Home / 5TOP / 5 Hewan Tercepat di Darat Part I

5 Hewan Tercepat di Darat Part I

Dedy Akas Website. 5TOP. 5 Hewan Tercepat di Darat Part I berikut dengan pencatatan waktunya. Pada artikel berikut ini akan diberikan informasi tentang hewan apa saja yang masuk kedalam kategori tercepat di darat, juga telah berhasil didapatkan data informasi untuk masing-masing kecepatan waktunya.

 

5 Hewan Tercepat di Darat Part I. Masing-masing hewan ini telah teruji kecepatannya, ketika sedang berlari dengan kecepatan maksimal. Dengan urutan pertama diduduki oleh Cheetah, hewan predator dengan tingkat kecepatan yang paling tinggi, bahkan kecepatannya ini sudah tidak diragukan lagi. Karena ketika sedang berlari mengejar mangsanya hewan, tertangkap kamera seperti sedang terbang.

 

Di dalam dunia hewan, hasil perhitungan kecepatan selain berlari mengejar mangsanya, namun ada juga hasil kecepatan hewan didapat ketika sedang dikejar oleh predator. Kebebasan akan didapat dari tiap-tiap hewan, jika mampu berlari cepat, sehingga akan mudah terhindar dari para predator, yang selalu mengintai dan siap mengejar kapan saja.

 

Berikut Adalah 5 Hewan Tercepat di Darat Part I:

  1. Cheetah

5 Hewan Tercepat di Darat Part I - Cheetah
5 Hewan Tercepat di Darat Part I – Cheetah

Nama hewan Cheetah sudah tercatat rekor kecepatan berlarinya hingga 104,4 kph. Seperti yang sudah dibahas pada alinea kedua di atas, bahwa ketika hewan ini sedang berlari mengejar mangsanya seolah-olah dia sedang terbang meluncur dengan kecepatan tinggi. Bahkan dapat berbelok dengan kecepatan yang sangat tinggi, dengan menggunakan keseimbangan ekornya. Sebuah hasil kecepatan berlari yang sangat fantastis, namun jangka waktu berlari ini tidak bisa bertahan lama, karena setelah berlari kemudian, Cheetah akan mulai kelelahan dan beristirahat.

 

Inilah yang membuat Cheetah dapat berlari dengan cepat:

Memiliki cakar kuat, sehingga dapat memberikan pegangan yang hebat ketika berlari.

Kolaborasi antara lubang hidung yang dapat mengkonsumsi oksigen dengan baik, peredaran darah dan denyut di jantung hingga paru-paru yang mampu membuat sirkulasi yang sangat efisien, hingga akhirnya hewan ini mampu berlari sangat cepat.

 

Catatan terakhir Cheetah:

Hasil studi telah membukukan, bahwa kecepatan Cheetah mulai terjadi variasi, hingga penurunan tingkat kecepatannya, hingga kecepatan terakhir hanya tercatat 112 kph. Kecepatan ini hanya mampu pakai sejauh 500 meter.

 

  1. Pronghorn (Kijang)

5 Hewan Tercepat di Darat Part I - Pronghorn (Kijang)
5 Hewan Tercepat di Darat Part I – Pronghorn (Kijang)

Hewan tercepat di darat kedua adalah Pronghorn (Kijang). Nama hewan yang sudah lama menjadi trend di bidang industry mobil Toyota ini yaitu mobil Toyota Kijang. Mungkin karena penggambaran dari hewan ini yang memiliki lari sangat cepat. Sehingga dibuatlah nama Kijang sebagai nama mobil.

 

Setelah Cheetah, Pronghorn (Kijang) akhirnya menduduki peringkat kedua tercepat di darat. Hewan yang seringkali menjadi bulan-bulanan pengejaran dari Cheetah ini, akhirnya telah mengukir kecepatan hingga 98,1 kph, kecepatan itu merupakan kecepatan tertinggi yang telah dimiliki oleh Pronghorn (Kijang).

 

Keunggulan Pronghorn (Kijang) Adalah:

Mampu mempertahankan kecepatan berlarinya dengan durasi yang lebih lama dari para predatornya, salah satunya adalah Cheetah. Para ilmuan berpendapat bahwa Pronghorn (Kijang) ini telah mampu berevolusi sebagai binatang tercepat di darat, sehingga dapat terhindar atau bisa menyelamatkan dirinya dari para predator.

 

  1. Antelope

5 Hewan Tercepat di Darat Part I - Antelope
5 Hewan Tercepat di Darat Part I – Antelope

Hewan tercepat di darat ketiga adalah Antelope, berleher agak panjang dengan kulit berwana coklat dan putih, telah mampu membukukan pencatatan waktu pada kecepatan tertingginya hingga 93,3 kph. Hewan berhabitat di Afrika Selatan ini, sangatlah lincah begitu juga dengan larinya yang sangat cepat, sehingga seringkali lolos dari kejaran predator.

Para ilmuan hewan telah membagi dua 2 jenis untuk Antelope ini yaitu; berlari cepat dan melompat tinggi. Percaya atau tidak Antelope yang melompat tinggi ini, bisa mencapai ketinggian kurang lebih 3 sampai 4 meter.

 

  1. Rusa Kutub

5 Hewan Tercepat di Darat Part I - Rusa Kutub
5 Hewan Tercepat di Darat Part I – Rusa Kutub

Hewan tercepat di darat ketiga adalah Rusa Kutub. Kecepatan tertinggi yang diperoleh oleh hewan ini, mencapai hingga 90,1 kph. Para ilmuan membagi dua jenis Rusa Kutub yaitu; hitam dan biru. Hal ini dilihat pada bagian tanduk dan buru Rusa Kutub. Dapat berlari cepat dan mempunyai stamina yang kuat, akhirnya mampu lolos dari kejaran predator, sehingga predator yang bisa mengimbangi kecepatannya adalah Cheetah.

 

  1. Gazelle Thomson

5 Hewan Tercepat di Darat Part I - Ghazelle Thompson
5 Hewan Tercepat di Darat Part I – Ghazelle Thompson

Hewan tercepat di darat ketiga adalah Gazelle Thomson. Salah satu rusa yang paling terkenal di belahan bumi Afrika Timur. Pemilik kecepatan 85,2 kph ini tergolong sangat lincah hingga seringkali lolos dari kejaran Cheetah, hyena dan singa. Bentuk tubuh yang agak kecil, ternyata mempunyai kelebihan berlari sambil zig-zag, sehingga sering lolos dari kejaran predatornya, bahkan seringkali membuat taktik dengan melompat-lompat agar predator menjadi takut kepadanya.


Baca Juga: 5 Hewan Tercepat di Darat Part II

 

Demikianlah artikel dari Dedy Akas Website tentang: 5 Hewan Tercepat di Darat Part I

About Dedy Akas

Orangnya biasa saja, menerima apa adanya, akan tetapi kritis ketika berusaha. Silahkan Bookmark this page (Ctrl+D). Website ini mampu loading, walaupun koneksi internet lambat. Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentar. Article and Content Protected by DMCA. Add My G+ on Dedy Akas Website. Terima kasih telah berkunjung. Salam, Dedy Akas Website

Check Also

#3 Jenis Usaha Modal Kecil Cocok Bagi Usaha Pemula

#3 Jenis Usaha Modal Kecil Cocok Bagi Usaha Pemula

DEDYAKAS.COM – INFO BISNIS – #3 Jenis Usaha Modal Kecil Cocok Bagi Usaha Pemula. Jika …

2 comments

  1. oh ada disini ternyata cheetahnya, hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *