Home > Blogging > Para Blogger Sedang Dirundung Duka Karena DA (Domain Authority) Terjun Bebas

Para Blogger Sedang Dirundung Duka Karena DA (Domain Authority) Terjun Bebas

Perjuangan bagi seorang blogger kembali diuji, karena biasanya bisa agak santai menulis artikel, kini harus berjuang lebih keras lagi, dikarenakan Domain Authority-nya yang dimilikinya pas di cek tiba-tiba terjun bebas alias anjlok, bikin kening berkerut, kepala keliyengan, cenut-cenut, jantung terasa dag-dig-dug, wajah pusat pasti… Eh.. bahasanya terlalu hiperbola ya…

DA (Domain Authority) Terjun Bebas
DA (Domain Authority) Terjun Bebas

Hiperbola adalah salah satu gaya bahasa yang menyatakan sesuatu secara berlebihan. Istilah ini datang dari negara Yunani Kuno: ὑπερβολή yang artinya ‘berlebihan’.

Belakangan ini banyak sekali yang membahas tentang turunnya angka domain yang tadinya sudah lumayan kini anjlok mulai dari -20 hingga -30, sedih bukan…?

Kenapa bila Domain Authority turun akan menjadi duka bagi para blogger? Simak penjelasannya.

Domain Authority adalah suatu acuan bagi mesin pencari dalam memberikan peringkat kepada website atau blog. Biasanya mesin pencari semisal Google akan memberikan peringkat terhadap situs tersebut terhadap tiga hal yaitu:

  1. Usia Domain
  2. Popularitas Domain
  3. Ukuran Domain

Nah, jika Domain Authority turun, bisa diterawang bahwa usia domain masih muda, popularitas domain menurun, ukuran domain sedikit maksudnya adalah kontennya masih sedikit. Hal ini akan terus berubah karena juga banyak para pesaing mempunyai nilai Domain Authority lebih tinggi.

Lalu bagaimana caranya mengetahui nilai Domain Authority? Jangan khawatir sudah semenjak lama telah dibuat beberapa situs untuk mengecek nilai atau poin Domain Authority blog atau website Anda, untu melihat seberapa banyak nilai atau point Domain Authority blog atau website Anda.

Berikut adalah tempat untuk menguji Domain Authority:

http://moz.com/researchtools/ose

http://moonsy.com/domain_authority

http://smallseotools.com/domain-authority-checker

Nilai dari dari sebuah domain akan diukur dari mulai angka 0 ~ 100. Ini artinya semakin tinggi nilai atau poin, maka blog atau website tersebut akan dinyatakan berkualitas oleh mesin pencari semisal Google.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Berkomentar Panjang Bisa Menunculkan Iklan Google Adsense, Penasaran

Berkomentar Panjang Bisa Memunculkan Iklan Google Adsense, Penasaran?

Berkomentar Panjang Bisa Menunculkan Iklan Google Adsense, Penasaran? Ini adalah hasil saya jalan-jalan di bersosial …

14 comments

  1. Aku nggak terlalu cek DA maupun PA malah sama sekali nggak cek😃
    Lagi fokus naikin serp akibat kena jingling auto ,
    Domainku baru mungkin DA nya masih nol hehe
    Tp lumayan sih seblum kena yang jail bagus walau baru

  2. Wah iyanih authority blog saya juga turun anjlog. Tp g papa. Rejeki masih jalan terus lewat blog… Krn gcm da/pa yg mempengaruhi

  3. Oh kirain blog saya saja yg turun, ternyata sebagian besar blog, tadinya saya menebak karena jarang update

    • Ayo di-update Mas blognya, saya curiga itulah adalah salah satu hal DA terjun bebas.

  4. DA saya masih aman dan nyaman. Karena saya memang ngeblognya tidak begitu memperdulikan itu yang namanya DA dan PA. Saya menikmati menulis saja.
    Kalau sewa domain lebih aseknya yang panjang, semisal lima tahun kalau bisa 10 tahun. Jadi terlihat serius dalam mengelola web.

  5. Semenjak DA ‘terjun bebas’ jadi rada malas cek DA dan PA blog, hihi..

    Update juga jarang sekarang mah.

    • Duh, saya malah gara-gara DA anjlok, jadi semangat lagi nih, bikin artikelnya… hehe 😀

  6. Umur blog saya masih bayi, dari November 2018 karena terpaksa bikin blog baru dan tinggalkan blog lama, dikerjai perisai dari Firefox Developer Edition sehingga tidak bisa komen di blog bawaan blogger, nyatanya bisa diatasi setelah saya telanjur bikin blog baru.
    Terjun berbasnya cuma 3 nilai untuk DA, mungkin karena gak banyak broken link. Tapi kalau blog lama dari 24 jadi 7, ha ha. Broken link-nya bejibun.
    Saat ini saya berupaya menaikkan jumlah pageview dengan rajin BW (blogwalking), karena tak sempat menulis pos baru sejak Ramadhan dengan alasan rempong sebagai mamah plus ikut lomba blog di situs Good News from Indonesia bareng komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis. Saya pikir DA akan tetap atau turun, nyatanya alhamdulillah malah naik setelah turun, jadi 14 kala terakhir saya cek. Gak tahu apakah akan naik lagi meski jarang perbarui blog dan lebih sering blogwalking.
    Intinya, saya kira ada banyak faktor yang memengaruhi terjun bebasnya DA blog secara besar maupun kecil. Mbak Reyne Raea sekarang saya lihat rajin banget isi blognya plus BW, DA naik lagi jadi 18 dengan cepat setelah turun ke 15. Tetap semangat, Mas. Naik-turun sepertinya adalah hal lumrah yang penting kita bangkit dan berjuang lagi.
    Eh, salam kenal, ya. Ini kunjungan perdana saya. Semoga nanti berkenan saling BW agar sayanya tidak lupa soalnya daftar blogwalking saya banyak jadinya butuh jejak sebagai pengingat, he he.

    • Wah, komentarnya panjang betul, setengah arikel yang saya buat kayaknya…
      Salam kenal deh…

  7. Semangat lagi gan update artikel plus cari backlink buat naikin DA PA nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *