Home > Artikel > Daftar Jenis Kipas Angin Sesuai Dengan Fungsinya

Daftar Jenis Kipas Angin Sesuai Dengan Fungsinya

Kipas angin, benda elektronik yang satu ini merupakan benda sejuta umat, karena hampir di setiap rumah dapat ditemukan kipas angin, dengan berbagai jenis yang menyesuaikan fungsinya. Oleh karena itu kipas angin ini memiliki banyak jenis, model, ukuran dan kapasitas yang berbeda-beda yang menyesuaikan fungsinya masing-masing untuk letakkan di lantai, di langit-langit, di meja, digunakan sebagai ventilasi, bahkan berinovasi menjadi kipas angin portabel.

Daftar Jenis Kipas Angin Sesuai Dengan Fungsinya
Daftar Jenis Kipas Angin Sesuai Dengan Fungsinya

Berikut adalah daftar jenis-jenis kipas angin:

  1. Kipas Angin Berdiri (Standing Fan)
  2. Kipas Angin Dinding (Wall Fan)
  3. Kipas Angin Langit-Langit (Ceiling Fan)
  4. Kipas Angin Meja (Desk Fan / Table Fan)
  5. Kipas Angin Duduk (Floor Fan)
  6. Kipas Angin Ventilasi (Exhaust fan)
  7. Kipas Angin Multi-Fungsi
  8. Kipas Angin Mini Portabel
  9. Kipas Angin Air Cooler

Pengertian Kipas Angin:

Kipas angin adalah suatu alat elektronik yang bisa menghembuskan angin yang dihasilkan dari putaran baling-baling dengan bantuan dinamo atau motor penggerak. Sesuai dengan jenis dan fungsinya masing-masing kipas angin memiliki berbagai ukuran dari yang kecil sampai besar. Ada yang bergerak ke kiri dan kanan ada juga yang tidak. Semakin besar baling-baling kipas angin, maka akan semakin besar juga hembusan yang dihasilkannya.

Fungsi Kipas Angin:

Kipas angin berfungsi untuk  menghembuskan angin (udara), menyejukan udara, mendinginkan ruangan sekitar, mengeringkan benda yang diterpa olehnya.

Berikut adalah daftar jenis-jenis kipas angin sesuai dengan fungsinya masing-masing yaitu:

1. Kipas Angin Berdiri (Standing Fan) adalah jenis kipas angin yang memiliki kaki untuk sebagai dudukan untuk berdirinya kipas, jenis kipas yang satu ini merupakan jenis yang terbanyak diproduksi pabrik dan paling banyak dipakai oleh konsumen. Biasanya ada pengaturan naik-turun tiang penyangga untuk menyesuaikan dengan keinginan pemiliknya.  Jenis kipas angin ini juga bisa dipindah sesuai dengan keinginan.

2. Kipas Angin Dinding (Wall Fan) adalah jenis kipas angin yang memiliki ukuran pendek dan mempunyai body bawah yang berfungsi sebagai braket sebagai dudukan pada dinding. Posisinya yang bisa menempel pada dinding dan tidak memakan banyak tempat, maka banyak juga yang meminati jenis kipas angin ini. Banyak kosumen yang sudak dengan jenis produk kipas angin ini, karena mereka akan bilang “hemat tempat”.

3. Kipas Angin Langit-langit (Ceiling Fan) adalah jenis kipas angin yang memiliki baling-baling yang lebih besar dari jenis kipas angin pada umumnya. Tanpa penutup baling-baling dan memiliki tampilan gagah dengan hembusan angin lebih besar dari pada jenis kipas angin pada umumnya. Biasanya jenis kipas angin ini terdapat pada langit-langit dengan ruangan berukuran besar/luas.

4. Kipas Angin Meja (Desk and Table Fan) adalah jenis kipas angin yang memiliki ukuran standar/kecil dan dapat diletakkan di meja juga bisa di geser atau di pindah sesuai dengan keinginan.

5. Kipas Angin Duduk (Floor Fan) adalah jenis kipas angin yang satu ini mempunyai ukuran yang lebih besar dari jenis kipas angin meja, biasa diletakkan pada lantai dan bisa dipindah-pindah.

6. Exhaust Fan adalah jenis kipas angin yang berada tembus tembok atau dinding, cara pemasangannya adalah membobok tembok atau dinding, biasa difungsikan pada dapur atau tempat memasak agar asap atau aroma masakan bisa cepat keluar dari ruangan dapur. Ini artinya angin atau udaran di dalam ruangan akan dikeluar oleh jenis kipas ini. Akan tetapi jenis kipas angin ini juga mempunyai fungsi yang sebaliknya yaitu memasukkan udara ke dalam ruangan.

7. Kipas Angin Multi-Fungsi adalah penggabungan dari jenis-jenis kipas angin yaitu: kipas angin duduk(Floor Fan), kipas angin berdiri(Standing Fan) dan kipas angin dinding(Wall Fan).

8. Kipas Angin mini Portable adalah jenis kipas angin ukuran kecil yang dapat dibawa-bawa dengan daya power batu bateray, biasanya produk ini menggunakan bateray yang bisa di charge ulang.

9. Air Cooler adalah jenis kipas angin yang sudah mengadopsi sistem tambahan yaitu tabung besar yang berisi air, sehingga ketika mesin dihidupkan maka angin yang keluar akan bercampur dengan semburan air.

Dan… jenis kipas angin mana yang Anda gunakan? Sebisa mungkin sesuaikan dengan fungsinya ya!. Demikianlah artikel tentang “Daftar Jenis Kipas Angin Sesuai Dengan Fungsinya”.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Wisata Sumba, Pulau Tersembunyi Indonesia Bagian Timur

Wisata Sumba, Pulau Tersembunyi Indonesia Bagian Timur

Wisata sumba sang daratan dalam bentuk savannah dan perbukitan hijau sejauh mata memandang. Pulau ini …

8 comments

  1. wah saya jarang pakai kipas lebih suka berkeringat
    macam macam aneka bentuk juga ya sesuai kebutuhan

  2. Di rumah Udah dua kali ganti kipas angin karena rusak, untuk pemakaian listrik masih lumayan irit di banding makek AC.

  3. Saya pakai kipas angin yang standing, wall dan portable, buat urgent aja sih, soalnya suka sering kentut kalo kena angin, hahahaha…

  4. Lagi butuh yang duduk mas. Trims penjelasannya. Btw salam kenal 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *