Home / Artikel / Cara Riset Keyword Agar Trafik Cepat Naik

Cara Riset Keyword Agar Trafik Cepat Naik

Cara Riset Keyword Agar Trafik Cepat Naik. Ini merupakan pekerjaan rumah untuk para pemilik situs namun bisa juga ada hubungannya dengan para youtuber. Dimana riset keyword menjadi incaran oleh para blogger pemilik blog atau website.

 

Cara riset keyword agar trafik cepat naik selalu menjadi keinginan bagi para blogger, akan tetapi memang perlu melalukan riset yang full dan memakan waktu yang lumayan lama.

 

Flashback:

Melihat dari situs-situs besar, dimana nama-nama situs tersebut selalu saja seringkali naik pada posisi paling atas dengan pencarian mulai dari 1.000 sampai dengan 100.000 lebih pencarian.

 

Hasil survey dari riset keyword, terlihat :

Dari riset keyword yang sedang saya baca, ternyata keyword tersebut juga terdapat di beberapa artikelnya, seperti yang saya lihat, bahwa bagian sidebar terlihat juga keyword yang relevan dengan artikel yang sedang saya baca. Yang lebih mencengangkan lagi adalah hampir semua artikel yang terlihat selalu membahas yang sedang saya baca.

Tidak ketinggalan juga yang dihasilkan oleh “artikel terkait” rata-rata banyak pembahasan yang mirip-mirip dengan keyword yang sedang saya baca.

 

Cara Riset Keyword Agar Trafik Cepat Naik - Dedy Akas Website
Cara Riset Keyword Agar Trafik Cepat Naik – Dedy Akas Website

 

Lalu bagaimana cara riset keyword agar trafik cepat naik?

Bagaimana kalau menanyakan balik “Seberapa mampukah Anda melakukan riset keyword?”

Hehe… becanda… 😀

 

Intermediate:

Faktanya memang agak sulit untuk melakukan riset keyword, karena memang diperlukan kerja cerdas dan cukup memakan waktu yang lumayan panjang, belum lagi konsistensi yang sangat penting, dimana setiap hari harus diperlukan artikel segar agar para Sahabat blogger betah untuk mengunjungi setiap hari blog atau website yang sedang Anda kelola.

 

Fakta dari Flashback:

Situs-situs besar sepertinya sudah memiliki team work yang sangat solid, dimana ada keyword mengenai; event, hari nasional, hari bersejarah, kejadian-kejadian penting, viral dan lain-lain. Maka langsung saja akan tercipta artikel-artikel yang relevan atau terkait dengan hasil keyword yang sedang viral. Ini berarti tidak cukup dibutuhkan satu artikel saja, akan tetapi seperti yang sudah saya ungkapkan di atas bahwa, telah ter-publish banyak sekali artikel, dan semuanya dengan pembahasan yang relevan atau terkait.

Akhirnya mau tidak mau, Algorithm by Google menempatkan situs tersebut sebagai penyedia topik atau artikel dengan menempatkannya di halaman pertama pada kolom pencarian Google.

Dari fakta ini semoga menjadi pencerah kepada para Sahabat, kenapa situs-situs selalu sukses di Google Trends.

 

Lalu apakah ada cara lain untuk riset keyword agar trafik cepat naik?

Caranya adalah membuat situs dengan pembahasan yang relevan, para blogger menyebutnya dengan Blog Niche. Dimana pembahasannya selalu relevan atau terkait sesuai dengan nama blog tersebut. Dan cara ini cocok untuk blog personal, dalam artian blog yang dikelola oleh pribadi bukan team work.

 

Fakta dari Blog Niche:

Sekali saja, ada orang yang mengunjungi blog niche tersebut, maka sudah dipastikan artikelnya akan dibaca dan secara terus menerus membuka-buka artikel yang lainnya, karena memang selalu terkait dengan apa yang dicari oleh pengunjung tersebut.

 

Keuntungan dari Blog Niche:

Para pengunjung tidak akan segan-segan untuk mem-bookmark situs tersebut. Karena bisa jadikan referensi untuk kunjungan berikutnya atau dibaca lagi ketika ada waktu luang. Semakin banyak pengunjung yang melakukan bookmark, maka riset keyword pada blog tersebut telah dinyatakan berhasil bersaing dengan situs-situs lainnya.

 

Persaingan dari Blog Niche:

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa persaingan blog niche sangatlah ketat, bahkan rasanya terlalu sulit bagi para newbie blogger untuk menggapai persaingan dengan para blogger yang sudah ada sebelumnya.

Namun jangan patah semangat.

Survey saya membuktikan bahwa riset keyword dari artikel yang dapat dijadikan referensi adalah artikel yang komplit atau part.

Inilah yang membuat para blogger selalu menyematkan link, hal ini dimaksudkan agar pembaca tidak lagi keluar dengan mencari artikel di blog atau website orang lain, namun tetap di situs tersebut, karena merasakan artikel yang dibaca dengan pembahasan yang komplit dengan tambahan link-link artikel yang juga sangat terkait atau relevan, disinilah nilai plus dari blog niche, karena sudah dipastikan judul artikel yang ada pada sidebar juga dengan pembahasan yang relevan atau terkait.

 

Cara Riset Keyword Agar Trafik Cepat Naik Untuk Blog Gado Gado

Saya tekankan di sini bahwa untuk pemilik blog gado-gado merupakan sebuah tantangan yang sangat besar, karena pembahasannya yang kurang relevan atau terkait.

Bidikannya adalah artikel-artikel yang sedang viral atau sedang booming. Disinilah ilmu SEO memainkan peranannya. Dimana artikel yang ditulis harus mengandung unsur SEO, walaupun beberapa blogger sudah melupakannya, namun faktanya para blogger sangat ketergantungan oleh SEO.

Bidikan lainnya adalah dengan keyword-keyword abadi, begitulah istilah lama dari para blogger menyebutnya. Persaingan ketat akan terjadi, dimana pemilik artikel dengan pembahasan yang semakin komplit dan paling mudah dipahamilah yang akan nangkring di page-one.

 

Banyak sekali para blogger yang membahas artikel yang terkait tentang :

cara riset keyword

cara riset keywords

cara riset keywords dengan google planner

cara riset keywords dengan google adwords

cara riset keyword paling jitu

cara riset keyword blog

cara riset keyword benar

cara riset keyword paling benar

cara riset keyword agar trafik cepat naik

bagaimana cara riset keyword

cara cepat riset keyword

cara riset keyword google

cara riset keyword dengan long tail

cara melakukan riset keyword

cara mencari riset keyword

and more…

hingga cara riset keyword 2016

 

Fakta Tentang Riset Keyword :

Ternyata untuk memilih kata kunci atau keyword, merupakan suatu hal yang sangat tepat untuk dilakukan pada pengembangan blog atau website dan memegang pernanan yang sangat penting. Oleh karenanya sangatlah menakutkan apabila bila terus menjadi blog atau website yang sepi pengunjung.

Bahkan hal yang paling menakutkan adalah dengan semakin sepinya pengunjung lama-kelamaan akan timbul kemalasan dan akhirnya berhenti menulis artikel, hingga berhenti menjadi seorang blogger yang padahal dahulu kala sangat dicita-citakannya.

 

Sebegitu pentingnya riset keyword, sehingga banyak para pengunjung yang menanti-nantikan publish artikel dari situs-situs yang sudah mereka bookmark.

 

Dari dahulu kala SEO selalu saja menjadi cara sebagai strategi untuk mengoptimalkan mesin pencari, dimana riset keyword berada di dalamnya.

 

Tanpa riset keyword yang kurang maksimal akan menjadikan blog atau website tersebut sepi akan pengunjung. Inilah yang terjadi jika mesin pencari tidak mampu lagi mendapati keyword-keyword yang sudah Anda berikan dan parahnya lagi adalah para pesaingnya yang sudah memiliki nama yang cukup populer di kalangan blogger.

 

Ketika seorang pengunjung mengetikkan suatu kata kunci atau keyword, biasanya adalah keyword-keyword abadi, ini hanya berlaku untuk hasil pencarian yang paling sering diketik. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas pada macam macam pencarian tentang “cara riset keyword”.

 

Setiap jenis-jenis keyword memiliki keunggulannya masing-masing, namun bagi saya lebih kearah keunggulan dari isi artikelnya.

 

Berikut adalah jenis-jenis keyword yang sering dipakai oleh para blogger :

Short tail keyword :

Akan memiliki persaingan yang cukup banyak, namun dengan pencarian yang cukup banyak bahkan sangat banyak. Pada dasarnya hanya mengandung satu, dua atau tiga kata saja.

Contoh :

Keyword

Riset keyword

Cara riset keyword

Faktanya short tail keyword ini, sangatlah sulit untuk dimiliki, karena tingkat persainggannya yang sangat tinggi, sehingga jarang sekali dilakukan oleh para blogger dan silahkan lanjut ke long tail keywod.

 

Long tail keyword :

Lebih cenderung memiliki persaingan yang sedikit, namun dengan pencarian yang cukup rendah. Biasa dilakukan oleh para blogger untuk mencoba bersaing dengan para blogger lainnya.

Contohnya adalah :

Cara riset keyword agar trafik naik

Cara riset keyword agar trafik cepat naik

Cara riset keyword agar trafik blog cepat naik

Cara riset keyword agar trafik blog atau website cepat naik

 

Keyword abadi

Agak jarang dicari, namun ada juga menjadi paling sering dicari dan faktanya selalu saja dicari. Hal ini dikarena keyword tersebut tidak pernah lekang oleh waktu. Sepanjang zaman selalu saja ada yang mencarinya.

Contohnya adalah :

Google (ditemukan sekitar 10.520.000.000) hanya dengan waktu 0.89 detik saja.

Contoh lainnya adalah : Dedy akas orang ganteng ( hehe… bencanda deh 😀 )

 

Keyword musiman

Hal-hal yang sedang berbau viral atau sedang booming disaat itu, namun akan tenggelam dikemudian hari. Positifnya adalah jika di hari itu blog atau website Anda sedang beruntung, maka akan mendapatkan ribuan pengunjung. Hal ini berarti kebalikan dari keyword abadi, karena hanya bersifat sesaat saja.

Silahkan lihat contohnya di Google Trend

 

Ending…

Berikut ending dari pertanyaan “Lalu bagaimana cara riset keyword agar trafik cepat naik?”

Tools yang patut Anda coba adalah sebagai berikut :

Google Adwords: Keyword Planner.

Ubersuggest.

Keywordshitter

Keywordtool

dan lain sebagainya.

 

Selamat berburu keyword Sahabat…

 

Artikel Terkait :

Rahasia Memilih Kata Kunci atau Keyword

 

Demikianlah artikel dari Dedy Akas Website tentang : Cara Riset Keyword Agar Trafik Cepat Naik

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Add My G+ on Dedy Akas Website. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Daftar Harga Mobil Toyota Terbaru 2018

Toyota merupakan salah satu pabrikan mobil terkemuka di Indonesia. Pabrikan mobil asal Jepang ini pertama …

19 comments

  1. Aku selalu mencoba untuk keyword abadi. Yang tidak lekang oleh waktu. Walau itu sangat sulit, makanya aku selalu membuat artikel yang temanya abadi. Tidak pakai tanggal.
    Riset keyword itu penting.
    Pesaingan SEO sungguh berat sekali.

    • Silahkan dilanjutkan Mas…
      Semakin banyak artikel abadi… maka semakin tak lekang oleh waktu blog yang sedang dikelola…
      Tapi ya itu… pesaingnya memang banyak…
      Salam,

  2. Blog gado gado saya jarang pakai riset mas asal ngerti topik nya ya saya tulis blog niche juga hampir mirip hanya saja agar cepat dapat trafik organik beberapa artikel riset dulu selebihnya berbagi pengalaman

    • Iya… untuk riset keword memang membutuhkan waktu yang cukup lama…

      Itulah keuntungan dari blog niche…

  3. kata kunci abadi mah mangsaduls ganteng mas. 😀

  4. ribet ruwet dan jlimet…malah nggak nulis-nulis, tapi mulek mikirin kata kunci…hadeuh

  5. Pangky Gustian

    Kalau info info sejarah, hal terbaik, itu termasuk keyword abadi mas ?

    • Harus dibuat lebih spesifik Mas…
      Contoh : Info Sejarah Indonesia, Info Sejarah Jakarta, jangan lupa tambahkan long tail keyword… 😀

  6. Lengkap dan transparan pembahasan mengenai riset keyword-nya mas.. terus terang pengetahuan saya tentang hal ini masih minim, trims sudah membagikan ilmunya yah… 😀

  7. Membidik keyword yang jitu dengan menggunakan cara riset keyword memerlkan proses tersendiri agar target pembaca hadir dalam setiap sajian konten yang akan kita sajiakan disetiap artikel di blog, tapi kayanya harus banyak belajar dari kang @DedyAkasWebsites:disqus untuk masalah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *