga beberapa pemikat yang menarik seperti :

Hadiah E-Book Bisnis Online

Video Tutorial Bisnis Online 

Voucher Diskon Bisnis Online

Dan beberapa tawaran menarik lainnya (jangan lupa untuk disesuaikan dengan produk/barang yang akan dipasarkan atau dipromosikan).

Prospek email marketing ini pastinya akan sangat efektif, sehingga untuk langkah selanjutnya adalah langkah nyata yang harus segera Anda lakukan.

Pastikan juga bahwa para pelanggan Anda sudah dikirimi konten atau informasi lainnya yang bermanfaat dan jangan lupa juga untuk diseuaikan dengan pemasaran dan promosi produk/barang-nya.

Baiklah sekian dulu pencerahan dari saya dan jangan lupa untuk berlangganan update artikel terbaru!!!

Demikianlah : Email Marketing Sebagai Ajang Pemasaran dan Promosi Online.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Kiat-Trik-untuk-Membuat-Video-Anda-Terlihat-Lebih-Profesional01

Kiat & Trik untuk Membuat Video Anda Terlihat Lebih Profesional

Jika Anda ingin membuat video yang menarik perhatian, Anda harus lebih dari sekadar orang yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.