Home / Artikel / Dari Nol Menuju Adsense

Dari Nol Menuju Adsense

Artikel ini merupakan kisah perjalanan DedyAkas.com. Hampir semua ilmu yang didapat hanya dengan bermodalkan otodidak. Sebelumnya tidak pernah atau dan mengerti apa itu internet. DedyAkas.com hanyalah seorang lulusan dari sebuah SMK dengan jurusan Otomotif, dimana di pada sekolah SMK itupun, tidak juga mendapatkan pelajaran tentang komputer.

Awal kenal komputer ketika lulus dari sekolah, ketika itu kurang lebih di rentang tahun 1998 ada, orang tua DedyAkas.com membeli satu unit komputer. Akan tetapi komputer itupun bukan diperuntukan untuk DedyAkas.com. Perkenalan awal dengan komputer, hanya diberikan untuk bermain game itupun sarang jarang sekali dimainkan, dikarenakan pada era tahun tersebut, komputer merupakan barang yang terbilang mahal untuk ukuran mayoritas penduduk yang dibawah rata – rata.

Bahkan jika suatu rumah dengan memiliki komputer, maka itu merupakan suatu barang yang mewah. Seiring berjalannya waktu, lama – kelamaan orang – orang di rumah tidak terlalu tertarik dengan barang ini ( komputer ), dikarenakan pengoperasian yang tergolong rumit dimasa itu. Sangat sedikitnya tenaga pengajar untuk komputer, menjadikan komputer sesuatu yang unik untuk dipelajari.

Ditahun 1998 komputer yang dimiliki berbasis Windows 98, dimana pada era tahun sebelumnya hanya berbasis DOS. Untuk yang masih menggunakan DOS, unit komputer itu terdiri dari PC, Monitor dan Keyboard. Sedangkan yang sudah berbasis Windows 98 terdapat hardware tambahan yaitu Mouse. Bahkan ketika DedyAkas.com bekerja pada sebuah perusahaan swasta masih menggunakan sistem operasi DOS dan dengan disket berukuran 5 ½ Inch. Sedangkan untuk komputer yang sudah berbasis Windows 98 ukuran disket mengecil dengan menjadi ukuran 3½ Inch. Pada era tersebut disket laris manis dipasaran, karena untuk keluaran sistem operasi DOS menjadi Windows 98, menjadikan disket ukuran 3½ Inch ini makin banyak diburu bagi pemilik komputer. Pada era tersebut disket merk MAXELL sempat menuduki posis teratas untuk penjualan terlaris dengan kualitas terbaik, diiringi teman sekalibernya yaitu SONY dan Verbatim.

Kisah Hidup-Ku Dengan Komputer

Ketika DedyAkas.com resign dari perusahaan swasta, kurang lebih sekitar tahun 1999. Ketika masih dalam masa menggangur, lebih banyak waktu untuk dirumah. Sedangkan keseharian lalu lalang orang – orang dirumah, hampir tidak terlihat yang memakai komputer, DedyAkas.com melihat komputer di rumah dalam keadaan yang sangat mengenaskan, komputer terlihat tidak terawat dan amat jarang sekali dipakai, boleh dibilang hanya sebagai hiasan saja. Disinilah dimulainya perkenalan yang lebih mendalam antara DedyAkas.com dan komputer. Akan tetapi banyak sekali ditemukan kesulitan untuk pengoperasiannya. Untuk mencari cara pengoperasian komputer, DedyAks.com mencoba men-share pengalamannya dengan komputer. Akan tetapi yang mendapati satu orang saja, yang bisa diajak curhat perihal mengenai komputer. Ada perkataan yang masih DedyAkas.com ingkat sampai sekarang. Beliau mengatakan “Semakin kamu mengerti, maka semakin banyak yang kamu tidak tahu”. DedyAkas.com membutuhkan waktu yang sangat lama untuk memahami kata – kata tersebut. Bahkan masih terngiang sampai sekarang.

Modal Awal

Modal awal DedyAkas.com hanya mengenal Ms. Word, dari sekian banyak yang dimiliki oleh Microsoft Office. Pada Ms. Word ini, menjadikan sebuah wadah, yang memiliki 1000 manfaat yang didapatkan. Bahkan DedyAkas.com meneliti ketika seorang pengguna komputer, jika sudah mampu atau kurang lebih memahami Ms. Word, maka untuk produk Microsoft Office lainnya akan dengan sendirinya bisa memahami. Terdapat menu dan option yang apabila diaplikasikan ke produk Microsoft Office lainnya, memiliki fungsi dan kegunaan yang sama. Walaupun pada produk Microsoft Office banyak, maka setiap produknya memang diperuntukkan untuk sesuai dengan kegunaannya.

Macam Macam Microsoft Office

  1. Microsoft Office Access
  2. Microsoft Office Excel
  3. Microsoft Office Groove
  4. Microsoft Office InfoPath
  5. Microsoft Office OneNote
  6. Microsoft Office Outlook
  7. Microsoft Office PowerPoint
  8. Microsoft Office Publisher
  9. Microsoft Office Word

Disini DedyAkas.com akan mengurutkan dari produk – produk Microsoft Office yang paling sering dipakai oleh pengguna komputer :

  1. Microsoft Office Word : Pada produk Microsoft Ofiice Word ini, merupakan paling terbanyak dipakai oleh penggunna komputer, karenakan pada umumnya para pengguna komputer memakainya untuk mengetik. DedyAkas.com sendiri awalnya mengenal Ms. Word terlebih dahulu sebelum mengenal produk Microsoft Office yang lainnya. Dari hasil pengoperasiannya yang familiar, yaitu bisa untuk mengetik surat pada khususnya.
  2. Microsoft Office Excel : Pada produk Microsoft Office Excel ini, merupakan produk kedua terbanyak dipakai oleh pengguna komputer, setelah Ms. Word. Dengan bermodalkan Ms. Word, maka untuk pengoperasion Ms. Excel beberapa menu dan option-nya sama. Pada Ms. Excel ini lebih banyak diperuntukan untuk hitung – menghitung, akan tetapi tidak menutup kemungkinan di Ms. Excel ini juga bisa digunakan untuk mengetik surat.
  3. Microsoft Office PowerPoint : Pada produk Microsoft Office PowerPoint ini, merupakan produk ketiga terbanyak setelah Ms. Word dan Ms. Excel, yang paling sering dipakai oleh pengguna komputer. Pada Ms. PowerPoint ini, penggunaannya lebih mengarah untuk presentasi, dimana banyak dilakukan untuk presentasi pada saat rapat dikantor ataupun untuk tugas kuliah.
  4. Microsoft Office Outlook : Pada produk Microsoft Office Outlook ini, merupakan produk keempat terbanyak dipakai oleh para pengguna komputer. Akan tetapi Ms. Outlook ini bisa dipakai atau digunakan untuk para pengguna yang mempunyai koneksi internet, dimana nantinya bisa men-setting untuk penerimaan email masuk berikut juga untuk mengirim email.
  5. Sedangkan untuk produk – produk Microsoft Office lainnya, seperti Ms. Access, Ms. Groove, Ms. InfoPath, Ms. OneNote dan Ms. Publisher, menjadi peringkat paling bawah, bagi para pengguna komputer. Untuk beberapa produknya adalah merupakan keluaran dari Microsoft Office 2007. Pada Microsoft Office 2007 sendiri, menambahkan Folder-nya yaitu Microsoft Office Tools sebagai keluaran tambahan dari versi-nya. Akan tetapi Microsoft Office terus berkembang dalam memajukan produk – produknya dengan menambahkan versi – versi terbarunya, yaitu salah satu contohnya Microsoft Office 2010 dan lain – lain.

Perjalanan-Ku dengan Ms. Word

Ms. Word memiliki fungsi untuk mengetik surat, dimana dengan fungsi – fungi menu-nya yang akan bisa mempercantik bentuk dari sebuah surat. Disini para pengguna komputer bisa membuat alinea, paragraph, nomor halaman disetiap lembarnya dan masih sekali fungsi – fungsi lainnya yang belum DedyAkas.com sebutkan.

Pada masa itu DedyAkas.com, setiap kali menghidupkan komputer, selalu menggunakan Ms. Word ini sebagai media untuk mengetik, banyak sekali langkah – langkah yang dilakukan pada Ms. Word ini, bahkan sampai sering kali melakukan cross – error dari setiap menu untuk fungsi dan kegunaannya. Semua itu DedyAkas.com lakukan dengan otodidak. Bahkan buku panduan-pun tidak punya. Karena dimasa itu memang tidak memungkinan untuk membeli buku panduan, karena dengan keterbatasan uang yang dimiliki.

Belajar Otodidak

Belajar otodidak memang susah, akan tetapi sangat unik. Dimana setiap manusia dianugerahi oleh Allah SWT dengan kelebihan yang berbeda – beda. Sesuai dengan ketentuan-Nya “Jika berusaha, maka tidak mustahil akan berhasil”.

Belajar otodidak merupakan hal yang sangat mengasyikan untuk dilakukan, karena pada hakekatnya belajar ototidak lebih hebat, dari pada orang yang belajar melalui buku. (Sumber : Pendapat Orang Bijak).

Dengan belajar tanpa arahan, hanya bermodalkan pengetahuan yang sedikit demi sedikit dan terus dikembangkan, maka dengan sendirinya akan terus mengacu kepada keberhasilan dari sesuatu pencapaian dalam mencari atau menelaah dari apa yang ingin dipelajari. Karena ilmu yang didapat dengan belajar sendiri lebih melekat dengan kuat dan tidak mudah dilupakan, berbeda dengan ilmu yang didapat dari pengarahan, karena harus selalui diingat, jika lupa maka ilmu itu akan hilang dengan sendirinya.

Anugerah Terindah Yang Diberikan Allah SWT.

Sudah banyak sekali orang yang mengatakan kepada DedyAkas.com “mata kamu kuat banget, duduk berjam – jam di depan komputer”, maka DedyAkas.com akan menjawab “Ini adalah anugerah yang diberikan oleh Sang Pencipta, Allah SWT”. Dan jika masih ada orang yang mengatakan hal yang serupa, maka orang tersebut merupakan urutan yang ke 1001, yang telah mengatakan hal yang sama kepada DedyAkas.com. Terima kasih-ku kepada Allah SWT, yang telah memberikan anugerah yang terindah.

DedyAkas.com Pernah Bekerja Pada Sebuah Rental Komputer

Dikarenakan sudah menjadi kebiasaan di rumah, selalu terlihat di depan komputer. Ada saudara yang me-referensi-kan DedyAkas.com untuk bantuin jaga rental komputer. Rental komputer dimasa era tahun 1999, pengguna jasa rental lebih sering terlihat bermain game pada komputer yang disewa. Alhasil penyedia jasa rental pun, lebih memperbanyak fungsi – fungsi game, dari pada hardware pendukung untuk pengetikan. Untuk bekerja disini, DedyAkas.com dituntut untuk bisa mengetik.

Mengetik Merupakan Hal Yang Unik

Lama – kelamaan mengetik ini ternyata merupakan hal yang unik. Jari – jemari begitu terlihat indah ketika yang diperhatikan hanya jarinya saja, yang terus bergerak menuju huruf – huruf yang ada pada keyboard. Dimana terlihat hentakan jari jemari pada keyboard terus – terusan bergerak sampai ketikan itu selesai. Untuk menguasai hal ini DedyAkas.com mempunyai cara aneh, agar dapat bisa mengetik dengan 10 jari.

Pelanggan-Ku Menjadi Inspirasi

Begitu indahnya, itulah yang bisa DedyAkas.com katakan. Ketika melihat pelanggan dengan begitu indahnya terlihat jari jemari menghentakkan ke keyboard, tanpa sedikitpun matanya menoleh pada keyboard. Matanya hanya melihat tulisan pada secarik kertas dan sedikit mencuri pandang pada layar monitor untuk sekedar membuat paragraph dan nomor urut. Dan sampai semua ketikan itu selesai, bahkan sampai endingnya untuk mengeprint dari hasil ketikannya, semuanya dilakukan nyaris tanpa menggunakan mouse. Dari sinilah mulai tergugah, sehingga pelanggan-ku menjadi inspirasi. Kalau dia bisa, kenapa DedyAkas.com tidak bisa, itulah yang ada dibenak-Ku.

Dedy Akas Website Dari Nol Menuju Adsense

Dari Nol Menuju Adsense… To be continued…

Happy Blogging!!!

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di Dedy Akas Website.

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Add My G+ on Dedy Akas Website. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Pilih Investasi Properti atau Emas, Untung yang Mana?

Properti bisa menghasilkan uang dan investasi yang nyaman. Sedangkan emas punya nilai yang berharga juga. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *