Breaking News
Home > Sejarah > Arti Lampor dan Pengertiannya

Arti Lampor dan Pengertiannya

DedyAkas.com – Arti Lampor dan Pengertiannya. Lampor adalah keranda terbang, lampor terbang bersama dengan iblis di depannya pada waktu malam hari. Iblis tersebut berbentuk seperti gumpalan asap atau api. Konon kabarnya jika Lampor melewati sebuah rumah atau daerah, maka penghuni rumah tersebut akan ada yang meninggal atau akan terjadi marabahaya di daerah tersebut.

Macam Macam Arti Lampor dan Pengertiannya
Macam Macam Arti Lampor dan Pengertiannya

Banyak pengertian dari lampor dengan arti yang berbeda-beda, yuk kita simak lebih lanjut!

Starvision Plus mempersembahkan film Lampor Keranda Terbang. Lampor Keranda Terbang (Lampor: The Flying Casket) adalah film di tahun 2019, yang dibintangi oleh : Dion Wiyoko sebagai Edwin (suami) dan Adinia Wirasti sebagai Netta (istri). Disutradarai oleh Guntur Soehardjanto, dengan Produsernya Chand Parwez Servia, dibantu dengan Editor Wawan I. Wibowo dan Skenario oleh Alim Sudio.

Film Lampor ini dirilis pada 31 Oktober 2019 di Indonesia. Pada sebuah desa dikisahkan sedang dilanda musibah dan teror Lampor. Arti lampor pada film ini adalah setan pencabut nyawa dan beraksi dengan membawa keranda terbang. Dua anak mereka dibintangi oleh Bimasena sebagai Agam dan Angelia Livie sebagai Sekar dalam film Lampor diceritakan bahwa anak-anak mereka terancam karena menjadi sasaran Lampor. Film ini dibuat berdasarkan teror nyata hantu Lampor dari kawasan Jawa Tengah.

Baca Juga : Ngeri Inilah Daftar Film Horor Indonesia

Lampor adalah setan yang memiliki pantat lancip. Oleh karena itu ketika dia datang, maka diharapkan agar di tidur di lantai agar tidak diambil atau dibawa. Konon katanya lampor tidak bisa bungkuk atau duduk, sehingga hanya bisa mengambil orang yang sedang tidur di atas ranjang atau tempat tidur.

Lampor adalah yang ketika malam hari atau dini hari, datang dengan mengetok-ngetok pintu. Dengan begini lampor menjadi teror yang mengerikan ketika di malam hari.

Lampor adalah urban legenda cerita seram atau mitos di Jawa yang sangat kental seperti Timur dan juga di Jawa Tengah di era 1960-an.

Lampor adalah salah satu jenis perwujudan jin yang dipercaya bisa membawa maut.

Lampor adalah penculik anak-anak di waktu setelah maghrib. Sehingga orang-orang tua dulu mengatakan “jangan keluar malam-malam, nanti diculik lampor”.

Lampor merupakan salah satu jenis setan dan dipercaya bisa membawa maut. Mengenai wujud lampor itu sendiri, masyarakat memiliki kepercayaan seperti gumpalan api atau kabut asap yang menyerupai wujud seperti manusia dengan ukuran yang besar.

Lampor merupakan sebuah mitos atau kisah mistis dari tanah Jawa yang digambarkan sebagai penampakan keranda yang bisa terbang sendiri.

Lampor adalah anggota atau rombongan dari pasukan ghaib Nyi Blorong yang merupakan panglima terkuat Nyi Roro Kidul sang penguasa Pantai Laut Selatan. Tertanda dengan adanya; hembusan angin kencang yang berasal dari arah laut Selatan, suara-suara gonggongan anjing, kepakan sayap burung gagak dan air sungai yang bergejolak ditambah dengan suara derap kaki kuda juga diiringi alat musik pukul.

Rombongan makhluk rupa-rupa tak biasa tersebut akan ke arah utara yaitu Gunung Merapi. Jalur yang dilalui adalah Kali Code, Winongo juga Bedog.

Seluruh warga akan menutup rapat pintu dan jendela seraya tidak ingin menyaksikan apa yang sedang terjadi di luar, karena jika bersikeras ingin melihatnya maka, akan dibawa dan takkan kembali, namun jika kembali maka akan kehilangan akal sehatnya. Ini merupakan cerita mitos yang legendaris pada masyarakat di Yogyakarta. Kisah Lampor merupakan cerita orang-orang tua dahulu yang sudah turun temurun.

Arti Lampor secara harfiah adalah gaduh atau kegaduhan. Hal ini dikarenakan ketika lampor muncul, maka akan terdengar suara-suara yang sangat gaduh.

Arti Lampor berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artinya adalah makhluk halus yang berarak.

Lampor adalah keranda yang diberikan drone sehingga bisa terbang. Hal ini merupakan perbuatan iseng yang tidak termaafkan, karena telah menakut-nakuti masyarakat.

Di Indonesia cerita seram, cerita mistis, mitos masih sangat kental di rasakan hingga saat ini. Hal ini terbukti dengan viralnya unggahan video keranda terbang alias Lampor yang sempat viral di media Tik Tok dan unggahan suara ketok-ketok pintu juga di media Tik Tok.

Baca Juga :

Hantu Suster Ngesot Apakah Benar Ada?

9 Situs Download Subtitle Indonesia Terbaik 2021

Deretan Pengganti Situs Layarkaca21 Online Indo XXI Ganool

Unicorn AdalahInilah Arti Kata Siaga Untuk Bencana Alam Pada Gunung Merapi di Catur Gatra Ngadepi Beboyo Gunung Merapi

Demikianlah artikel tentang : Arti Lampor dan Pengertiannya.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Hari Ini 28 Oktober “Sumpah Pemuda” Tapi Tidak ada Google Doodle

Hari Ini 28 Oktober “Sumpah Pemuda” Tapi Tidak ada Google Doodle

DedyAkas.com – Hari Ini 28 Oktober “Sumpah Pemuda” Tapi Tidak ada Google Doodle. Biasanya pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *