Breaking News
Home > Tips and Tricks > Aglaonema Layu Berdaun Kuning Cek Akarnya

Aglaonema Layu Berdaun Kuning Cek Akarnya

DedyAkas.com – Aglaonema Layu Berdaun Kuning Cek Akarnya. Untuk para pencinta tanaman hias khususnya para pencinta tanaman yang berdaun indah bercorak dan berwarna warni yaitu aglaonema atau aglonema pastinya jika daun rusak atau menguning, hal demikian merupakan penyakit tanaman aglaonema yang harus disembuhkan atau diobati. Lalu bagaimana caranya jika tanaman aglaonema terlihat agak layu lalu ada daun yang menguning, hal demikian bisa jadi karena akar tanaman aglaonema tersebut sedang bermasalah, segeralah bongkar media (secara perlahan, agar tidak ada dahan atau akar yang patah), cek medianya lalu cek akarnya.

Aglaonema Layu Berdaun Kuning Cek Akarnya
Aglaonema Layu Berdaun Kuning Cek Akarnya

Aglaonema layu berdaun kuning cek akarnya, hal demikian dikarenakan adanya luka pada akar tanaman sehingga menyebabkan bakteri masuk hingga membuat pembusukan akar, batang hingga daunnya. Caranya adalah dengan memotong bagian akar yang busuk, sedangkan untuk daun yang layu menguning dipotong saja. Untuk pemotongan akarnya yang busuk, potong akar secara sedikit demi sedikit, hingga menemukan akar yang terlihat segar dan tidak terlihat lagi spot warna coklat atau kuning dibagian permukaan akar yang dipotong.

Jika sudah selesai bersihkan akarnya, yang tentu saja daunnya juga sudah disisakan yang segar saja, segeralah bekas potongan akar tadi dioleskan dengan betadine atau fungsida, fungsinya adalah agar bekas potongan akar yang sudah segar tadi, bisa terutup rapat dan aman dari jamur dan bakteri, diamkan hingga mengering.

Kemudian pada media tanamnya perlu diganti dengan media tanaman yang baru dan bebas dari jamur atau bakteri. Media tersebut adalah campuran sekang bakar atau garang, sekam mentah, cocopeat dan akar pakis. Taburkan fungisida secukupnya pada media tanaman. Hal ini bisa dipakai juga ketika membongkar tanaman aglaonema yang akarnya masih dalam keadaan sehat semuanya, maka dari itu perlu penggantian media yang baru, agar tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup untuk kebutuhan akar, batang, daun dan corak warna yang sesuai.

Siram dengan air secukupnya saja, penyiraman dengan suhu yang normal adalah 2 hari sekali. Bagi kalian yang sudah menyiram setiap hari, buatlah media tanam yang lebih poros, seperti menambahkan pasir malang, agar jika media tanam disiram air, maka akar turun dengan cepat sehingga tidak akan menimbulkan pembusukan akar.

Tips bagi pemula yang ingin memelihara aglaonema:

  • Belilah tanaman aglaonema yang murah dulu agar jika pohon mati tidak terlalu menyesal
  • Usahakan membeli tanaman aglaonema dengan datang langsung ke petani atau ke kolektor, belilah tanaman yang utuh yaitu dengan pot berikut media tanamnya, hal demikian agar tanaman tetap segar tidak ada perubahan jika dibawa pulang ke rumah.
  • Jika membeli lalu yang datang adalah tanaman tanpa media tanam, maka hal yang perlu dilakukan adalah buka paket, letakkan tanaman di tempat yang teduh, lalu angin-anginkan hingga setengah jam, lalu rendam akarnya dengan air (air biasa tanpa campuran apapu) hingga seharian, setelah itu pastikan kondisi akar sudah kaku, kemudian siapkan media tanam, setelah di pot, letakkan tanaman selama seminggu di tempat teduh, untuk menyesuaikan pada media barunya. Oiya untuk sementara tanaman jangan dipindah-pindah terlebih dahulu karena bisa mengakibatkan luka pada akarnya yang akhirnya akan terjadi pembusukan pada akar.

Sudah ya gitu aja, semoga bisa diaplikasikan dan berhasil ya!… Oiya kamu punya aglaonema apa?

Baca Juga :
Pentingnya Sungkup Pada Pohon Dongkelan

Inilah Hasil Update Pentingnya Sungkup Pada Pohon Dongkelan

Cara Menghilangkan Kutu Putih Pada Tanaman

Manfaat Pemangkasan Tanaman

Perawatan Bonsai

10 Bonsai Terindah Di Dunia, Salah Satunya Berusia 800 Tahun

Inilah 3 Jenis Pohon Yang Paling Sering Dijadikan Bonsai

Mengenal Arti, Asal-Usul, Proses, Teknik Pembentukan dan Perawatan Bonsai

Taman Mini di Dalam Toples Kaca itu Disebut Terarium

Macam Macam Nama Bunga

Demikianlah artikel tentang : Aglaonema Layu Berdaun Kuning Cek Akarnya. Semoga bermanfaat.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Lakukan Hal Ini Jika Tidak Ingin Menyesal Hape Bootloop

Lakukan Hal Ini Jika Tidak Ingin Menyesal Hape Bootloop

Lakukan Hal Ini Jika Tidak Ingin Menyesal Hape Bootloop - Reset Factory

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *