Home > Artikel > Asal Usul Perayaan Ulang Tahun

Asal Usul Perayaan Ulang Tahun

Asal Usul Perayaan Ulang Tahun. Sudah menjadi hal yang umum, bahwa setiap tahunnya perayaan ulang tahun sudah sering terjadi di seluruh dunia. Perayaan ulang tahun juga, sering menjadi acara atau moment paling penting atau moment yang paling berharga pada setiap insan.

 

Sudah menjadi tradisi bahwa acara perayaan ulang tahun selalu dirayakan oleh masyarakat sedunia. Acara ulang tahun sendiri seringkali terjadi ketika seseorang telah memasuki tanggal kelahirannya, sedangkan cara perayaannya sangatlah beragam, ada yang sederhana dan ada juga yang mewah.

 

Dengan mensyukuri semakin bertambahnya usia yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

 

Lalu kenapa harus ada acara perayaan ulang tahun? Kenapa juga harus ada lilin? Dan kenapa juga harus pakai kue?

 

Asal Usul Perayaan Ulang Tahun - Dedy Akas Website
Asal Usul Perayaan Ulang Tahun – Dedy Akas Website

 

BERIKUT ADALAH CERITA DARI ASAL USUL PERAYAAN ULANG TAHUN :

 

Flashback Asal Usul Tradisi Perayaan Ulang Tahun :

Menurut hasil penelitian saya ternyata perayaan ulang tahun telah terjadi pada Bangsa Mesir. Hal ini terjadi pada ribuan tahun yang lalu, dimana raja Firaun memakai mahkota untuk bangsanya yaitu Mesir Kuno, sedangkan masyarakatnya sendiri menyebut Firaun sebagai wujud Dewa. Dikarenakan merupakan moment yang sangat penting, akhirnya setiap tanggal kelahiran Firaun seringkali dirayakan untuk setiap tahunnya.

 

Pada Masa Itu Bangsa Yunani Telah Menambahkan Lilin dan Kue Saat Ulang Tahun :

Tradisi menyalakan lilin dan mempersembahkan kue pada acara ulang tahun sudah sering terjadi di waktu bangsa Yunani Kuno.

Pengertian nyala lilin diumpamakan sebagai cahaya bulan dan kecantikan, sedangkan lilin tersebut diposisikan pada atas kue. Bentuk kue tersebut adalah berbentuk bulan. Hingga pengartian ulang tahun menjadi awal kehidupan baru yang lebih bersinar.

 

Pada Bangsa Romawi Kuno-pun Mulai Merayakan Ulang Tahun Untuk Orang Biasa :

Jika sebelumnya acara ulang tahun hanya dirayakan untuk para Raja dan Dewa, namun secara perlahan acara ulang tahun telah merambah kepada masyarakat biasa, teman dan keluarga mereka. Telah terjadi juga tradisi tukaran kado, namun berbentuk tepung terigu, minyak zaitun, madu, keju dan lain sebagainya. Pada masanya barang-barang tersebut telah dinilai sebagai kado yang sangat berharga. Uniknya lagi perayaan acara ulang ini, hanya boleh dirayakan oleh kaum pria, sedangkan untuk kaum wanita baru boleh merayakannya setelah berganti abad, yaitu pada abad ke-12.

 

Tahukah Anda, Bahwa Kue Ulang Tahun Pertama Dibuat Oleh Tukang Roti Di Jerman :

Waktu itu, pada abad ke-18, mulai marak terjadi perayaan ulang tahun dan telah menyebar ke seluruh dunia. Di negara Jerman sendiri, mengharuskan acara ulang tahun dibuat dengan secara ramah dan menggembirakan juga menyenangkan. Hal itulah yang menyebabkan dibuatnya kue ulang tahun, yang berbentuk roti. Dan pada bagian atasnya diberikan lilin-lilin, konon kabarnya (mitosnya) sebelum meniup lilin, diwajibkan berdo’a dan meminta harapan, agar dapat terkabul.

 

Simak Juga : Jean Batten Jadi Google Doodle Hari Ini

 

Demikianlah artikel dari Dedy Akas Website tentang : Asal Usul Perayaan Ulang Tahun

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Makanan Anak 1 Tahun Pendamping Minum Susu (Image By Pixabay)

Makanan Anak 1 Tahun Pendamping Minum Susu

Minum susu sudah menjadi kebutuhan pokok anak satu tahun. Namun demikian minum susu tidak selamanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *