vps murah
PASANG IKLANTerima Review & Pasang Iklan Di Dedy Akas Website

Panduan Install Windows 8 Lengkap

Dedy Akas Website. Panduan Install Windows 8 pada Komputer atau Laptop Lengkap Dengan Langkah-Langkahnya. Agar bisa langsung praktek dengan mudah dan berhasil.

 

Walaupun sudah ada peluncuran Windows terbaru, namun windows 8 masih terbilang populer, dengan fitur yang lengkap dan canggih serta tampilan yang lebih segar, dari windows sebelumnya, membuat Windows 8 semakin banyak digunakan dan masih memiliki trend bagi para pengguna Windows.

 

Percaya atau tidak walaupun sudah banyak versi keluaran dari Windows, namun ternyata beberapa sempat menjadi favorite oleh para penggunanya, seperti Windows Xp, Windows 7 dan Windows 8 yang akan saya bahas berikut ini.

Panduan Install Windows 8 - Dedy Akas Website
Panduan Install Windows 8 – Dedy Akas Website

 

Bagi yang ingin mengganti windows lama dengan windows baru di Komputer dan Laptop, berikut akan di share pada artikel ini. Jangan lupa setiap windows memiliki 2 versi yaitu 32 bit dan 64 bit. Maka dari itu pililah versi bit yang sesuai dengan kebutuhan Komputer atau Laptop yang akan di install.

 

BERIKUT ADALAH PANDUAN INSTALL WINDOWS 8 :

  1. Nyalakan Komputer atau Laptop, setting BIOS atau masuk ke menu bios dengan menekan tombol DEL atau F2. Pilih menu tab Boot, atur supaya boot awal dari CD/DVD. Masukkan DVD Installer Windows 8 ke DVD-Room lalu restart, dengan opsi keluar dan simpan setting BIOS (F10 “Save and Exit”). Pada beberapa Komputer atau Laptop pengaturannya bisa berbeda. Seperti pada Komputer/Laptop merk Lenovo dengan tombol F12 (dengan memilih opsi DVDRW lalu enter, maka akan secara otomatis pada saat booting akan mendeteksi dari DVDRW).

 

  1. Lalu pilih tab “Exit”, dan pada menu pilih “Exit Saving Changes” Kemudian “Yes” (atau tekan F10 – Save and Exit), dan Komputer/Laptop akan segera restart. Jangan Lupa masukan terlebih dahulu DVD Windows 8 Installer ke Drive DVD, sebelum restart.

 

  1. Ini adalah tampilan pada saat booting dari CD/DVD. Dengan perintah “Press any key to boot from CD or DVD…”. tekan ENTER atau sembarang tombol untuk melanjutkannya.

 

  1. Berikutnya maka akan muncul tampilan seperti berikut ini.

 

  1. Setelah proses diatas tersebut, selanjutnya akan ditampilkan pengaturan; Bahasa, Format Waktu, dan Pengaturan Input Keyboard, klik Next apabila telah selesai melakukan pengaturan.

 

  1. Pada langkah ini klik tombol Install Now.

 

  1. Untuk menu berikutnya, masukkan serial key Windows 8. Setelah itu klik “Next”.

 

  1. Centang kotak bertulisan “I accept the license terms” lalu klik tombol Next.
  1. Untuk berikutnya klik menu “Custom (advanced)”. Perbedaan antara “Upgrade” dan “Custom(Advanced)” pada proses Instalasi windows 8, yaitu : a. ”Upgrade” : Jika anda memilih opsi ini, maka artinya windows 8 yang sedang anda install ini akan menggantikan versi lama yang sebelumnya telah terinstall di komputer anda. Anda tidak perlu khawatir, karena system akan tetap menjaga file-file anda, setting serta berbagai program di komputer anda. b. “Custom (Advanced)”: Opsi ini hampir sama dengan opsi Upgrade. Bedanya system tidak akan melindungi file-file anda, setting program-program yang telah ada di komputer anda sebelumnya.

 

  1. Selanjutnya pilih partisi yang akan kita gunakan, karena hardisknya belum terpartisi maka kita pilih DriveOptions (advanced) untuk membuat partisi.

 

  1. Klik New untuk membuat partisi.

 

  1. Setelah menentukkan ukuran partisi tekan tombol Apply.
  2. Windows 8 menciptakan sebuah partisi tambahan untuk file sistem, yang akan digunakan untuk boot dan pemulihan. Klik OK.

 

  1. Selanjutnya pada “Drive 0 Partition 2” langsung klik “Next”, untuk menjalankan Instalasi windows.

 

  1. Installing Windows, akan memakan waktu 10-20 menit, untuk menyalin file hingga selesai. Setelah proses install selesai secara otomatis komputer akan melakukan restart.

 

  1. Pada menu berikutnya Windows 8 butuh beberapa saat untuk mengkonfigurasi hardware yang terpasang pada komputer/laptop.

 

  1. Masukkan nama yang diinginkan untuk “PC name”, kemudian klik “Next”.

 

  1. Untuk yang berikutnya adalah Setting, bisa langsung pilih “Use express settings” (bagi yang belum memiliki account gmail atau hotmail) atau “Customize” (bagi yang sudah memiliki account gmail atau hotmail).

 

  1. Pada menu berikutnya, Anda akan memilih bagaimana login ke Windows 8. Anda bisa memasukan akun yang sudah ada lalu klik “Next”, atau bisa juga memilih “Sign in without a Microsoft account”.

 

  1. Berikut ini akan dibahas untuk pemilihan “Sign in without aMicrosoft account”. Pada menu Add a user, klik “Local account”.

 

  1. Langkah berikutnya dengan mengisi nama pada User name lalu klik Next (untuk password bisa diisi atau dibiarkan saja).

 

  1. Tunggu beberapa saat windows menyesuaikan semua pengaturan.

 

  1. Atur waktu dan Time zone, pilihlah “(UTC+7:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta” lanjut klik “Next”.

 

Selesai…

Agar komputer atau laptop dapat dipergunakan sebagaimana mestinya, install juga beberapa driver bawaan dari komputer atau laptop.

 

Demikianlah Panduan Install Windows 8 pada Komputer atau Laptop, selamat mencoba dan terima kasih.

 

Baca Juga : Cara Install Windows 7

 

Happy Blogging!!!

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di Dedy Akas Website.

Silahkan Share Artikel Ini:
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *