Home > Artikel > Akhirnya Verifikasi Webmaster Berhasil Semuanya

Akhirnya Verifikasi Webmaster Berhasil Semuanya

Akhirnya Verifikasi Webmaster Berhasil Semuanya – Setelah mencari panduan beberapa artikel dari panduan para Sahabat blogger, akhirnya mendapatkan nilai kepuasan yang sungguh luar bisa. Dengan mempelajari dan mentelaah secara satu persatu, ternyata membuahkan hasil yang maksimal.

Verifikasi Webmaster yang dilakukan secara satu persatu dari yang termudah sampai yang tersulit akhirnya semunya bisa terlesaikan. Terus terang saja untuk perihal verifikasi ini boleh dibilang gampang-gampang susah. Karena dibutuhkan konsentrasi dan ketelitian, sehingga akhirnya semua bisa terlesaikan.

Perjuangan yang cukup lama untuk dilakukan dengan mencari artikel-artikel tentang panduan dan cara atau tips and tricks untuk bisa verifikasi webmaster supaya berhasil. Hasil dari pengalaman pribadi ini ternyata memiliki survey yang cukup unik, dimana artikel tersebut hanya didapatkan dari artikel-artikel lawas (sudah lama / postingan lama).

Untuk verifikasi webmaster ini memiliki 5 cara, dan akan diurutkan dari metode yang termudah sampai yang tersulit versi DedyAkas.com, diantaranya yaitu :

  1. HTML tag

Untuk yang tahap ini tergolong yang sangat mudah, karena bisa menggunakannya melalui plugin Yoast SEO, tinggal menempelkannya ( paste ) pada Pengaturan Umum pada kolom “Google Search Console”, lalu kemudian simpan perubahan dan kembali lagi pada tab Google Webmaster dan klik “VERIFY”

  1. Google Analytics

Sedangkan verifikasi ini, banyak para blogger yang menggunakan memakai cara edit HTML, dan meletakkan pada bagian atas kode </head>, untuk kodenya sendiri harus diambil dari Google Analytics pada tab “Tracking Code”. Kemudian “Perbaharui Berkas” dan balik lagi ke tab Google Webmaster lalu klik “VERIFY” dan berhasil.

  1. Google Tag Manager

Verifikasi pada tahap ini, hampir membuat saya kebingungan, dan akhirnya membutuhkan beberapa hari, karena pada waktu sebelumnya selalu saja gagal. Alhasil dari pencarian artikel tentang verifikasi Webmaster melalui metode Google Tag Manager, saya coba aplikasikan kembali gagal, hingga akhirnya terus dilakukan beberapa eksperimen, dan mengoprek semua fitur yang terdapat pada Google Tag Manager, pada akhirnya ketika VERIFY, Alhamdulillah berhasil.

  1. HTML file upload

Untuk lolos pada verifikasi ini, harus masuk ke CPANEL dan melalui menu “File Manager” pilih “folder/public_html/folder, lalu klik pada toolbar yang bertuliskan “upload”. Setelah sebelumnya men-download file tersebut dari Google Webmaster. Kemudian setelah proses upload yang sangat cepat selesai, langsung ‘VERIFY” dan berhasil.

  1. Domain name provider

Ini dia verifikasi terakhir, yang cukup menguras otak, karena lagi-lagi harus melalui CPANEL, ini berarti harus membuka CPANEL kembali agar proses verifikasi Websmater berhasil semuanya. Beberapa waktu sempat dibuat bingung, untuk perihal arahan dari artikel yang sudah didapat, setelah terkumpul informasi yang bisa dipercaya, akhirnya memberanikan diri untuk mencobanya. Dengan cara masuk ke CPANEL lalu memilih menu “Simple DNS Zone Editor” (mungkin saja beda hosting beda isi CPANEL), lalu pada “Add a CNAME Record” mem-paste kode yang didapat dari Google Webmaster pada kolom “Name:” dan “CNAME:” dan meng-klik “Add CNAME Record”, setelah prosesnya selesai, kembali lagi pada tab Google Webmaster lalu VERIFY dan Alhamdulillah, apa yang selama ini diinginkan berhasil.

Akhirnya Verifikasi Webmaster Berhasil Semuanya - Dedy Akas Website

Proses demi proses, metode demi metode berhasil dilewati semuanya dengan cara satu persatu, hal ini akan menandakan bahwa pemilik dari website www.dedyakas.com telah memiliki mutu Webmaster.

Akhirnya artikel tentang : Akhirnya Verifikasi Webmaster Berhasil Semuanya, telah berhasil dibuat berdasarkan pengalaman pribadi yang cukup menguras daya pikir dari seorang blogger pemula.

Happy Blogging!!!

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di Dedy Akas Website.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Memilih Rental Mobil Bali Lepas Kunci, Banyak Untungnya!

Memilih Rental Mobil Bali Lepas Kunci, Banyak Untungnya!

Kini penyedia jasa rental mobil sangatlah banyak. Tentu ini sangat bermanfaat bagi sebagian orang yang …

6 comments

  1. Verifikasi Google Analytics gagal terus, Mas. Gak tau kenapa ini. Haduh.

    • Hallo Mas Rudy…
      Untuk google analytics bagi blogger maupun WP biasanya pada pakai edit HTML…
      Coba ceck dari awal lagi, dari mulai nama email, nama blog (www atau non-wwww), sampai pada peletakan Kode script dan kode ID…
      Jangan lupa peletakannya di atas kode …
      Di coba lagi Mas…!! 😀

  2. Dzatmiko

    hallo mas dedy.. mau tanya dong, google tag manager itu apa ya?? saya kok baru dengar ya??
    Terimakasih

    • Sudah lama ada Mas Dzat…
      Adanya di Webmaster – google console “web properties”

      Silahkan menuju TKP… 😀

  3. muhammad mukhlis

    ini ferifikasi WP ke webmaster ya mas

    • Iya Mas Mukhlis…
      Namun untuk blogger.com sepertinya tidak jauh berbeda… bahkan kalau tidak salah, hanya berbeda pada HTML Tag saja… 😀
      Salam,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *