Home > Kuliner > Cara Membuat Donat Kentang Yang Empuk

Cara Membuat Donat Kentang Yang Empuk

DedyAkas.com – Cara Membuat Donat Kentang Yang Empuk. Banyak sekali cara membuat donat, dimana salah satunya yang akan dibahas adalah cara membuat donat kentang yang empuk. Kenapa donat itu mesti empuk? Karena donat yang dibilang berhasil dalam pembuatannya adalah donat yang empuk. Donat seperti apa yang dibilang donat empuk? Yaitu donat jika dipegang empuk dan digigit juga empuk.

Cara Membuat Donat Kentang Yang Empuk
Cara Membuat Donat Kentang Yang Empuk

Berikut adalah cara membuat donat kentang yang empuk:

Pertama siapkan bahan-bahanya seperti;

  • 250 gr tepung terigu pro tinggi
  • 40 gram gula pasir
  • 1 butir telur
  • 100 gram kentang kukus (haluskan)
  • 1 sdt ragi instant
  • 1/4 sdt garam
  • 35 gr mentega
  • 2 sdm susu bubuk (tambahan)
  • 30 ml air hangat kuku

Kemudian ikuti langkah-langkahnya:

Siapkan wadah untuk mengaduk campuran bahan-bahannya. Siapkan wadah kecil untuk mencampur ragi dan gula yang telah diberi air hangat, tunggu hingga mengeluarkan busa dalam waktu kurang lebih 10 menit. Lalu siapkan wadah yang agar besar, wadah ini merupakan tempat untuk mengaduk bahan-bahan yang telah disediakan. Masukkan tepuk terigu, kemudian telur, lalu garam dan ragi yang telah  menghasilkan busa, masukkan juga bahan utamanya yaitu kentang, kentang ini sebelumnya telah dihaluskan, kemudian berikan susu bubuk.

Panduan cara memasak;

Aduk bahan tersebut hingga tercampur setengah kalis, kemudian masukkan mentega, aduklah hingga terlihat rata, selanjutnya tutup adonan tersebut dengan kain lalu diamkan hingga terlihat mengembang 2 kali lipat.

Selanjutnya, pada adonan yang mengembang tersebut dikempiskan dengan tujuan agar udara yang terdapat pada adonan  bisa keluar.

Proses pembentukan:

Pada proses pembentukan donat bulat bolong ditengah ini diperlukan jam terbang yang tinggi dalam pembentukannya agar mendapatkan hasil dengan bentuk bulat yang bagus. Donat yang sudah berbentuk bulat tersebut harus didiamkan selama kurang lebih 10 menit, setelah itu donat sudah bisa digoreng. Dalam proses penggorengan donat, pastikan hanya 1 kali dibalik agar donatnya tidak telalu menyerap minya goreng. Dapatkan hasil yang terbaik, dengan ciri-ciri donatnya mengembang, penanda donat tersebut sudah matang adalah mengembangnya donat dan warnanya yang berubah menjadi lebih pekat.

Setelah donat diangkat, tirikan lalu kemudian sajikan donat kentang yang empuk ini dengan tambahan pemanis lainnya seperti; gula halus, meises, coklat, mentega atau tambahan lainnya sesuai dengan kreasi yang Anda inginkan.

Baca Juga :

Peluang Bisnis Makanan dengan Modal Pas-Pasan

Makanan Anak 1 Tahun Pendamping Minum Susu

Seblak Adalah Makanan Indonesia

Tips Mencegah Diabetes dengan Mengkonsumsi Makanan Sehat

Macam Macam Replika Makanan

Takizo Iwasaki Pembuat Replika Makanan dan Keuntungan Replika Makanan

Jenis Bisnis Usaha Kecil yang Mudah dan Menjanjikan

Inilah 5 Minuman Es Terlaris Saat Bulan Ramadhan

5 Manfaat Nyata Mengonsumsi Teh Panas untuk Meningkatkan Kesehatan

Ini Dia Resep Kue Tanpa Menggunakan Oven

Macam Macam Nama Kue Basah

Bahan Bahan Bolu Pandan Untuk Ukuran 16 Potong

Macam Macam Cemilan

Demikianlah artikel tentang Cara Membuat Donat Kentang Yang Empuk. Cara Membuat Donat Kentang Yang Empuk. Semoga artikel ini bermanfaat, semoga donat yang Anda buat mengembang dengan baik dan juga empuk.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Kemudahan Order Catering Sehat Untuk Program Diet (image by gorrygourmet.com)

Kemudahan Order Catering Sehat Untuk Program Diet

Tidak ada cara lain, bagi Anda yang menginginkan tubuh yang ideal atau bentuk tubuh yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *