Breaking News
Home > Umum > Arti Chamber Kolam dan Pengertiannya

Arti Chamber Kolam dan Pengertiannya

DedyAkas.com – Arti Chamber Kolam dan Pengertiannya. Chamber kolam adalah bak penampungan air sementara dimana sebelum air masuk ke kolam utama, air akan melalui filterisasi di setiap-setiap chamber kolam, lalu kemudian sisa air bersihnya akan masuk ke kolam utama. Chamber inilah yang bisa menghasilkan air kolam menjadi cling sebening kristal.

Arti Chamber Kolam dan Pengertiannya
Arti Chamber Kolam dan Pengertiannya

Fungsi dari chamber kolam adalah sebagai penyaring air yang telah terkontaminasi dengan sisa pakan dan kotoran ikan juga partikel lainnya seperiti zat amoniak, chamber kolam mampu menyeimbangkan kandungan air, agar menjadi air menjadi bersih, bening dan jernih, sehingga ekosistem di dalamnya tetap dalam keadaan sehat. Arah aliran air pada chamber adalah dari kolam utama air mengalir dari bawah lalu naik ke chamber pertama, lalu air akan luber lalu turun ke chamber kedua, pada chamber kedua air akan mengalir dari bawah, lalu naik ke chamber ke tiga, lalu akan keluar dari bahaw yang menuju chamber keempat atau chamber terakhir.

Susunan dan Urutan Chamber Kolam

Susunan chamber kolam sangatlah beragam tergantung kebutuhan dan keinginan juga disesuaikan dengan ikan yang dipelihara. Pada umumnya susunan dan urutan chamber kolam dimulai dari filter chamber filter mekanis, urutan kedua adalah chamber filter biologis, kemudian yang ketiga adalah chamber filter kimiawai hingga yang terakhir adalah chamber khusus. Ini artiknya semakin banyak dan luar chamber maka akan semakin membuat air terjamin akan kesehatannya. Yuk kita simak lebih lanjut apa saja kandungan yang terdapat pada masing-masing chamber.

Susunan dan Urutan Chamber Pertama Yaitu Filter Mekanis

Secara simpel media filter mekanis bisa berupa sikat atau brush, saringan atau screen, lalu japmat atau spon (sponge). Fungsi filter mekanis adalah untuk menyaring kotoran yang masih padat seperti bekas sisa pakan dan kotoran ikan. Kotoran atau sisa makanan ikan akan teraring di sikat atau saringan, sehingga untuk penyaring pada chamber berikutnya sudah merupakan kotoran yang lembut.

Susunan dan Urutan Chamber Kedua Yaitu Filter Biologis

Setelah kotoran padat telah terurai pada chamber pertama, maka pada chamber kedua bisa berfungsi untuk mengurai kotoran yang lembut. Kotoran tersebut adalah zat amoniak yang masih berbahaya, dimana pada filter biologis akan mengubah zat amoniak menjadi nitrat yang tidak berbahaya. Untuk bahannya bisa berupa bioball, bioring, japmat, batu apung atau lavarock, bahan-bahan filter biologis tersebut dimaksukan akan menjadi sarang bakteri nitrosomonas dan nitrobacter. Dimana nantinya akan berkerja untuk mengurai zat amoniak tersebut.

Susunan dan Urutan Chamber Ketiga Yaitu Filter Kimiawi

Filter kimiawi berfungsi untuk menyaring zat partikel dari kotoran yang masih tersisa dari chamber biologis. Untuk bahannya bisa berupa bebatuan zeolith, batu zeolith mampu mengikat nitrit atau zat pertikel yang masih tersisa. Sediakan juga karbon aktif yang berfungi untuk menghilangkan bau dan warna coklat pada air kolam. Sedangkan untuk menyeimbangkan kadar PH air bisa menambahkan karang jahe atau kulit kering (oyster).

Susunan dan Urutan Chamber Keempat Yaitu Filter Khusus

Chamber ini adalah hasil akhir dari penyaringan air dari kolam utama yang kemudian dialirkan ke kolam utama. Chamber terakhir ini bisa diberikan lampu UV (ultraviolet), yang berfungsi untuk membunuh jentik nyamuk dan alga. Sehingga sebelum air dari hasil saringan chamber-chamber tersebut keluar ke kolam utama, dapat dikondisikan bahwa airnya sudah benar-benar bagus dan terbebas dari zat atau senyawa yang berbahaya. Untuk mengeluarkan air dari chamber keempat ini bisa menggunakan pompa air atau pompa aquarium dengan kebutuhan yang disesuaikan pada ukuran kolam dan banyaknya air yang terkandung di dalam kolam ikan kesayangan Anda.

Baca Juga :

Arti Ecosand dan Pengertiannya

Di Banyuwangi Selokan Disulap Jadi Kolam Ikan Oleh Banyubening

Cara Memperbaiki Pompa Air Aquarium JQP 2500

Pakan Azolla Menjadi Tren Agribisnis Sekarang Ini

Aqauscape Adalah Taman Di Dalam Air

Demikianlah artikel tentang : Arti Chamber Kolam dan Pengertiannya. Bagaimana apakah kolam anda sudah ada chamber-nya?

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Q & A Kebun Anggur Di Atas Rumah

Q & A Kebun Anggur Di Atas Rumah

DedyAkas.com – Q & A Kebun Anggur Di Atas Rumah. Menanam anggur sungguh mengasyikan, apalagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *