Home > Artikel > 7 Panduan Mengurus Blog Baru Yang Menjadi Tantangan Baru

7 Panduan Mengurus Blog Baru Yang Menjadi Tantangan Baru

Hallo para Sahabat setia DedyAkas.com, cukup lama juga tidak menulis artikel, yang akhirnya membuat tangan ini menjadi gatal untuk menulis artikel kembali. Artikel kali ini berjudul : 7 Panduan Mengurus Blog Baru Yang Menjadi Tantangan Baru.

Pembuatan blog baru ini menggunakan blogger.com yaitu blogspot yang kemudian dijadikan non-hosted dengan mendaftar domain gratis kepada Freenom.

Sungguh hal yang di luar dugaan, ternyata cukup sulit untuk kembali belajar blogspot dimana tempoe doeloe pernah belajar blogspot namun belakangan ini jarang mengasah ilmu sehingga diharuskan kembali belajar dari awal.

7 Panduan Mengurus Blog Baru Yang Menjadi Tantangan Baru | Dedy Akas Website

Berikut akan diberikan 7 Panduan Mengurus Blog Baru Yang Menjadi Tantangan Baru :

  1. Membuat blog dengan tampungan atau wadah yang masih gratis, karena pembuatan blog ini sifatnya sebagai uji coba ilmu ngeblog melalui blogspot.

Tampungan atau wadah dari Google untuk menulis artikel ini sampai sekarang masih gratis. Oleh karena itu, mumpung masih gratis, saya akan mencoba untuk terus mengeksploitasi dan menuntaskan pembuatan blog ini.

Dengan mempelajari kerangka/bingkai dari template, widget, sampai yang paling sulit bagi saya yaitu peng-kode-an, seperti SCRIPT atau HTML.

  1. Merubah blogspot.co.id ( Hosted ) menjadi domain.com ( Non-Hosted ), hal ini sangat diperlukan dimana kedepannya jika ingin didaftarkan ke Google AdSense, maka tidak perlu diadakan upgrade lagi, karena sudah dijadikan non-hosted.

Hal ini sangat penting bagi blog, dimana blog yang ingin cepat bisa didaftarkan kepada Google AdSense, maka harus dirubah dulu dari Hosted menjadi Non-Hosted. Sehingga jika nantinya blog sudah memiliki trafik yang memadai dan penulisan artikel yang langsam atau stabil. Maka jika sudah ada niat, bisa langsung di apresiasikan.

  1. Mencari tempat daftar Domain Non-Hosted gratis, kali ini saya mencobanya melalui Freenom. Dengan domain gratis selama satu tahun.

Freenon sudah sangat lama terkenal dengan pembuatan domain gratis-nya yang berjangka waktu selama satu tahun, dengan perpanjangan tahun berikutnya maka diharuskan untuk membayar. Untuk bisa dijadikan menjadi dot com.

Untuk ekstensi yang masih gratis dari Freenom ini pilihannya adalah sebagai berikut : dot TK, dot ML, dot GA, dan lain-lain.

  1. Ingin uji coba apakah pendaftaran Google AdSense melalui bawaan blogger.com akan ada perbedaan jika sebelumnya saya menggunakan WordPress.org.

Entah kenapa blog bawaan WP.org ini, agak sulit untuk bisa lolos atau tembus kepada pendaftaran Google AdSense.

Juga sedikit membuat saya terkatung-katung di tengah para publisher lainnya, dengan sekelilingnya yang menggunakan platform bawaan dari blogger.com.

Seringkali saya membaca artikel atau tread yang mengatakan, pendaftaran yang ditolak, atau ditolak berkali-kali.

Namun pada platform WP.org, saya tidak pernah ditolak. Bahkan pendaftaran yang kedua-pun juga tidak ditolak. ( Jadi saya belum pernah merasakannya yang namanya ditolak ).

  1. Membuat nama blog dan niche blog yang sesuai dengan atau bermakna deskripsi.

Ini adalah yang paling sulit, karena ketika sudah memiliki blog yang ber-niche maka diharuskan juga untuk berkomitmen untuk membuat blog yang mengulas atau membahas seputaran niche tersebut saja. Namun kabar baiknya adalah memiliki keuntungan yang di atas rata-rata, atau memiliki reputasi yang cukup tinggi di mata Google. Sehingga blog tersebut akan mempunyai alasan untuk dikunjungi.

Jika timbul ide yang lain, maka akan dialihkan kepada blog yang gado-gado, karena niche blog tersebut memiliki arti yang sangat luas, sehingga tidak ada salahnya jika dialikan ke tempat tersebut.

  1. Mengatur waktu, tenaga dan pikiran.

Ini juga menjadi tantangan yang sangat menguras, baik dari segi waktu, tenaga dan pikiran. Dimana ketika sudah di depan komputer, maka pikiran akan langsung terpecah menjadi dua. Satu untuk blog yang lama, dan satu lagi untuk blog yang baru.

Masing-masing mempunyai ke-unik-an yang berbeda-beda, dari mulai platform yang berbeda, wadah penampungan yang berbeda, juga niche yang berbeda.

Untuk itu saya harus berbuat adil, yang rencananya dalam satu hari fokus pada pembuatan artikel gado-gado, dan di hari berikutnya fokus pada pembuatan artikel di blog niche.

  1. Menyiapkan artikel-artikel yang sesuai dengan niche nama blog.

Seperti biasa penyiapan artikel dengan jumlah kata yang rata-rata 400 – 700 kata merupakan hal yang wajib.

Mengeluarkan ide-ide baru untuk blog niche, sehingga mengharuskan untuk mencari sumber yang terpercaya, namun untuk isi konten atau tulisannya diharuskan juga hasil tulisan sendiri.

  1. ( BONUS )

Pemilihan Theme ( Tema ) atau Template yang gratis.

  • Nama blog sudah ada
  • Niche blog sudah siap
  • Deskripsi sesuai niche blog
  • Perubahan sudah terjadi dari hosted ke non-hosted
  • Penyiapan-penyiapan lainnya seperti artikel, sudah beberapa di siapkan.
  • Maka panduan terakhirnya adalah, pemilihan Theme ( Tema ) atau Template yang nantinya akan menjadi cikal bakal wadah untuk penulisan artikel dan update artikel.

Pemilihan tema juga mencari yang gratis, maklum saja, di dunia ngeblog ini banyak sekali bertebaran tema-tema yang disediakan secara cuma-cuma atau gratis. Pemilihan tema yang umum, seperti salah satu contohnya adalah memiliki sidebar right, dimana bisa diperuntukkan untuk peletakkan widget atau peletakkan kode HTML pendukung.

 

7 Panduan Mengurus Blog Baru Yang Menjadi Tantangan Baru ini akan menjadi kesan tersendiri yang cukup unik untuk dijalankan. Ketika semuanya mengandung konsistensi, maka akan berjalan normal karena pada awalnya sudah dipersiapkan terlebih dahulu.

Baiklah para Sahabat setia DedyAkas.com, sekian dulu artikel tentang : 7 Panduan Mengurus Blog Baru Yang Menjadi Tantangan Baru, mohon do’a dan bimbingannya. 😀

Happy Blogging!!!

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di Dedy Akas Website.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Jangan Anggap Remeh, Rawat Gigi Anda Dengan Baik

Jangan Anggap Remeh, Rawat Gigi Anda Dengan Baik

Jangan anggap remeh, rawat gigi anda dengan baik. Pentingnya perawatan gigi membuat kita tidak boleh …

39 comments

  1. muhammad mukhlis

    hidup baru tahun baru semangat baru blog baru ya mas dedy, ahahaha 🙂 semoga sukses mas 😀

    • Iya nih… Mas Mukhlis… pengen ada beberapa perubahan di Tahun 2016 ini… hehe 😀
      Sukses juga buat Mas Mukhlis… 🙂
      Salam,

      • sy mau duduk dsni dulu ya mas ,,,

        • Silahkan Mas Fiu…
          Mau tidur-tiduran juga boleh… hehe 🙂
          BTW kapan nih makan-makan dari gajian GA-nya… 😀

  2. Semangat baru saya ikut mendukung kang 😀

  3. huda

    Semoga dengan yang serba baru semua menjadi baru dan berkah, aaaaamiii8n

  4. Mangs Aduls

    mas ko judulnya tujuh isinya 8 ya. ini namanya bonus

    • Hehehe… biarkan saja… buat bonus juga boleh 😀

      • Dzatmiko

        Bonus karna sudah membaca panduannya dari 1 hingga 7 ya. hehehe

  5. Dzatmiko

    Mungkin untuk membuat niche blog sangat sulit untuk pemula seperti saya ini kang, tapi setelah baca artikel kang dedy ini pada poin no 5, 6 dan 7 serta bonusnya, saya jadi pengen punya blog lagi dan fokus pada tema blog dan komitment untuk tidak gado-gado lagi. hehehe

  6. Dzatmiko

    Untuk google adsense saya sering di tolak dulu kang, dan alhamdulillah kemarin bulan november di setujui dan masih tahap review hingga saat ini. masih tetap bersabar dan berdoa semoga cepat full aprove

    • Wah… sudah mulai ada titik terang Mas Dzat…
      Semoga cepat di full approved… 😀
      Amiin… 🙂

  7. Saya rasa demikian Mas Dzat…
    Membuat artikel yang selalu berkomitmen niche, sepertinya agak sulit, namun saya juga mencoba untuk menjalankannya, dan ingin tahu rasanya… 😀
    Terima kasih… 🙂

  8. Umar Syarifudin

    gan apakah nama domain seperti [dot].TK berpengarung dengan adsense…..katanya kalo pakek domain .TK bakal bermasalah dengan adsense…..apa bener?

    • Ah… yang benar Mas Umar… 😀
      Saya belum tahu untuk perihal itu…
      Coba nanti saya cari tahu…
      Terima kasih atas, pertanyaannya…
      Salam,

    • Saya lihat ada salah satu blog dengan flatform blogger dan domain tk tapi pengunjungnya puluhan ribu dan iklan adsense tampil di sana mas..

      • Wah… menarik sekali Mas Husni…
        BTW kalau boleh tahu nama blog-nya apa ya?
        Salam,

  9. Yang bener bener tertantang adalah rasa malasnya itu mas. wkwkwk

    • Wah… kalau yang itu mesti dibuang jauh-jauh Mas Eksa… hehehe 😀
      Salam semangat selalu… 🙂

  10. Bintang Share

    Ini blognya pake blogger atau wp. mas?

    • Hallo Mas Bintang…
      Blog DedyAkas.com menggunakan WP…

      Terima kasih… 😀
      Salam,

  11. asnaji c s

    Masing-masing mempunyai ke-unik-an yang berbeda-beda, dari mulai platform yang berbeda, wadah penampungan yang berbeda, juga niche yang berbeda. cara berkreasi di blog juga berbeda

    • Halllo Mas Asnaji…
      Terima kasih atas tambahannya…
      Semakin banyak perbedaan, maka semakin indah ya… 😀
      Salam kenal… 🙂

  12. trikpos

    kalau saya mas Mengatur waktu, yang agak kerpotan…maklum blog nya banyak

    • Hallo Mas Trikpos…
      Ternyata punya banyak blog ya?
      BTW punya berapa blog ini hehe 😀
      Salam,

  13. Dzatmiko

    Malam mas Dedy, di kolom atas ada form nama pengguna dan kata sandi itu buat apa ya mas?

    • Hallo Mas Dzat…
      Kolom tersebut bisa digunakan untuk LOGIN, bagi yang sudah REGISTER sebelumnya…
      Fungsinya adalah untuk masuk sebagai MEMBER untuk menulis di FORUM atau MENGIRIM ARTIKEL… 🙂
      Terima kasih… 😀
      Salam,

  14. indra lesmana

    ternyata sulit juga untuk membuat blog yang bagus

    • Hallo Mas Indra…
      Iya memang benar… sangat sulit dan banyak kendala… 😀
      Terima kasih 🙂
      Salam,

  15. Nuhan Nahidl

    Memang susah untuk membangun sebuah blog baru, apa lagi kalau punya banyak blog.. susah banget mas.

    • Hallo Mas Nuhan…
      Iya betul sekali Mas…
      Namun tidak ada salahnya, untuk mencoba membuat dua blog dahulu, setelah sudah terbiasa, maka sudah bisa membuat blog yang berikut yaitu blog ke tiga dan seterusnya…
      Salam,

  16. Pa kabar mas Dedy,blog baru ya mas…?
    Mantaaap dah.
    Semoga sukses aja.

    • Hallo Mba Cita…
      Kabar baik… hehe…
      Ini blog lama koq, blog yang dulu, mungkin terakhir kali melihatnya dengan template yang berbeda… 😀
      Terima kasih…
      Salam sukses juga… 🙂

  17. Mohammad agustiar

    kalo saya sih baru beberapa bulan ngeblog pengennya sih punya hosting sendiri tapi pengen kejar target visitor dulu pake blog gratisan baru deh kalo target udah terpenuhi pindah ke self hosting terus pake wp deh 😀

    • Hallo Mas Agustiar…
      Ada baiknya jika langsung dipraktekan secepatnya Mas…
      Karena semakin cepat, semakin baik dan semakin banyak waktu untuk belajar…
      Dimana masih ada kesempatan, disitulah kita pergunakan dengan sebaik-baiknya…
      Salam,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *