Home > Artikel > Arti Pedia, Asal Usul dan Pengertiannya

Arti Pedia, Asal Usul dan Pengertiannya

DedyAkas.com. Arti Pedia, Asal Usul dan Pengertiannya. Kata ‘pedia’ semakin banyak dipakai oleh berbagai startup sebagai kata unggulan. Jika dahulu ada ensiklopedia dan wikipedia, sekarang sudah semakin banyak yang menggunakan kata ‘pedia’. Namun sudah tahukah kamu arti pedia, asal usul dan pengertiannya? Yuk simak lebih lanjut!

Arti Pedia, Asal Usul dan Pengertiannya
Arti Pedia, Asal Usul dan Pengertiannya (Image by: Shutterstock).

Berikut Adalah Arti Pedia, Asal Usul dan Pengertiannya

Arti ‘Pedia’

Arti Pedia adalah belajar atau yang berkaitan dengan belajar, sebuah kata yang sering gabung-gabungkan agar dapat menjadi arti yang lebih luar lagi seperti; Wikipedia yang artinya sumber pengetahuan yang cepat.

Asal Usul Kata ‘Pedia’

Kata ‘pedia’ berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu ‘paideia’ yang memiliki arti pendidikan umum atau pembelajaran, atau pengetahuan.

Pengertian ‘Pedia’

Pengertian ‘pedia’ yang berawal dari kata paideia pengertiannya adalah sistem pendidikan dan pelatihan budaya pada zaman Yunani kuno dan Romawi. Oleh karena itu paideia juga digunakan ketika dalam mata pelajaran seperti; goegrafi, sejarah alam, matematika, tata bahasa retrorika juga filsafat. Bahkan paideia juga digunakan ketika latihan contohnya; senam dan musik.

Penggunaan kata ‘Pedia’

Kata pedia hingga kini sudah semakin banyak digunakan, sedangkan pada zaman dahulu kata pedia sering dikombinasikan agar menjadi kata atau kailmat yang enak untuk dibacara atau didengar.

Beberapa contoh penggunana kata ‘Pedia’

Enkylios (Bahasa Yunani) yang artinya melingkar atau berulang. Jika disatukan akan menjadi ‘ensiklopedia’ yang berarti pembelajar suatu ilmu pengetahuan.

Wikipedia dengan awal wiki yang berarti cepat, wiki berasal dari bahasa Hawaii diartikan cepat. Penggabungan kata Wikipedia ini memiliki arti belajar cepat.

Kesimpulan tentang pedia

Secara harfiah pengertian kata ‘pedia’ diartikan sebagai pengetahuan yang lengkap tentang suatu hal. Oleh karena itu karena kata pedia ini sangat unik untuk artinya, maka kini semakin banyak yang memakai kata ‘pedia’ tersebut. Bahkan bertepatan dengan pembuatan artikel ini, saya malah menemukan iklan dengan nama “Rasapedia”.

Demikianlah artikel tentang: Arti Pedia, Asal Usul dan Pengertiannya, semoga bermanfaat. Jangan lupa share atau bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda. Selamat Ber-pedia.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

You C1000 Vitamin Lemon, Vitamin Orange, Vitamin Apple, Lemon Water and Orange Water, Sudahkah Anda Mencobanya - (Image by You-C1000.com)

You C1000 Vitamin Lemon, Vitamin Orange, Vitamin Apple, Lemon Water and Orange Water, Sudahkah Anda Mencobanya?

DedyAkascom – You C1000 Vitamin Lemon, Vitamin Orange, Vitamin Apple, Lemon Water and Orange Water, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *