Breaking News
Home > Tips and Tricks > Arti Ecosand System dan Pengertiannya

Arti Ecosand System dan Pengertiannya

DedyAkasc.com – Arti Ecosand System dan Pengertiannya. Ecosand system adalah sistem filter yang hanya menggunakan pasir khusus seperti pasir malang dengan tambahan batu-batu koral di atasnya sebagai cikal bakal pertumbuhan mikrobakteri dan mikroba yang befungsi mengurai kotoran ikan, sehingga kolam akan selalu terlihat jernih dan bening juga jernih.

Arti Ecosand System dan Pengertiannya

Jika air jernih dan bening juga jernih maka akan membuat kesehatan ikan akan selalu terjaga, bahkan untuk ikan koi misalnya, maka warna dan kecerahan dari warna kulit ikan akan terlihat cerah dan sehat.

Jika anda memiliki kolam ikan yang terlihat sering keruh airnya sehingga akan mengurangi keindahan kolam, maka bisa beralih kepada kolam dengan ecosand system walau jarang ganti air, air akan tetap terlihat bening.

Kelebihan Ecosand System adalah :

  1. Tidak perlu perawatan atau maintenance harian, mingguan bahkan hingga bulanan, boleh dibilang sangat minim perawatan sangat cocok yang para penghobi kolam ikan yang selalu sibuk di hari kerja.
  2. Hanya cukup sekali pasang, tidak perlu mengganti filter lagi untuk jangka waktu yang lama.
  3. Dapat menghemat listrik karena hanya menggunakan pompa yang secukupnya saja dan air (tidak perlu menguras kolam).
  4. Kolam menjadi otomatis bersih dan bening juga jernih tanpa perlu di kuras.
  5. Kotoran akan terdekomposisi secara alami, kualitas air jernih tidak berbau amis.3
  6. Tanpa bahan kimia, sehingga sangat aman untuk ikan peliharaan.

Ecosand system atau natural ecosand system, merupakan sistem penyaringan air dan memurnikan air secara alami untuk kolam ikan atau aquarium air tawar. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan sistem filter konvensional yang sering dipakai selama ini. Pada natural ecosand system, mampu membuat ekosistem air kolam tersebut menjadi seimbang, dengan cara bioteknologi mampu merubah kotoran ikan menjadi zat-zat yang berguna bagi habitat di kolam tersebut, termasuk ikannya juga. Terciptanya mikroorganisme di dalam tersebut membuat kondisi air terkontrol secara alami, tanpa perlu lagi campur tangan manusia.

Bahan-bahan ecosand system adalah sebagai berikut :

1. Pipa paralon,

2. Pompa Air Aquarium

3. Pasir Malang

4. Batu Koral

5. Net (Jaring)

Ecosand system tidak menggunakan kolam chamber tambahan, karena penerapannya adalah pada dasar kolam yang diberikan paralon dengan ukuran yang sesuai, lalu kemudian berikan lubang-lubang kecil pada paralon dimana pada setiap ujungnya di tutup pakai dop, lalu dibagian tengah dibuatkan lubang untuk out ke pompa air. Letakkannya paralon di bagian dasar kolam lalu timbun dengan pasir malang dengan ketinggian yang cukup, tambahkan batu koral secukupnya hingga pada ketinggan pipa out untuk ke pompa air.

Cara kerjanya Ecosand system adalah, air disekitar kolam akan di sedot oleh pompa air, namun sebelumnya air tersebut akan melalui batu koral dan pasir malang sebagai media filter yang sudah mengandung mikrobakteri dan mikroba baik untuk menjaga kesehatan air. Proses Ecosand system akan jalan terus menerus sehingga air akan tetap terlihat jernih dan bening, sehingga indah dipandang mata.

Untuk kedalaman kolam dengan ecosand system ini bermacam-macam mulai dari 30 cm hingga 5 meter.  Dan untuk kolam lama yang sudah pakai chamber ini, juga bisa menambahkan ecosand system sebagai pelengkap filter, agar air tetap terlihat natural.

Bentuk untuk kolam dengan ecosand system, bisa menggunakan berbagai bentuk, bisa kotak, persegi panjang, bulat, bentuk tidak beraturan dan lain sebagainya.

Baca Juga :

Di Banyuwangi Selokan Disulap Jadi Kolam Ikan Oleh Banyubening

Cara Memperbaiki Pompa Air Aquarium JQP 2500

Pakan Azolla Menjadi Tren Agribisnis Sekarang Ini

Aqauscape Adalah Taman Di Dalam Air

Demikianlah artikel tentang : Arti Ecosand System dan Pengertiannya. Selamat membuat dan renovasi kolam baru ya!

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Cara Terakhir Melacak dan Membersihkan Memori Hape Yang Sering Penuh

Cara Terakhir Melacak dan Membersihkan Memori Hape Yang Sering Penuh

Cara Terakhir Melacak dan Membersihkan Memori Hape Yang Sering Penuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *