Home > Panduan > 9+ Macam Macam Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

9+ Macam Macam Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

DedyAkas.com – 9+ Macam Macam Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami. Setiap orang mempunyai bermacam-macam cara demi untuk menurunkan berat badan. Ada yang pakai obat, ada yang pakai cara alami, ada yang pakai olahraga bahkan ada juga yang tanpa olahraga hingga cara terekstrim yaitu sedot lemak.

Namun tahukan anda bahwa ternyata ada banyak sekali cara untuk menurunkan berat badan. Berikut ini saya sajikan 9+ Macam Macam Cara Menurunkan Berat Badan. Semoga salah satunya bisa Anda lakukan dengan baik dan berhasil menurukan berat badan.

9+ Macam Macam Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami – (image by istock)
9+ Macam Macam Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami – (image by istock)

Bacalah artikel ini dengan seksama, pergunakanlah caranya dengan bijak dan bertahap, pakai aturan yang benar juga jangan berlebihan, karena jika Anda lakukan dengan cara yang ekstrim maka malah akan membayakan diri Anda sendiri.

Lakukan penurunan berat badan dengan cara yang alami karena cara ini merupakan cara yang paling aman dan mudah untuk dilakukan tanpa rasa khawatir karena tanpa efek samping bagi kesehatan tubuh Anda.

Berikut adalah 9+ Macam Macam Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami:

1. Berolahraga

Berolahraga dan mengeluarkan keringat merupakan cara yang ampuh untuk membuang lemak. Lakukan secara perlahan namun berkontinyu atau berkelanjutan atau rutin. Buatlah jadwal atau catatan tentang hari atau jam untuk berolah raga secara berkala dan berkesinambungan. Harap diperhatikan untuk makanannya, hindari makanan cepat saji atau Junkfood, karena makanan cepat saji akan kembali menimbun lemak pada tubuh Anda, kenapa demikian? Karena makanan cepat saji mengandung MSG yang tinggi sehingga dapat menaikkan berat badan secara cepat. Carilah gantinya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein seperti telur, ayam atau ikan dan jika sebelum tidur anda merasa lapar, cobalah kudapan seperti wortel mentah atau kudapan lainnya. Lalu olahraga seperti apa yang bisa dilakukan dalam keseharian? Jawabannya adalah jogging, bersepeda, berenang atau mungkin mau coba olahraga tinju. Semua olahraga tersebut adalah olah raga aerobik yang mampu mengeluarkan keringat. Oh iya model lain olahraga yang bisa anda coba adalah kardio. Kenapa? Karena menurut penelitian dilakukan secara rutin yaitu 45 menit selama 5 kali dalam seminggu dinyatakan mampu menurunkan berat badan mulai dari 3,8 kilogram hingga 11,5 kilogram.

2. Minuman Air Jeruk Nipis

Bagaimana caranya supaya minuman air jeruk nipis ini bisa berkhasiat untuk menurunkan berat badan? Caranya adalah dengan meracik jeruk ini dengan tambahan air hangat. Kenapa jeruk nipis mampu menurunkan berat badan? Begini jawabannya; Jeruk nipis memiliki kandungan yang tinggi  untuk banyak vitamin dan nutrisi, seperti vitamin C, kalsium, fosfor, vitamin B1, karbohidrat, lemak, air, hingga zat besi. Buatlah jadwal minum air jeruk nipis, lakukan secara konsisten. Dikarenakan jeruk nipis merupakan bahan alami, maka Anda bisa meminumnya sehari 3 kali, yaitu pagi, siang dan saat mau tidur. Lalu kenapa saat mau tidur-pun harus menimun air jeruk nipis? Karena kandungan yang terdapat pada air jeruk nipis mampu mendetoks semua kotoran bahkan racun dalam tubuh, sehingga setelah bangun tidur Anda bisa (BAB) setiap pagi secara rutin, akhirnya tubuh Anda akan sehat, karena kandungan lemak dalam tubuh anda akan berkurang. Perlu diingkat untuk mengkonsumsi minuman air jeruk nipis ini haruslah orang tidak memiliki masalah pada lambungnya.

3. Minum Air Putih

Air putih merupakan zat mineral murni. Perbanyak minum air putih sangatlah baik untuk tubuh Anda selama tidak over. Air putih bisa Anda minum secara rutin sebanyak 1,8 liter atau 8 gelas hingga 10 gelas air putih untuk setiap harinya. Kenapa air putih mampu menurunkan berat badan? Begini jawabannya; Jika Anda minum air putih secara rutin dan teratur, maka kinerja ginjal Anda akan bekerja dengan baik, mampu membuang racun di dalam tubuh, dapat membuat kulit tampak cerah dan banyak lagi manfaat-manfaat lainnya.

4. Banyaklah Konsumsi Sayur dan Buah

Perbanyak konsumsi sayur dan buah. Kenapa? Karena sayur dan buah banyak mengandung serat yang tinggi, nah serat inilah yang nantinya mampu membantu proses detoksifikasi dalam tubuh, sehingga dapat membantu penurunan berat badan, mampu menurunkan kolesterol tinggi, membersihkan saluran pencernaan Anda, melindungi usur besar dari penyakit, melawan endapan lemak pada pemuluh darah, bisa mengurangi gula darah hingga memperlambat penyerapan glukosa. Selain untuk menurunkan berat badan, ternyata banyak sekali manfaat dari Sayur dan Buah ini. Lakukan secara rutin dan terjadwal, pelajari dan nikmati segala prosesnya. Bukan untuk orang lain, tapi untuk diri Anda sendiri, sehingga bisa mendapatkan tubuh yang sehat dengan berat badan yang ideal.

5. Hindari Makan atau Ngemil di Malam Hari

Kenapa demikian? Makan atau ngemil di malam hari akan membuat cepat gemuk dan menghasilkan tubuh yang berlemak. Karena pada malam hari merupakan waktunya tubuh kita istirahat dan sudah tidak perlu mendapatkan konsumsi yang berlebih. Hindari kebiasaan makan ngemil di malam hari, jika sebelumnya Anda seperti itu kurangilah dengan mengganti makananan menjadi buah-buahan seperti apel atau buah lainnya. Jika sebelumnya rutin atau terbiasa makan/ngemil di malam hari bisa mengurangi porsinya secara bertahap dan jangan langsung tidur tunggulah beberapa saat sekitar 2 sampai 3 jam. Sebenarnya yang bagus itu adalah perbanyak sarapan dan perbanyak makan siang dan menghindari makan malam.

6. Hindari Konsumsi Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan itu seperti apa ya? Berikut jawabannya; Karbohidrat olahan yaitu seperti roti putih, sereal sarapan hingga makanan kemasan. Lalu harus diganti dengan apa? Gantilah konsumsi dengan karbohidrat utuh yaitu seperti; gandum, beras merah dan quinoa. Kenapa konsumsi karbohidrat olahan harus dihindari? Karena karbohidrat olahan memiliki kandungan yang tinggi kalori, rendah nutrisi namun mudah diserap oleh tubuh, sehingga dapat mempercepat kembali rasa lapar hal ini karena telah terjadi lonjakan gula darah, hal ini jugalah yang nantinya akan menimbulkan banyak lemat yang terdapat pada perut. Jadi supaya program penurunan berat badan Anda bisa melalui proses yang benar maka gantilah karbohidrat olahan dengan karbohidrat utuh.

7. Hindari Minuman Kemasan

Minuman kemasan yang mengandung kadar gula yang tinggi mampu menambah berat badan Anda. Minuman kemasan seperti apakah itu? Minuman kemasan tersebut antara lain adalah; soda, jus, kopi dan teh atau minuman manis lainnya. Agar asupan kalori di dalam tubuh tidak berlebih, Anda bisa menggantinya dengan meminum air mineral. Seperti point nomor 3.

8. Mengunyah Makanan Lebih Lama

Walau terdengar agak aneh, namun cara ini sudah diteliti oleh Department of Nutrition and Food Sciences, University of Rhode Island, Kingston, AS. Bahwa dengan cara makan yang perlahan-lahan mampu mengurangi asupan kalori sebanyak 10 persen. Makan secara perlahan juga dapat meningkatkan kadar horman di dalam tubuh yang mampu menjadikan mendapatkan rasa kenyang. Apalagi jika dipadukan dengan point nomor 3, yaitu minum air putih sebelum makan.

9. Makan Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi

Karena dengan protein yang tinggi mampu membuat tubuh anda kenyang lebih lama dan bisa menghambat rasa laper juga bisa menurunkan kadar hormon yang mengaktifkan rasa lapar. Akhirnya nafsu makan yang tinggi pada diri Anda bisa dikurangi karena proses pencernaan protein yang tinggi akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Note:

Lakukan cara menurunkan berat badan dengan benar dan teratur juga berkelanjutan. Jika Anda berusaha dengan sungguh-sungguh maka tidak ada hasil yang sia-sia.

Baca Juga:

Obsesi Adalah

Pembahasan Tentang Ambisi dan Obsesi

Mati Gaya Adalah

Inilah Dampak Mati Gaya

Tips Mencegah Diabetes dengan Mengkonsumsi Makanan Sehat

Artikel Adalah Makanan Untuk Blog Atau Website

5 Manfaat Nyata Mengonsumsi Teh Panas untuk Meningkatkan Kesehatan

Inilah Yang Dilihat Cowok Pertama Kali Dari Cewek

Demikianlah artikel tentang : 9+ Macam Macam Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami. Semoga bemanfaat bagi Anda dan jangan lupa di-share atau bagikan ke teman Anda yang membutuhkannya.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Cara Menghilangkan Kutu Putih Pada Tanaman

Cara Menghilangkan Kutu Putih Pada Tanaman

DedyAkas.com – Cara Menghilangkan Kutu Putih Pada Tanaman. Cara penggulangan kutu putih atau White Fly …

One comment

  1. Kalau jeruk tipis, perut saya tidak tahan dengan rasa asamnya.
    Olah raga yang sering saya lakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *