Home > Artikel > 7 Panduan Cara Membuat Blog Gratis Menghasilkan Uang

7 Panduan Cara Membuat Blog Gratis Menghasilkan Uang

DedyAkas.com – Panduan cara membuat blog gratis menghasilkan uang. Hallo para Pengunjung dan Sahabat setia DedyAkas.com, ayo kita terus eksis di dunia blogger!!!

Pada kesempatan ini saya akan membuat artikel untuk memberikan panduan dan cara menghasilkan uang hanya dengan modal memiliki blog atau website.

Artikel ini penting untuk dibaca oleh para Sahabat yang masih bingung tentang bagaimana membuat blog atau website yang menghasilkan uang.

Berikut ini adalah sebuah panduan dan cara yang sederhana juga tentunya bisa dilakukan oleh semua para blogger pemula, marilah kita simak secara bersama panduan dan cara apa saja yang harus dipersiapkan :

PANDUAN CARA PERTAMA :

Mencari Pengertian Tentang Ngeblog

Blogging atau ngeblog hampir mirip dengan menulis artikel di buku harian, bedanya kalau buku harian itu ditulis secara manual melalui coretan tinta pada sebuah buku atau lembaran kosong. Sedangkan ngeblog adalah menulis artikel pada lembaran dan kemudian di publish secara online melalui media blog atau website dan untuk topiknya sendiri bisa sangat bermacam-macam, seperti cerita pribadi, pengalaman pribadi, fashion, teknologi, gadget, kesehatan dan masih banyak yang lainnya.

PANDUAN CARA KEDUA :

Cara Memulainya

Saya akan memberikan sedikit pengertian tentang persamaan dan perbedaan blogspot.com dan wordpress.com.

Persamaan :

Blogspot.com dan WordPress.com merupakan sebuah layanan untuk membuat blog gratis terbaik yang pernah ada.

Perbedaan :

Untuk Blogspot.com bisa daftarkan ke Google AdSense sedangkan WordPress.com tidak.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Sahabat yang ingin menggunakan jasa layanan gratis untuk bisa menghasilkan uang maka gunakanlah Blogspot.com

PANDUAN CARA KETIGA :

Mencari dan Membuat Nama Blog

Bila sahabat sebelumnya sudah memiliki nama yang diinginkan, maka akan menjadi namablog.blogspot.com (contoh) atau namablog.wordpress.com (contoh).

Ada baiknya sesuaikan keinginan Sahabat apakah akan memilih blogspot.com atau wordpress.com

Dan yang sangat penting dan perlu diingat adalah pemilihan nama blog harus benar-benar mencerminkan topic yang akan dibahas pada blog Sahabat.

PANDUAN CARA KEEMPAT :

Menentukan Judul Artikel Sebuah Blog

Nama blog dan judul artikel merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dan akan menjadi hal yang terpenting demi menceritakan isi blog secara keseluruhan. Penentuan judul diharuskan memiliki kaitan dan dengan judul blog.

Contoh nama blog Sahabat adalah tukangbuah.blogspot.com (contoh), maka ada baiknya judul artikel yang ada di dalam blog tersebut kurang lebih seperti :

Jual Beli Buah Murah (judul artikel) menceritakan tentang jual beli buah murah, dan terus kembangkan dengan mengetik pada lembaran kosong hingga mencapai 300 – 400 atau 500 kata akan tetapi makin banyak jumlah katanya makin bagus.

Dan jadinya akan kurang lebih seperti : tukangbuah.blogspot.com/jual-beli-buah-murah/. Dimana isinya adalah menceritakan tentang jual beli buah murah (semuanya saling keterkaitan baik judul blog maupun judul artikel).

Adapun tujuannya adalah untuk memadukan antara nama blog dan judul blog yang bisa menghasilkan kata kunci (keyword) yang bisa dicari secara relevan pada Custom Search Engine di Google.

PANDUAN CARA KELIMA :

Buatlah Kategori Pada Blog

Ketika sudah mendaftar ke Blogspot.com, dan sudah mempunyai nama blog juga sudah menyiapkan artikel untuk di publish. Panduan dan cara selanjutnya adalah membuat kategori pada blog.

Pengertian kategori pada blog :

Kategori bisa jadi adalah sub-topik, dimana akan sangat berguna sebagai pemetaan atau pengelompokkan dari isi sebuah blog yang sudah dibuat. Sehingga nantinya akan membuat selalu fokus pada topic, sehingga akan terlihat relevan di mata para pembaca bahkan di mata Google. Dimana akan menghasilkan sebuah fokus yang selaui berkaitan dengan topic yang dibuat.

Fungsi lain dari kategri adalah :

Bisa memudahkan Sahabat Pengunjung atau Pembaca lainnya, untuk mencari artikel yang terkait. Oleh karena itu utamakan selalu fokus pada topik.

PANDUAN CARA KEENAM :

Tulislah Artikel Secara Konsisten dan Relevan ( Terkait )

Hal yang paling susah di alami oleh para blogger pemula adalah konsistensi menulis dan bukan hanya itu para blogger juga harus menulis artikel relevan ( terkait ).

Maksudnya adalah :

  • Artikel yang dibuat bisa sangat berguna untuk mencari dan memecahkan masalah tertentu.
  • Berisi tentang artikel panduan, cara, tips and tricks. Hal ini sangat berguna untuk penyederhaanaan dari sebuah uraian yang umumnya panjang.
  • Membulatkan tekad pada diri sendiri bahwa membuat blog adalah untuk menghasilkan uang.
  • Menulis artikel secara-terus menerus akan juga senantiasa update, jadwal pada jangka waktu tertentu, misalnya adalah : pagi, siang, sore, malam, maka berarti dalam satu hari akan tercipta 4 artikel (hal ini bisa terjadi jika konsisten dan fokus).

7 Panduan Cara Membuat Blog Menghasilkan Uang | Dedy Akas Website

PANDUAN CARA KETUJUH :

Mempromosikan Blog Kepada Sahabat Lainnya

Sudah memiliki blog dan sudah memiliki artikel, maka panduan cara berikutnya adalah melakukan promosi blog, dengan begitu akan membuat secara otomatis Pengunjung akan datang ke blog Sahabat melalui mesin pencari atau melalui kata kunci yang dijelaskan atau di definisikan.

Banyak cara mempromosikan sebuah blog :

  1. Cara yang paling familiar sampai sekarang adalah menggunakan Media Sosial atau Media Jejaring Sosial. Namun cara yang paling dianjurkan oleh Google adalah melalui media social Google Plus ( G+ )
  2. Melakukan share atau posting juga thread pada sebuah forum atau diskusi, hal ini akan sangat berguna untuk membangun backlink
  3. Membuat artikel di ( Buku Tamu atau Menulis Artikel ), akan sangat berguna bagi nama blog Anda akan menjadi ikutan popular pada nantinya.
  4. Namun bagi yang sudah mengerti di dunia blogger, biasanya akan mengoptimalkan dengan pengintegrasian blog kepada Google Analystic, sedangkan untuk pemiliknya sendiri akan bisa mengukur jumlah pengunjung yang data ke blog.
  5. Menggunakan promosi blog dengan menggunakan mesin pencari (Google, Yahoo, Bing, dan lain-lain), namun demikian mesin pencari tidaklah secepat yang kita harapkan untuk itu Anda harus mengoptimalkan blog agar mesin pencari bisa mengindexs blog Anda dengan baik. Saya sendiri sedang mencari caranya.

Kesimpulan 7 Panduan Cara Membuat Blog Gratis Menghasilkan Uang adalah :

  1. Setidaknya membutuhkan paling tidak 200 pengunjung hingga 300 pengunjung per hari untuk menjadikan blog anda sebagai blog yang bisa mendatangkan iklan.
  2. Namun hal itu juga belum cukup karena anda masih harus mendaftarkan blog anda pada Google Adsense, biasanya hal yang paling sulit untuk dilewatkan adalah proses tahap review kedua.
  3. Membuat blog memang tidak sederhana, melainkan butuh kerja keras, kesabaran, konsistensi dan fokus.
  4. Jangan pernah menjadikan sebagai beban untuk menulis tapi anggapnya sebagai hobby dan mulailah menulis artikel yang berguna dalam setiap waktu luang yang anda miliki.
  5. Satu hal yang jelas, dengan menjalani proses di atas, blog Anda akan tumbuh dan menghasilkan uang dalam 1 atau 2 tahun. (Berdasarkan hasil survey).

Baca Juga : Mendaftar Blog atau Website Gratis

Selamat Mencoba!!!

Happy Blogging!!!

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di Dedy Akas Website.

Silahkan Share Artikel Ini:

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

Perpustakaan Soeman Hasibuan (Sumber jordan-distilingga.blogspot.com)

5 Tempat Wisata yang Masih Jarang Dikunjungi di Pekanbaru

Banyak alasan memilih maskapai Sriwijaya Air, yaitu faktor kenyamanan yang dirasakan penumpang atau ketersediaan jam …

9 comments

  1. Fadhly

    kalau menggunakan wp.com enterprise mantap mas. 😀 berbeda dgn blog wp.com biasa yg gk bisa dipasang javascript dan plugin. Tapi ya itu, harga pertahunnya jutaan. Hahah

    Kalau menghasilkan uang lewat wp.com, susah mas di Tos wp.com gk boleh nyisipin link afiliasi/lain sbgainya, jika terdeteksi langsung di suspend. Hahah.. Di wp.com saya juga risih, karena sperti budak, kita nulis mereka dpat uang. Krna di blog wp.com smuanya trpasang iklan. Heheh

    • Iya Mas Fadhly… akan tetapi untuk para pemula dengan menggunakan wp.com bisa dibuat sebagai bahan uji coba membuat blog, sekalian dari tempalate sampai hal-hal yang lainnya… 🙂
      Setelah sudah sedikit mengerti, baru bikin yang TLD, atau kalau yang belum punya modal bisa nyoba yang pakai blogspot.com masih gratis sampai sekarang… 😀
      Terima kasih Mas Fadhly… 🙂

  2. agaknya bagian ini memang berat ya mas ‘Hal yang paling susah di alami oleh para blogger pemula adalah konsistensi menulis dan bukan hanya itu para blogger juga harus menulis artikel relevan ( terkait )’.

    • Ya… itulah kenapa blog bisa dikatakan sukses atau tidak bisa dilihat dari kosistensi dan artikel yang relevan… 😀
      Semangat selalu Mas Debe… 🙂

  3. Sebenarnya daripada wp.com masih mending blogspot yah 🙂
    wp.com banyak ini itunya

    • Yes… blogspot is better… 😀
      Tapi kalu mau belajar ngeblog enak pakai wp.com 🙂

  4. Untung Wahyudi

    Artikel yang menarik. Sangat membantu terutama buat saya yang baru belajar ngeblog. Salam sukses.

    • Okay… Mas Untung… Salam sukses juga…
      Silahkan belajar dan berkreasi…
      Salam blogger… 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *