Home > Bisnis > Arti Kata Unicorn

Arti Kata Unicorn

Arti Kata Unicorn adalah perusahaan rintisan yang dimiliki oleh swasta dengan asumsi nilai kapitalisasinya lebih dari $ 1 miliar. Lalu apa yang dimaksud dengan perusahaan rintisan? Perusahaan rintisan adalah startup yaitu istilah yang digunakan untuk perusahaan yang masih baru namun telah menemukan pasar yang tepat.

Perusahaan-perusahaan yang masih baru namun telah berkembang pesat dan diakui oleh pasar atau konsumen inilah yang disebut sebagai unicorn. Sehingga jika ada pembicaraan seperti; “banyak investor yang tertarik pada unicorn” ini berarti para investor tertarik oleh perusahaan baru yang terlihat maju dan mempunyai prospek menguntungkan.

Siapa yang menciptakan atau mengistilahkan kata “Unicorn”?

Ternyata istilah kata unicorn diciptakan oleh Aileen Lee pada tahun 2013. Aileen Lee adalah seorang pemodal usaha. Ailee Lee mengistilahkan kata unicorn sebagai perusahaan yang sukses, karena unicorn sendiri merupakan hewan mitos yang langka

Berikut adalah perusahaan yang telah menyandang atau predikat unicorn:

#1 Gojek

Gojek merupakan perusahaan startup yang berdiri di industri teknologi dan transportasi. Perusahaan Gojek didirikan pada tahun 2010 oleh Nadiem Makarim.

#2. Tokopedia

Tokopedia telah muncul setahun sebelumnya yaitu pada tahun 2009. Tokopedia merupakan perusahaan startup yang berdiri di bidang bisnis marketplace, di mana memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko daring.

#3. Traveloka

Traveloka yang didirikan pada tahun 2012. Perusahaan startup yang masih sangat muda ini didirikan oleh Ferry Unardi dan dua temannya. Perusahaan startup ini berdiri di bidang layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia.

#4. Bukalapak

Bukalapak merupakan perusahaan startup yang lahir pada tahun 2010. Perusahaan ini mirip dengan Tokopedia yaitu bergerak di bidang marketplace, yang menyediakan sarana jual – beli dari konsumen ke konsumen.

Baca Juga:

Kesempatan Tidak Datang Dua Kali

Orang Yang Selalu Ingin Belajar

Fenomena Gojek

Kegagalan Adalah Sukses Yang Tertunda

Berakit Ke Hulu Berenang Ke Tepian

Sedikit Sedikit Lama Lama Menjadi Bukit

Kesimpulan:

Sebenarnya kata unicorn ini sudah lumayan lama munculnya, namun seperti biasanya setiap individu orang berbed-beda, mungkin beberapa masih awam dengan istilah ini atau bahwa baru mengetahuinya sekarang. Kata saktinya adalah “kapan kita punya unicorn” hehe… 😀

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Daftar Harga Kipas Angin Tahun 2019 (Maspion PW-455)

Daftar Harga Kipas Angin Tahun 2019

DedyAkas.com – Daftar Harga Kipas Angin Tahun 2019. Daftar harga yang akan dibahas adalah dari …

One comment

  1. Saya sendiri bingung dengan istilah-istilah saat ini, unicorn, rintisan start up, dan sebagainya.
    Maklum, isi kepala susah diajak terup-date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *